Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikut berbagai upaya manusia untuk mengurangi pencemaran. Membangun taman kota. Meningkatkan gizi masyarakat. Mengolah sampah menjadi kompos. Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Membakar bak penampungan di setiap rumah. Usaha yang bertujuan mengurangi pencemaran yang disebabkan oleh CO 2 ​ adalah....

Berikut berbagai upaya manusia untuk mengurangi pencemaran.

  1. Membangun taman kota.
  2. Meningkatkan gizi masyarakat.
  3. Mengolah sampah menjadi kompos.
  4. Mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.
  5. Membakar bak penampungan di setiap rumah.

Usaha yang bertujuan mengurangi pencemaran yang disebabkan oleh  adalah ....space 

  1. 1 dan 2space 

  2. 1 dan 4space 

  3. 2 dan 5space 

  4. 3 dan 4space 

Iklan

N. Fakhirah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Pada lapisan troposfer diatmosfer bumi, terdapat gas-gas rumah kaca, antara lain uap air ( ), karbon dioksida ( ), metana ( ), ozon ( ), dan nitrogen oksida ( ). Gas rumah kaca menyebabkan terjadinya efek rumah kaca ( greenhouse effect ). Pada efek rumah kaca, sinar matahari yang menembus lapisan gas rumah kaca akan dipantulkan kembali ke bumi sehingga menimbulkan panas yang terperangkap seperti pada "rumah kaca''. Tanpa efek rumah kaca, suhu bumi akan sangat dingin. Namun, semakin meningkatnya kadar gas rumah kaca, seperti di udara akibat pembakaran hutan dan penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan dapat meningkatkan efek rumah kaca, dan menyebabkan pemanasan global ( global warming ) .Dengan demikian, usaha yang bertujuan mengurangi pencemaran penyebab global warming yaitu dengan membangun taman kota dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil . Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

Pada lapisan troposfer diatmosfer bumi, terdapat gas-gas rumah kaca, antara lain uap air (begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style ), karbon dioksida (undefined ), metana (begin mathsize 14px style C H subscript 4 end style ), ozon (undefined ), dan nitrogen oksida (begin mathsize 14px style N O end style ). Gas rumah kaca menyebabkan terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect). Pada efek rumah kaca, sinar matahari yang menembus lapisan gas rumah kaca akan dipantulkan kembali ke bumi sehingga menimbulkan panas yang terperangkap seperti pada "rumah kaca''. Tanpa efek rumah kaca, suhu bumi akan sangat dingin. Namun, semakin meningkatnya kadar gas rumah kaca, seperti undefined di udara akibat pembakaran hutan dan penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan dapat meningkatkan efek rumah kaca, dan menyebabkan pemanasan global (global warming). Dengan demikian, usaha yang bertujuan mengurangi pencemaran undefined penyebab global warming yaitu dengan membangun taman kota dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space 

832

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana cara menanggulangi pencemaran udara?

327

3.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia