Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berikan contoh 5 perusahaan BUMN dan 3 perusahaan BUMD dan tuliskan bergerak dalam bidang apa saja perusahaan-perusahaan tersebut!

Berikan contoh 5 perusahaan BUMN dan 3 perusahaan BUMD dan tuliskan bergerak dalam bidang apa saja perusahaan-perusahaan tersebut! undefined 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Contoh dari perusahaan BUMN yaitu : PT. Pertamina PT Pertamina merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang energi dan petrokimia. BUMN ini mengemban misi dalam hal penyedian sumber energi minyak dan gas. PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) PLN juga dikenal sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK). Dengan predikat tersebut PLN bertugas untuk menyediakan listrik bagi kepentingan umum. PT. Telekomunikasi Indonesia PT Telekomunikasi (Telkom) merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa teknologi informasi komunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. PT. Kereta Api Indonesia PT KAI merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa transportasi nasional, khususnya dengan moda transportasi kereta api. PT. Angkasa Pura PT Angkasa Pura merupakan BUMN yang juga bergerak di bidang transportasi, khususnya dalam hal lalu lintas penerbangan dan fasilitas bandara. Contoh dari Perusahaan BUMD yaitu : PD Dharma Jaya bergerak di bidang jasa dan perdagangan,jasa pemotongan hewan. PDAM Jaya bergerak di bidang jasa pelayanan penyediaan air bersih, penyediaan air bersih di DKI Jakarta. PD Pasar Jaya bergerakdi bidang jasa perpasaran dan pengelola pasar. Perumda Pembangunan Sarana Jaya bergerak dibidang properti dan developer,kaveling tanah matang, bangunan umum. PD Pal Jaya bergerak dibidang jasa pelayanan penyaluran dan pengumpulan air limbah melalui sistem perpipaan.

Contoh dari perusahaan BUMN yaitu : 

  1. PT. Pertamina
    PT Pertamina merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang energi dan petrokimia. BUMN ini mengemban misi dalam hal penyedian sumber energi minyak dan gas. 
  2. PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN)
    PLN juga dikenal sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK). Dengan predikat tersebut PLN  bertugas untuk menyediakan listrik bagi kepentingan umum.
  3. PT. Telekomunikasi Indonesia
    PT Telekomunikasi (Telkom) merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa teknologi informasi komunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. 
  4. PT. Kereta Api Indonesia
    PT KAI merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa transportasi nasional, khususnya dengan moda transportasi kereta api. 
  5. PT. Angkasa Pura
    PT Angkasa Pura merupakan BUMN yang juga bergerak di bidang transportasi, khususnya dalam hal lalu lintas penerbangan dan fasilitas bandara. 

Contoh dari Perusahaan BUMD yaitu :

  1. PD Dharma Jaya bergerak di bidang jasa dan perdagangan,jasa pemotongan hewan.
  2. PDAM Jaya bergerak di bidang jasa pelayanan penyediaan air bersih, penyediaan air bersih di DKI Jakarta.
  3. PD Pasar Jaya bergerak di bidang jasa perpasaran dan pengelola pasar.
  4. Perumda Pembangunan Sarana Jaya bergerak di bidang properti dan developer,kaveling tanah matang, bangunan umum.
  5. PD Pal Jaya bergerak dibidang jasa pelayanan penyaluran dan pengumpulan air limbah melalui sistem perpipaan. undefined 

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Contoh perusahaan menurut bentuk/jenis usahanya adalah ....

93

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia