Roboguru

Berikan pandangan kalian, mengapa pembangunan dalam bidang pendidikan dianggap sebagai suatu hal yang sangat penting?

Pertanyaan

Berikan pandangan kalian, mengapa pembangunan dalam bidang pendidikan dianggap sebagai suatu hal yang sangat penting?space 

Pembahasan Soal:

Pembangunan sosial merupakan sebuah proses perubahan sosial yang terencana, yang dirancang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, dimana pembangunan yang dilakukan saling melengkapi dengan proses pembangunan ekonomi. 

Salah satu yang menjadi sorotan penting adalah pembangunan dalam bidang pendidikan. Pembangunan bidang pendidikan dianggap penting karena bergerak di sektor pembangunan manusia. Sebuah negara akan maju apabila Sumber Daya Manusia (SDM) yang menggerakan suatu kegiatan memiliki karakter yang berkualitas dan memiliki konstribusi penuh dalam memajukan negara. Oleh karena itu, pendidikan berada di lini terdepan untuk memajukan kualitas SDM di suatu negara. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana upaya pemerataan antara kota dan desa dalam mengatasi ketimpangan sosial ?

Pembahasan Soal:

Ketimpangan sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat sangat terlihat jelas, terutama ketimpangan sosial yang terjadi pada masyarakat desa dan masyarakat kota, baik dalam bidang-bidang ekonomi maupun fasilitas dan infrastruktur yang ada dalam masyarakat. Ketimpangan sosial dapat diartikan sebagai keadaan yang terjadi karena adanya kesenjangan atau ketidakseimbangan akses untuk mendapat dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Untuk dapat mengurangi ketimpangan sosial masyarakat di perkotaan dan pedesaan berikut ini merupakan upaya pemerataan antara kota dan desa dalam mengatasi ketimpangan sosial :

  1. Percepatan pembangunan secara optimal. Pembangunan secara optimal yang dimaksud ialah mendorong percepatan pembangunan dan pertumbuhan wilayah-wilayah strategis yang selama ini masih belum berkembang secara optimal. Misalnya, ada sebuah daerah yang sebenarnya sangat potensial untuk dijadikan objek pariwisata, maka infrastruktur daerah tersebutlah yang harus dipercepat pembangunannya.
  2. Fokus pengembangan wilayah tertinggal dan terpencil. Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan keberpihakan pemerintah untuk mengembangkan wilayah yang tertinggal dan terpencil. Salah satunya dengan kegiatan mengirim guru-guru muda (sarjana pendidikan) untuk mengajari di daerah tertinggal dan terpencil.
  3. Mengembangkan wilayah-wilayah perbatasan.Wilayah-wilayah perbatasan di Indonesia memang kurang mendapatkan perhatian dibanding dengan wilayah lain. Maka, untuk mengembangkan wilayah perbatasan itu dapat dilakukan dengan mengubah arah kebijakan pembangunan yang selama ini cenderung berorientasi melihat ke dalam menjadi melihat keluar. Artinya, pemerintah harus bisa melakukan harmonisasi dengan negara tetangga yang ada di perbatasan tersebut.
  4. Menyeimbangkan pertumbuhan pembangunan. Kegiatan ekonomi di pedesaan dan diperkotaan harus ditingkatkan sekaligus terintegrasi. Karena untuk memudahkan proses produksi, distribusi, hingga sampai ke tangan masyarakat. Semakin mudah kegiatan ekonomi antara desa dan kota, maka laju pertumbuhan ekonomi juga akan semakin membaik.

undefined 

0

Roboguru

Kita sering mendengar ada istilah sekolah unggulan atau sekolah favorit. Hal ini cenderung menimbulkan anggapan bahwa sekolah-sekolah unggulan adalah sekolah terbaik, sedangkan sekolah yang tidak ungg...

Pembahasan Soal:

Salah satu upaya yang kini sudah mulai diterapkan oleh pemerintah menjelang pendaftaraan siswa baru adalah sistem zonasi. Sistem zonasi ini merupakan salah satu upaya untuk mengatasi ketimpangan pendidikan, khususnya dalam menghapus stigma yang namanya sekolah unggulan atau favorit. Artinya, setiap orang bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang sama dengan bersekolah di mana pun. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pendidikan di kalangan masyarakat terpencil dan tertinggal perlu mendapatkan perhatian serius dari pemerintah. Jika tidak diperhatikan akan berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia. Jelaskan ...

Pembahasan Soal:

Upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di daerah terpencil dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  1. Penyelenggaraan pendidikan non formal paket A, B dan juga program (KF) keaksaraan fungsional dan keterampilan fungsional.
  2. Pemberian beasiswa siswa kurang mampu untuk sekolah maupun pendidikan tinggi baik di daerahnya maupun luar daerah.
  3. Pembangunan asrama pelajar suku asli / KAT.
  4. Pengiriman tenaga pendidik profesional untuk kebutuhan guru di daerah terpencil.undefined 

0

Roboguru

Menurut Buku Pegangan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPPD) tahun 2014, upaya untuk mengatasi ketimpangan sosial adalah dengan ....

Pembahasan Soal:

Cara Mengatasi Ketimpangan Sosial menurut Buku Pegangan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPPD) yaitu dengan pemerataan kesempatan yang adil dan sama ke seluruh masyarakat dalam pembangunan juga menikmati hasil pembangunan, meningkatkan akses dan mutu pendidikan dan kesehatan serta lain sebagainya.undefined 

 

0

Roboguru

Contoh penerapan corporate sosial rensponsibility (csc) adalah...

Pembahasan Soal:

Jawaban: a Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap kehidupan sosial maupun lingkungan sekitar (fisik) di mana perusahaan itu berada. Contoh kegiatan CSR seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, menjaga lingkungan fisik sekitar, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di sekitar daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, serta sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Berdasarkan penjelasan tersebut, contoh penerapan CSR yang tepat adalah a. Perusahaan migas memberikan beasiswa kepada pelajar berprestasi. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved