Iklan

Iklan

Pertanyaan

Untuk mengurangi pencemaran udara, pemerintah melakukan uji emisi untuk mengetahui perbedaan emisi gas buang karbon monoksida (CO) pada kendaraan uji dengan membandingkan antara emisi gas buang kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Hasil uji emisi gas CO ditunjukkan pada grafik berikut. Berdasarkan grafik di atas, upaya yang tepat untuk mengurangi pencemaran udara adalah sebaiknya kendaraan ....

Untuk mengurangi pencemaran udara, pemerintah melakukan uji emisi untuk mengetahui perbedaan emisi gas buang karbon monoksida (CO) pada kendaraan uji dengan membandingkan antara emisi gas buang kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Hasil uji emisi gas CO ditunjukkan pada grafik berikut.

Berdasarkan grafik di atas, upaya yang tepat untuk mengurangi pencemaran udara adalah sebaiknya kendaraan .... 

  1. disarankan menggunakan BBM jenis Pertaliteundefined 

  2. disarankan menggunakan BBM jenis Premiumundefined 

  3. menghindari penggunaan BBM jenis Premiumundefined 

  4. menghindari penggunaan BBM jenis Pertamaxundefined 

Iklan

D. Enty

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah C.

pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Karbon monoksida (CO) merupakan salah satu senyawa yang menyebabkan pencemaran udara. Karbon monoksida di kota besar sebagian besar berasal dari pembuangan gas kendaraan bermotor yang pembakarannya tidak sempurna. Oleh karena itu, uji emisi gas buang menjadi salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi pencemaran udara. Berdasarkan grafik pada soal, persentase COterbesar dihasilkan dari penggunaan BBM jenis Premium, sedangkan persentase CO terkecil dihasilkan dari penggunaan BBM jenis Pertamax. Dengan data tersebut, maka kendaraan disarankan untuk menghindari penggunaan BBM jenis Premium dan lebih memilih menggunakan BBM jenis Pertamax agar konsentrasi gas CO di udara menjadi berkurang. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Karbon monoksida (CO) merupakan salah satu senyawa yang menyebabkan pencemaran udara. Karbon monoksida di kota besar sebagian besar berasal dari pembuangan gas kendaraan bermotor yang pembakarannya tidak sempurna. Oleh karena itu, uji emisi gas buang menjadi salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengurangi pencemaran udara.

Berdasarkan grafik pada soal, persentase CO terbesar dihasilkan dari penggunaan BBM jenis Premium, sedangkan persentase CO terkecil dihasilkan dari penggunaan BBM jenis Pertamax. Dengan data tersebut, maka kendaraan disarankan untuk menghindari penggunaan BBM jenis Premium dan lebih memilih menggunakan BBM jenis Pertamax agar konsentrasi gas CO di udara menjadi berkurang.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana cara menanggulangi pencemaran udara?

324

3.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia