Roboguru
SD

Berikanlah penilaian pada kutipan teks tersebut.

Pertanyaan

Cermatilah teks berikut ini.


    "Kok, malam begini si Kribo datang?" tanyaku pada suami. Suamiku hanya mengangkat bahu. la pun membukakan pintu rumah dan pagar. Si Kribo masuk dengan wajah kusut. Jaket hadiah dari sebuah koran harian ibu kota membungkus tubuhnya. Setelah dipersilakan, ia duduk dengan gelisah di hadapan kami di ruang tamu.

     "Istri dan anak saya ketahan di rumah sakit, Pak," curhatnya tanpa kami tanya.

    "Kenapa?" tanya suami.

    "Saya tidak kuat nebusnya," jawabnya dengan suara bercampur tangis.

    "Bukannya kamu pakai surat keterangan tidak mampu dari RT dan RW? Kenapa masih bayar?" tanyaku heran.

    "Itulah, Bu. Tadinya, sebelum operasi caesar istriku dirawat di kelas tiga. Setelah operasi, dipindah ke kelas satu. Kata orang rumah sakit, kamar kelas tiga dan kelas dua penuh. Istri aku nerima aja. Nah, tadi waktu mau pulang, orang rumah sakit nyuruh aku bayar jutaan. Alasannya, istri dan anakku dirawat di kelas satu. Katanya, di kelas satu, surat keterangan tidak mampu enggak berlaku. Aku bilang, orang rumah sakit yang taruh istriku di kelas satu. Masak jawabnya, kenapa mau? Harusnya nolak," si Kribo menjelaskan dengan runtut tapi nafasnya terdengar sesak.

(Sumber: republika.co.id)space 

Berikanlah penilaian pada kutipan teks tersebut.space 

F. Fadilaturrohmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Muhammadiyah Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

 penilian kutipan teks di atas adalah konflik dalam kutipan teks di atas terlihat jelas dan mampu membuat pembaca memahami suasana dalam cerita.space 

Pembahasan

Menilai sebuah karya sastra, khususnya karya fiksi atau prosa, tidak dapat dilakukan begitu saja. Anda harus membaca karya sastra tersebut dengan cermat. Setelah memahami isinya, barulah Anda dapat menilai isinya. lsi karya sastra berkaitan dengan jalan cerita yang disajikan penulis. Selain itu, Anda juga dapat menilai isi karya sastra dengan menggali unsur intrinsik, menilai inovasi atau kebaruannya, menilai kohesi, ataupun keaslian dalam karya sastra tersebut.

Kutipan teks tersebut menceritakan tentang si Kribo yang sedih dan terlihat kesulitan keuangan karena tidak bisa membayar biaya rumah sakit. Oleh karena itu, penilian kutipan teks di atas adalah konflik dalam kutipan teks di atas terlihat jelas dan mampu membuat pembaca memahami suasana dalam cerita. Hal ini berdasarkan pada kalimat keseluruhan isi teks yang menuturkan konflik dari cerita.

Dengan demikian, penilian kutipan teks di atas adalah konflik dalam kutipan teks di atas terlihat jelas dan mampu membuat pembaca memahami suasana dalam cerita.space 

101

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan novel tersebut adalah ....

489

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia