Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana upaya pemerataan antara kota dan desa dalam mengatasi ketimpangan sosial ?

Bagaimana upaya pemerataan antara kota dan desa dalam mengatasi ketimpangan sosial ?

undefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Ketimpangan sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat sangat terlihat jelas, terutama ketimpangan sosial yang terjadi pada masyarakat desa dan masyarakat kota, baik dalam bidang-bidang ekonomi maupun fasilitas dan infrastruktur yang ada dalam masyarakat. Ketimpangan sosial dapat diartikan sebagaikeadaan yang terjadi karena adanya kesenjangan atau ketidakseimbangan akses untuk mendapat dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Untuk dapat mengurangi ketimpangan sosial masyarakat di perkotaan dan pedesaan berikut ini merupakan upaya pemerataan antara kota dan desa dalam mengatasi ketimpangan sosial : Percepatan pembangunan secara optimal. Pembangunan secara optimal yang dimaksud ialah mendorong percepatan pembangunan dan pertumbuhan wilayah-wilayah strategis yangselama ini masih belum berkembang secara optimal. Misalnya, ada sebuah daerah yang sebenarnya sangat potensial untuk dijadikan objek pariwisata, maka infrastruktur daerah tersebutlah yang harus dipercepat pembangunannya. Fokus pengembangan wilayah tertinggal dan terpencil. Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan keberpihakan pemerintah untuk mengembangkan wilayah yang tertinggal dan terpencil . Salah satunya dengan kegiatan mengirim guru-guru muda (sarjana pendidikan) untuk mengajari di daerah tertinggal dan terpencil. Mengembangkan wilayah-wilayah perbatasan.Wilayah-wilayah perbatasan di Indonesia memang kurang mendapatkan perhatian dibanding dengan wilayah lain. Maka, untuk mengembangkan wilayah perbatasan itu dapat dilakukan dengan mengubah arah kebijakan pembangunan yang selama ini cenderung berorientasi melihat ke dalam menjadi melihat keluar . Artinya, pemerintah harus bisa melakukan harmonisasi dengan negara tetangga yang ada di perbatasan tersebut. Menyeimbangkan pertumbuhan pembangunan. Kegiatanekonomi di pedesaan dan diperkotaan harus ditingkatkan sekaligus terintegrasi. Karena untuk memudahkan proses produksi, distribusi, hingga sampai ke tangan masyarakat. Semakin mudah kegiatan ekonomi antara desa dan kota, maka laju pertumbuhan ekonomi juga akan semakin membaik .

Ketimpangan sosial yang ada dalam kehidupan masyarakat sangat terlihat jelas, terutama ketimpangan sosial yang terjadi pada masyarakat desa dan masyarakat kota, baik dalam bidang-bidang ekonomi maupun fasilitas dan infrastruktur yang ada dalam masyarakat. Ketimpangan sosial dapat diartikan sebagai keadaan yang terjadi karena adanya kesenjangan atau ketidakseimbangan akses untuk mendapat dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Untuk dapat mengurangi ketimpangan sosial masyarakat di perkotaan dan pedesaan berikut ini merupakan upaya pemerataan antara kota dan desa dalam mengatasi ketimpangan sosial :

  1. Percepatan pembangunan secara optimal. Pembangunan secara optimal yang dimaksud ialah mendorong percepatan pembangunan dan pertumbuhan wilayah-wilayah strategis yang selama ini masih belum berkembang secara optimal. Misalnya, ada sebuah daerah yang sebenarnya sangat potensial untuk dijadikan objek pariwisata, maka infrastruktur daerah tersebutlah yang harus dipercepat pembangunannya.
  2. Fokus pengembangan wilayah tertinggal dan terpencil. Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan keberpihakan pemerintah untuk mengembangkan wilayah yang tertinggal dan terpencil. Salah satunya dengan kegiatan mengirim guru-guru muda (sarjana pendidikan) untuk mengajari di daerah tertinggal dan terpencil.
  3. Mengembangkan wilayah-wilayah perbatasan.Wilayah-wilayah perbatasan di Indonesia memang kurang mendapatkan perhatian dibanding dengan wilayah lain. Maka, untuk mengembangkan wilayah perbatasan itu dapat dilakukan dengan mengubah arah kebijakan pembangunan yang selama ini cenderung berorientasi melihat ke dalam menjadi melihat keluar. Artinya, pemerintah harus bisa melakukan harmonisasi dengan negara tetangga yang ada di perbatasan tersebut.
  4. Menyeimbangkan pertumbuhan pembangunan. Kegiatan ekonomi di pedesaan dan diperkotaan harus ditingkatkan sekaligus terintegrasi. Karena untuk memudahkan proses produksi, distribusi, hingga sampai ke tangan masyarakat. Semakin mudah kegiatan ekonomi antara desa dan kota, maka laju pertumbuhan ekonomi juga akan semakin membaik.

undefined 

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Menurut Buku Pegangan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPPD) tahun 2014, upaya untuk mengatasi ketimpangan sosial adalah dengan ....

999

2.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia