Iklan

Iklan

Pertanyaan

berikut bukan merupakan dasar penyusunan laporan keuangan. . .

berikut bukan merupakan dasar penyusunan laporan keuangan. . .

  1. accrual basic 

     

  2. cash basic 

  3. going concern

  4. cash principle 

  5. balance sheet 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban: E Dasar akuntansi terdiri dari: Dasar Akrual (Accrual Basic) Pada dasar akrual, pengaruh transaksi diakui pada saat terjadinya transaksi (bukan pada saat kas atau setara kas diterima atau dibayar), dicatat dalam catatan akuntansi, serta dilaporkan dalam laporan keuangan pada periode yang bersangkutan. Dasar Kas (Cash Basic) Dasar kas berlawanan dengan dasar akrual, dasar kas mengakui pengaruh suatu transaksi pada saat dilakukan pembayaran atau penerimaan atas transaksi. Dasar kas mengakui sebuah transaksi yang berhubungan dengan penerimaan atau pengeluaran kas sehubungan dengan transaksi tersebut. Kelangsungan Usaha (Going Concern) Laporan keuangan disusun atas dasar asumsi kelangsungan usaha perusahaan yang akan melanjutkan usahanya di masa depan. Laporan keuangan yang tidak meyakinkan kelangsungan usaha suatu perusahaan dapat mengakibatkan hilangnya sumber pendanaan dari investor karena kurangnya minat untuk menanamkan modal. Konsep Kesatuan Usaha (Business Entity Concept) Konsep ini menganggap bahwa perusahaan merupakan unit organisasi yang otonom dan terpisah dari pemiliknya. Artinya, setiap transaksi perusahaan yang terjadi harus dipisahkan dari perhitungan pribadi pemiliknya. Konsep Harga Perolehan (Cost Principle) Konsep ini menyatakan bahwa aset harus dicatat dalam laporan keuangan sebesar harga perolehannya. Harga perolehan adalah seluruh harga yang dibayarkan untuk memperoleh aset tersebut. Konsep Mempertemukan (Matching Principle) Konsep mempertemukan maksudnya bahwa beban-beban yangterjadi dalam suatu periode akuntansi hanya dapat diakui jika bertujuan dalam rangka memperoleh pendapatan pada periode akuntansi. Dengan demikian, pembebanan biaya yang dilakukan harus memiliki hubungan yang jelas dengan pendapatan. Balance sheet artinya adalah neraca saldo, jadi bukan merupakan dasar pelaporan keuangan

Jawaban: E

Dasar akuntansi terdiri dari:

  1. Dasar Akrual (Accrual Basic)
  2. Pada dasar akrual, pengaruh transaksi diakui pada saat terjadinya transaksi (bukan pada saat kas atau setara kas diterima atau dibayar), dicatat dalam catatan akuntansi, serta dilaporkan dalam laporan keuangan pada periode yang bersangkutan.
  3. Dasar Kas (Cash Basic)
  4. Dasar kas berlawanan dengan dasar akrual, dasar kas mengakui pengaruh suatu transaksi pada saat dilakukan pembayaran atau penerimaan atas transaksi. Dasar kas mengakui sebuah transaksi yang berhubungan dengan penerimaan atau pengeluaran kas sehubungan dengan transaksi tersebut.
  5. Kelangsungan Usaha (Going Concern)
  6. Laporan keuangan disusun atas dasar asumsi kelangsungan usaha perusahaan yang akan melanjutkan usahanya di masa depan. Laporan keuangan yang tidak meyakinkan kelangsungan usaha suatu perusahaan dapat mengakibatkan hilangnya sumber pendanaan dari investor karena kurangnya minat untuk menanamkan modal.
  7. Konsep Kesatuan Usaha (Business Entity Concept)
  8. Konsep ini menganggap bahwa perusahaan merupakan unit organisasi yang otonom dan terpisah dari pemiliknya. Artinya, setiap transaksi perusahaan yang terjadi harus dipisahkan dari perhitungan pribadi pemiliknya.
  9. Konsep Harga Perolehan (Cost Principle)
  10. Konsep ini menyatakan bahwa aset harus dicatat dalam laporan keuangan sebesar harga perolehannya. Harga perolehan adalah seluruh harga yang dibayarkan untuk memperoleh aset tersebut.
  11. Konsep Mempertemukan (Matching Principle)
  12. Konsep mempertemukan maksudnya bahwa beban-beban yangterjadi dalam suatu periode akuntansi hanya dapat diakui jika bertujuan dalam rangka memperoleh pendapatan pada periode akuntansi. Dengan demikian, pembebanan biaya yang dilakukan harus memiliki hubungan yang jelas dengan pendapatan.
  13. Balance sheet artinya adalah neraca saldo, jadi bukan merupakan dasar pelaporan keuangan

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

86

Nur Ainun Rahayu Hsb

Ini yang aku cari! Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu aktivitas disebut sebagai transaksi jika memenuhi karakteristik pokok sebagai berikut, kecuali....

49

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia