Iklan

Iklan

Pertanyaan

Indonesia setiap tahun dilanda krisis air dan energi. Tahun 2020, pemerintah gencar melakukan sosialisasi terkait konserfasi air dan energi. Hal ini tak lain untuk mencegah terjadinya krisis air dan energi. Kampanye penghematan air dan energi terus dilakukan di setiap wilayah.

(Dokumen penulis)space 

Berdasarkan teks di atas, kesalahan penulisan ejaan terletak pada kata ...

Berdasarkan teks di atas, kesalahan penulisan ejaan terletak pada kata ...space 

  1. krisisspace 

  2. konserfasispace 

  3. energispace 

  4. sosialisasispace 

  5. di setiapspace 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Ejaan adalah kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca. Menyimpulkan kesalahan penggunaan ejaan artinya menyatakan atau menerangkan bagian yang tidak sesuai dengan kaidah. Kaidah mengenai ejaan terdapat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sesuai dengan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia . Sesuai dengan penjelasan tersebut, kesalahan penulisan ejaan pada paragraf di atas terdapat pada kata konserfasi yang ada di dalam kalimat kedua. Kata konserfasi merupakan bentuk tidak baku dari kata konservasi yang menurut KBBI memiliki makna pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan pelestarian; pengawetan; mengawetkan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

    Ejaan adalah kaidah-kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam  bentuk tulisan (huruf-huruf) serta penggunaan tanda baca.

    Menyimpulkan kesalahan penggunaan ejaan artinya menyatakan atau menerangkan bagian yang tidak sesuai dengan kaidah. Kaidah mengenai ejaan terdapat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sesuai dengan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.

    Sesuai dengan penjelasan tersebut, kesalahan penulisan ejaan pada paragraf di atas terdapat pada kata konserfasi yang ada di dalam kalimat kedua. Kata konserfasi merupakan bentuk tidak baku dari kata konservasi yang menurut KBBI memiliki makna pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan pelestarian; pengawetan; mengawetkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perbaikan kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah ....

15

2.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia