Roboguru

Berikut bukan cabang yang menghadiri kongres Budi Utomo pertama adalah ....

Pertanyaan

Berikut bukan cabang yang menghadiri kongres Budi Utomo pertama adalah ....

  1. Blitar

  2. Bogor

  3. Bandung

  4. Magelang

Pembahasan Soal:

Budi Utomo adalah organisasi pergerakan pertama yang lahir pada masa Pergerakan Nasional. Budi Utomo didirikan tanggal 20 Mei 1908 oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA. Budi Utomo (Boedi Oetomo) ialah organisasi yang didirikan tanggal 20 Mei 1908 oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA. Pada tanggal 3 - 5 Oktober 1908, Budi Utomo mengadakan Kongres I di Yogyakarta. Dalam Kongres tersebut Budi Utomo meng-hasilkan susunan Pengurus Besar Budi Utomo , AD/ART Budi Utomo dan menentukan Kantor Pusat Budi Utomo. Selanjutnya para pendiri Budi Utomo yang terdiri dari para pelajar STOVIA merupakan pengurus Budi Utomo cabang Betawi . Sedangkan Kantor Pengurus Besar Budi Utomo berada di Yogyakarta, dengan diketuai oleh RTA. Tirto Kusumo dan dr. Wahid in Sudirohusodo sebagai wakil ketua. Kongres I Budi Utomo dihadiri kurang lebih 300 peserta yang berasal dari berbagai daerah seperti  Jakarta, Bandung, Bogor, Magelang, Probolinggo, Surabaya, dan Yogyakarta. para bangsawan Pakualaman, para pembesar Belanda, dan Bupati Temanggung, Blora, Magelang, serta 6 orang opsir dari legiun Mangkunegaran Surakarta juga ikut hadir dalam kongres tersebut

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kebangkitan Nasional pada intinya adalah...

Pembahasan Soal:

Kebangkitan Nasional merupakan konsep yang muncul untuk menunjukan periode bangsa Indonesia menyadari akan perlunya persatuan untuk melawan penjajah. Terlebih dengan kelahiran Budi Utomo pada 20 Mei 1908, yang dijadikan sebagai tonggak bangkitnya nasionalisme rakyat Indonesia. Kemudian dalam perkembangannya organisasi-organisasi dijadikan sebagai alat perjuangan disamping upaya konfrontasi dengan penjajah. Makna Kebangkitan Nasional adalah masa di mana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran akan suatu bangsa yang memiliki tujuan satu yakni kemerdekaan Indonesia. 

Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Bagaimana peran beliau dalam Pergerakan Nasional?

Pembahasan Soal:

Dokter Wahidin Soedirohoesodo terkenal sebagai pelopor semangat kebangsaan. Beliau adalah tokoh yang mengilhami lahirnya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Hari lahir organisasi Budi Utomo itu kemudian kita peringati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Di Jakarta, Dokter Wahidin Sudirohusodo mencoba mengunjungi para pelajar STOVIA dan menjelaskan detail gagasannya. Saat itu, beliau menganjurkan agar para pelajar itu mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa. Ternyata gagasan Sudirohusodo ini mendapat sambutan baik dari para pelajar STOVIA itu. Mereka juga sependapat dan menyadari bagaimana buruknya nasib rakyat Indonesia pada waktu itu. Pada tanggal 20 Mei 1908, Sutomo dan kawan-kawannya mendirikan sebuah organisasi yang diberi nama Budi Utomo.

Dengan demikian, gambar pada soal adalah gambar tokoh yang bernama Dokter Wahidin Soedirohoesodo, peran beliau dalam Pergerakan Nasional adalah menganjurkan agar para pelajar STOVIA mendirikan organisasi yang bertujuan memajukan pendidikan dan meninggikan martabat bangsa dan ikut memikirkan bagaimana buruknya nasib rakyat Indonesia pada waktu itu dan menjadi pelopor semangat kebangsaan yang pada akhirnya bersama teman-temannya ikut mendirikan organisasi Budi Utomo.

0

Roboguru

Berilah tanda ceklis (V) pada jawaban yang paling tepat!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, pergerakan nasional merupakan istilah yang digunakan pada fase sejarah Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Pergerakan nasional terjadi dalam kurun waktu 1908-1945. Kemudian di 1908 lahir organisasi modern dengan cita-cita nasional. Pergerakan nasional terjadi dalam kurun waktu 1908-1945. Dalam buku Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia (2015) karya Ahmadin, 1908 dijadikan sebagai awal pergerakan nasional karena pada masa tersebut perjuangan yang dilakukan rakyat masuk dalam kategori bervisi nasional. Pada 1907, Wahidin bertemu denghan Soetomo, mahasiswa STOVIA dan membentuk organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Organisasi ini merupakan organisasi pertama yang didirikan oleh bangsa Indonesia dan beranggotakan mahasiswa STOVIA. Berdirinya organisasi merupakan awal kebangkitan nasional atau pergerakan nasional. Pergerakan nasional merupakan istilah yang digunakan pada fase sejarah Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Pergerakan nasional terjadi dalam kurun waktu 1908-1945.


 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Volksraad atau Dewan Rakyat Hindia Belanda merupakan sebuah lembaga yang didirikan oleh Gubernur Jenderal van Limburg Stirum sebagai lembaga penasehat pemerintah. Namun...

Pembahasan Soal:

Volksraad merupakan lembaga perwakilan rakyat Hindia Belanda yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Sejak Volksraad didirikan, Volksraad selalu mendapatkan kritik dari beberapa tokoh pergerakan nasional. Contohnya adalah kritik keras Semaoen terhadap kinerja Volksraad. Menurut Semaoen, Volksraad hanyalah komedi dan omong kosong. Pendapat Semaoen tersebut didasarkan pada perkembangan dan kinerja Volksraad yang dianggap stagnan, karena selama Volksraad berdiri usulan para anggota Volksraad terkait kedaulatan bangsa Indonesia selalu menemui kebuntuan.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, istilah "Persatuan Indonesia"digunakan untuk ...

Pembahasan Soal:

Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, persatuan Indonesia adalah sebagai faktor kunci, yaitu sebagai sumber semangat, motivasi dan penggerak perjuangan Indonesia. Tahap-tahap pembinaan persatuan bangsa Indonesia yang paling menonjol adalah: perasaan senasib, Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, Proklamasi Kemerdekaan.

Dengan demikian, pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, istilah "Persatuan Indonesia" digunakan untuk memacu semangat perjuangan bangsa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved