Pertanyaan

Cermatilah kutipan resensi berikut ini!


    Hal ini terjadi pada novel Candi Murca, Hariadi merepresentasikan kembali realitas sejarah mengenai masa pemerintahan Ken Arok di Singasari dengan berbagai rekaan, khususnya dalam hal perekaan latar tempat dan waktu. Perekaan inilah yang memunculkan nilai estetik dari novel Candi Murca, yang mengarahkan pembaca pada perspektif lain mengenai sebuah sejarah.

    Candi Murca bercerita mengenai dua rentang waktu yang berbeda. Masa pertama, pada tahun 1136 saka, sedangkan masa kedua berada pada tahun 2011. Dalam cerita, dikisahkan Parameswara dan Parra Hiswara, yang mewakili masing-masing zaman, namun merasa berada di tempat dan waktu yang salah karena adanya garis takdir. Secara sederhana, tokoh Parra Hiswara merupakan bentuk reinkarnasi Parameswara, yang dalam novel diistilahkan sebagai titisan dari masa lalu.space 

Berdasarkan sistematikanya, kutipan resensi di atas menunjukkan bagian ....

Berdasarkan sistematikanya, kutipan resensi di atas menunjukkan bagian ....space 

  1. identitas resensispace 

  2. tubuh resensispace 

  3. kelebihan dan kekurangan bukuspace 

  4. penutupspace 

  5. rekomendasispace 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan B.

jawaban yang benar adalah pilihan B.space 

Pembahasan

Menurut H. Dalman dalam Keterampilan Menulis (2016), resensi adalah tulisan ilmiah yang membahas isi sebuah buku, termasuk kelemahan dan keunggulannya untuk diberitahukan kepada pembaca. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku. Sistematika resensi buku meliputi: unsur judul resensi unsur identitas buku yang diresensi yang meliputi judul buku, nama penulis, penerbit, tahun terbit, dan jumlah halaman sinopsis/isi buku/tubuh resesnsi kepengarangan penilaian yang dapat meliputi keunggulan dan kelemahan buku kesimpulan Berdasarkan kutipan: Candi Murca bercerita mengenai dua rentang waktu yang berbeda. Kutipan tersebut berada dalam paragraf kedua teks yang disajikan. Berdasarkan kutipan tersebut, dapat diketahui bahwa yang disampaikan dalam kedua paragraf tersebut merupakan isi dari novel yang sedang diresensi. Hal tersebut dapat dilihat melalui salah satu kalimatnya yaitu "Candi Murca bercerita mengenai dua rentang waktu yang berbeda". Kalimat tersebut menunjukkan cerita yang ada dalm novel yaitu mengenai rentang waktu yang berbeda. Berdasarkan penjelasan di atas,kutipan resensi tersebut berdasarkan sistematikanya menunjukkan bagian tubuh resensi. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.

Menurut H. Dalman dalam Keterampilan Menulis (2016), resensi adalah tulisan ilmiah yang membahas isi sebuah buku, termasuk kelemahan dan keunggulannya untuk diberitahukan kepada pembaca. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku; ulasan buku.

Sistematika resensi buku meliputi:

  1. unsur judul resensi
  2. unsur identitas buku yang diresensi yang meliputi judul buku, nama penulis, penerbit, tahun terbit, dan jumlah halaman
  3. sinopsis/isi buku/tubuh resesnsi
  4. kepengarangan
  5. penilaian yang dapat meliputi keunggulan dan kelemahan buku
  6. kesimpulan

Berdasarkan kutipan:
Candi Murca bercerita mengenai dua rentang waktu yang berbeda. 

Kutipan tersebut berada dalam paragraf kedua teks yang disajikan. Berdasarkan kutipan tersebut, dapat diketahui bahwa yang disampaikan dalam kedua paragraf tersebut merupakan isi dari novel yang sedang diresensi. Hal tersebut dapat dilihat melalui salah satu kalimatnya yaitu "Candi Murca bercerita mengenai dua rentang waktu yang berbeda". Kalimat tersebut menunjukkan cerita yang ada dalm novel yaitu mengenai rentang waktu yang berbeda. 

Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan resensi tersebut berdasarkan sistematikanya menunjukkan bagian tubuh resensi.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space 

260

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Kalimat Itulah pembahasan mengenai contoh resensi novel yang kami baca merupakan pernyataan yang ditulis sebagai . . . .

213

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia