Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikan contoh dari reaksi berikut dalam kehidupan sehari-hari. Reaksi penetralan asam basa Reaksi pendesakan logam Reaksi metatesis

Berikan contoh dari reaksi berikut dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Reaksi penetralan asam basa
  2. Reaksi pendesakan logam
  3. Reaksi metatesisspace

Iklan

B. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Contoh reaksi penetralan dalam kehidupan adalah cara kerja obat maag, reaksi pendesakan logam pada korosi besi dan reaksi metatesis pada cara kerja pemutih pakaian. Reaksi kimia adalah reaksi antara senyawa satu dengan senyawa lainnya yang menghasilkan zat baru. Reaksi kimia pada larutan elektrolit (asam, basa, atau netral) dapat diamati pada perubahan yang terjadi pada larutan tersebut. Perubahan yang terjadi bisa berupa terbentuknya endapan, timbulnya gelembung gas, ataupun perubahan suhu. Beberapa contoh reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari: a. Reaksi penetralan asam basa Reaksi obat maag pada lambung Obat maag yang salah satunya contohnya magnesium hidroksida mempunyai rumus umum Mg ( OH ) 2 ​ , Mg ( OH ) 2 ​ adalah senyawa basa kuat yang dapat menetralkan asam lambung ( HCl ) yang merupakan senyawa asam kuat. reaksinya yaitu: Mg ( OH ) 2 ​ ( a q ) + HCl ( a q ) → MgCl 2 ​ ( a q ) + H 2 ​ O ( l ) Hasil reaksinya adalah MgCl 2 ​ , garam yang bersifat netral b. Reaksi pendesakan logam Reaksi pendesakan logam adalahreaksi di mana logam mendesak kation logam lain atau hidrogen dalam suatu senyawa. Contohnya adalah: Peristiwa korosi besi Peristiwa korosi besi adalah peristiwa dimana logam Fe mengalami reaksi oksidasi, Reaksinya pada sel volta yaitu: Anoda : Fe ( s ) → Fe 2 + ( a q ) + 2 e − Katoda : O 2 ​ ( g ) + 2 H 2 ​ O ( l ) + 4 e − → 4 OH − ( a q ) Reduksi sel : 2 Fe ( s ) + O 2 ​ ( g ) + 2 H 2 ​ O ( l ) → Fe 2 + ( a q ) + 4 OH − ( a q ) c. Reaksi metatesis Reaksi metatesis adalahreaksi pertukaran ion dari dua buah elektrolit pembentuk garam Contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah dalam proses pemutihan pakaian (reaksi metatesis dalam reduksi-oksidasi) Pemutih yang paling umum digunakan adalah senyawa-senyawa klor, hidrogen peroksida, natrium perborat, dan kalium permanganat, dan sebagian zat pewarna bisa dihilangkan menggunakan zat pereduksi seperti belerang dioksida.

Contoh reaksi penetralan dalam kehidupan adalah cara kerja obat maag, reaksi pendesakan logam pada korosi besi dan reaksi metatesis pada cara kerja pemutih pakaian.

Reaksi kimia adalah reaksi antara senyawa satu dengan senyawa lainnya yang menghasilkan zat baru. Reaksi kimia pada larutan elektrolit (asam, basa, atau netral) dapat diamati pada perubahan yang terjadi pada larutan tersebut. Perubahan yang terjadi bisa berupa terbentuknya endapan, timbulnya gelembung gas, ataupun perubahan suhu. Beberapa contoh reaksi kimia dalam kehidupan sehari-hari:

a. Reaksi penetralan asam basa

  • Reaksi obat maag pada lambung
  • Obat maag yang salah satunya contohnya magnesium hidroksida mempunyai rumus umum  adalah senyawa basa kuat yang dapat menetralkan asam lambung  yang merupakan senyawa asam kuat. reaksinya yaitu:

  • Hasil reaksinya adalah , garam yang bersifat netral

b. Reaksi pendesakan logam

  • Reaksi pendesakan logam adalah reaksi di mana logam mendesak kation logam lain atau hidrogen dalam suatu senyawa. Contohnya adalah:
  • Peristiwa korosi besi
  • Peristiwa korosi besi adalah peristiwa dimana logam  mengalami reaksi oksidasi,
  • Reaksinya pada sel volta yaitu:

c. Reaksi metatesis

  • Reaksi metatesis adalah reaksi pertukaran ion dari dua buah elektrolit pembentuk garam
  • Contohnya dalam kehidupan sehari-hari adalah dalam proses pemutihan pakaian (reaksi metatesis dalam reduksi-oksidasi)
  • Pemutih yang paling umum digunakan adalah senyawa-senyawa klor, hidrogen peroksida, natrium perborat, dan kalium permanganat, dan sebagian zat pewarna bisa dihilangkan menggunakan zat pereduksi seperti belerang dioksida.space

Latihan Bab

Konsep pH dan pOH

Kekuatan dan pH Asam Kuat dan Asam Lemah

Kekuatan dan pH Basa Kuat dan Basa Lemah

Indikator Asam-Basa

625

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apa yang kalian ketahui tentang reaksi kimia dalam larutan elektrolit? Jelaskan.

70

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia