Tuliskan komentar Anda mengenai struktur dan isi dalam resensi tersebut.

Pertanyaan

Bacalah resensi berikut untuk menjawab soal di bawah ini.

Judul buku            : Remaja Membangun Kepribadian

Penulis                  : Anna Windyartini S.

Tahun terbit           : 2008

Penerbit                 : Nobel Edumedia

Tebal buku             : ix + 79 halaman

Buku ini merupakan jenis buku nonfiksi yang berisi tentang cara-cara membangun kepribadian pada anak usia remaja. Buku ini terdiri atas empat bab. Bab pertama menjelaskan berbagai jenis kecerdasan dalam diri manusia. Bab kedua berisi tentang cara-cara memanfaatkan berbagai intelegensi. Bab ketiga berjudul "Study is Beautiful" yang berisi penjelasan tentang motivasi untuk belajar. Bab terakhir berisi kisah-kisah atau pengalaman tentang belajar.

Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena banyak ilmu pengetahuan tentang cara mengembangkan kepribadian remaja yang bermanfaat. Pembahasan dalam buku ini cukup singkat, tetapi sangat mudah dipahami. Buku ini juga ditulis berdasarkan gagasan yang dapat dipercaya, seperti psikolog dunia, nasional, bahkan hasil survei langsung dari masyarakat. Contoh-contoh yang digunakan dalam buku ini juga sangat menarik dan dapat memberikan motivasi bagi para pembacanya agar lebih semangat dalam belajar.

Sayangnya, masih terdapat kata-kata yang mungkin sulit dimengerti oleh kalangan pelajar. Gambar ilustrasi pada buku ini juga masih kurang jelas sehingga akan menimbulkan kebosanan bagi para pembacanya. Secara umum, buku ini cocok dibaca oleh anak usia remaja dan para orang tua. Buku ini dapat dijadikan acuan atau panduan dalam mengembangkan kepribadian remaja agar menjadi manusia yang berkualitas.space 

Tuliskan komentar Anda mengenai struktur dan isi dalam resensi tersebut.space 

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa teks resensi di atas dari segi struktur kurang lengkap karena tidak memiliki judul. Adapun, dari segi isi sudah cukup baik karena memuat penilaian bobot ide, komentar terhadap gagasan dan kreativitas penulis, serta menampilkan data untuk mendukung argumen.space 

Pembahasan

Resensi merupakan jenis teks yang berisi penilaian terhadap suatu buku. Teks resensi yang baik ditulis dengan struktur sebagai berikut: 

  1. Judul resensi, yaitu kepala karangan yang menarik dan mencerminkan isi buku.
  2. ldentitas karya, yaitu informasi mengenai judul, penulis/pengarang, penerbit, tahun terbit, tebal halaman, dan ukuran buku.
  3. Orientasi, yaitu pengantar tentang buku yang diresensi yang menjelaskan ringkasan (sinopsis) atau pengelompokan buku beserta latar belakang pengarang.
  4. Paparan argumen, yaitu terdiri atas analisis (paparan keberadaan unsur-unsur cerita) dan evaluasi (kelebihan dan kekurangan buku). 
  5. Rekomendasi, yaitu bagian penutup resensi yang berisi simpulan hasil resensi dan saran kepada pembaca.

Teks resensi di atas terdiri atas:

Identitas karya

  • Judul buku            : Remaja Membangun Kepribadian
  • Penulis                  : Anna Windyartini S.
  • Tahun terbit           : 2008
  • Penerbit                 : Nobel Edumedia
  • Tebal buku             : ix + 79 halaman

Orientasi

  • Buku ini merupakan jenis buku nonfiksi yang berisi tentang cara-cara membangun kepribadian pada anak usia remaja. Buku ini terdiri atas empat bab. Bab pertama menjelaskan berbagai jenis kecerdasan dalam diri manusia. Bab kedua berisi tentang cara-cara memanfaatkan berbagai intelegensi. Bab ketiga berjudul "Study is Beautiful" yang berisi penjelasan tentang motivasi untuk belajar. Bab terakhir berisi kisah-kisah atau pengalaman tentang belajar.

Paparan Argumen

  • Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena banyak ilmu pengetahuan tentang cara mengembangkan kepribadian remaja yang bermanfaat. Pembahasan dalam buku ini cukup singkat, tetapi sangat mudah dipahami. Buku ini juga ditulis berdasarkan gagasan yang dapat dipercaya, seperti psikolog dunia, nasional, bahkan hasil survei langsung dari masyarakat. Contoh-contoh yang digunakan dalam buku ini juga sangat menarik dan dapat memberikan motivasi bagi para pembacanya agar lebih semangat dalam belajar.
  • Sayangnya, masih terdapat kata-kata yang mungkin sulit dimengerti oleh kalangan pelajar. Gambar ilustrasi pada buku ini juga masih kurang jelas sehingga akan menimbulkan kebosanan bagi para pembacanya. 

Rekomendasi

  • Secara umum, buku ini cocok dibaca oleh anak usia remaja dan para orang tua. Buku ini dapat dijadikan acuan atau panduan dalam mengembangkan kepribadian remaja agar menjadi manusia yang berkualitas.

Berdasarkan uraian di atas, diketahui bahwa teks resensi tersebut tidak berstruktur lengkap karena tidak memiliki judul.

Adapun, pada bagian isi teks resensi, hal yang disoroti adalah penilaian bobot ide, analisis, penyajian data, dan kreativitas penulisnya.

Isi teks resensi pada bagian argumen sudah cukup baik karena memuat penilaian bobot ide, komentar terkait gagasan dan kreativitas penulis, serta menyajikan data-data untuk mendukung argumen yang disampaikan. Hal ini dapat dilihat pada bagian resensi berikut ini:

Buku ini sangat menarik untuk dibaca karena banyak ilmu pengetahuan tentang cara mengembangkan kepribadian remaja yang bermanfaat. (Penilaian bobot ide)

Pembahasan dalam buku ini cukup singkat, tetapi sangat mudah dipahami. (Komentar terhadap gagasan dan kreativitas penulis)

Buku ini juga ditulis berdasarkan gagasan yang dapat dipercaya, seperti psikolog dunia, nasional, bahkan hasil survei langsung dari masyarakat. (Penyajian data untuk mendukung argumen)

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teks resensi di atas dari segi struktur kurang lengkap karena tidak memiliki judul. Adapun, dari segi isi sudah cukup baik karena memuat penilaian bobot ide, komentar terhadap gagasan dan kreativitas penulis, serta menampilkan data untuk mendukung argumen.space 

729

4.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Kalimat Dengan demikian, kisah yang diungkapkan seolah-olah hadir di tengah pembaca, hidup, dan dapat dirasakan dalam penggalan teks resensi tersebut berisi . . . .

96

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia