Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermatilah kutipan berikut!


Kekerasan pada tayangan televisi tidak pantas dan jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi karakter bangsa. Saya mendukung larangan penayangan kekerasan di televisi.space

Berdasarkan struktur debat, dialog diatas termasuk bagian ....

Berdasarkan struktur debat, dialog di atas termasuk bagian ....space

  1. pengenalanspace

  2. orientasispace

  3. penutupspace

  4. penyampaian argumentasispace

  5. kesimpulanspace

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan D.

jawaban yang benar adalah pilihan D.space 

Iklan

Pembahasan

Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan. Bila perlu diberikan tambahan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing. Struktur teks debat adalah: Struktur pertama Teks Debat, yaitu Pengenalan. Pada Pengenalan, moderator menyampaikan salam pembuka dan memperkenalkan tim. Struktur kedua Teks Debat, yaitu Penyampaian Argumentasi. Penyampaian Argumen disampaikan oleh Tim Afirmasi, Tim Oposisi, dan Tim Netral. Struktur ketiga Teks Debat, yaitu Debat. Pada struktur ini, Tim Afirmasi dan Tim Oposisi saling memberikan sanggahan, lalu ditengahi dengan Tim Netral. Struktur keempat Teks Debat, yaitu Simpulan. Pada struktur ini, Tim Afirmasi, Tim Oposisi, dan Tim Netral menyampaikan simpulan terkait mosi, pendapat, dan sanggahan dari tim lain Struktur kelima Teks Debat, yaitu Penutup. Pada struktur ini, moderator memberikan simpulan secara kesuluruhan tanpa berpihak, kemudian menutup kegiatan debat dengan salam. Berdasarkan kutipan: Saya mendukung larangan penayangan kekerasan di televisi. Teks tersebut menunjukkan adanya argumentasi berupa dukungan terhadap larangan penayangan kekerasan di televisi oleh salah satu tim. Berdasarkan penjelasan di atas, teks tersebut termasuk dalam struktur debat bagian penyampaian argumentasi. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.

Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan. Bila perlu diberikan tambahan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Struktur teks debat adalah:

  • Struktur pertama Teks Debat, yaitu Pengenalan. Pada Pengenalan, moderator menyampaikan salam pembuka dan memperkenalkan tim.
  • Struktur kedua Teks Debat, yaitu Penyampaian Argumentasi. Penyampaian Argumen disampaikan oleh Tim Afirmasi, Tim Oposisi, dan Tim Netral.
  • Struktur ketiga Teks Debat, yaitu Debat. Pada struktur ini, Tim Afirmasi dan Tim Oposisi saling memberikan sanggahan, lalu ditengahi dengan Tim Netral.
  • Struktur keempat Teks Debat, yaitu Simpulan. Pada struktur ini, Tim Afirmasi, Tim Oposisi, dan Tim Netral menyampaikan simpulan terkait mosi, pendapat, dan sanggahan dari tim lain
  • Struktur kelima Teks Debat, yaitu Penutup. Pada struktur ini, moderator memberikan simpulan secara kesuluruhan tanpa berpihak, kemudian menutup kegiatan debat dengan salam.

Berdasarkan kutipan:
Saya mendukung larangan penayangan kekerasan di televisi.

Teks tersebut menunjukkan adanya argumentasi berupa dukungan terhadap larangan penayangan kekerasan di televisi oleh salah satu tim.

Berdasarkan penjelasan di atas, teks tersebut termasuk dalam struktur debat bagian penyampaian argumentasi.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Paragraf tersebut merupakan tanggapan yang berisi ....

40

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia