Roboguru

Berdasarkan elastisitasnya, contoh bahan yang cocok di gunakan sebagai bahan pembuatan skok (shock absorber) kendaraan bermotor adalah...

Pertanyaan

Berdasarkan elastisitasnya, contoh bahan yang cocok di gunakan sebagai bahan pembuatan skok (shock absorber) kendaraan bermotor adalah...undefined 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

skok (shock absorber) kendaraan bermotor merupakan perangkat pada kendaraan bermotor yang berfungsi meredam terjadinya getaran yang terjadi secara tiba-tiba ketika kendaraan melewati jalan yang tidak rata. Bentuk dari skok (shock absorber) itu sendiri adalah sebagai berikut:

skok (shock absorber) disamping berfungsi sebagai peredam, juga sebagai penopang beban kendaraan bermotor. Oleh karena itu, terdapat berbagai kriteria yang digunakan untuk memilih material yang digunakan sebagai material skok (shock absorber), yaitu:

  1. Kuat
  2. Tidak mudah patah
  3. Elastis
  4. Tidak mudah kehilangan elastisitasnya
  5. Kekuatan regangan (tensile strength) tinggi
  6. Tahan korosi

Material yang memiliki kriteria di atas, terutama dari segi elastisitas dan kekuatannya, adalah BAJA. Hal itulah yang menyebabakan sebagaian besar skok (shock absorber) kendaraan bermotot yang diproduksi saat ini menggunakan material BAJA.

Jadi, jawaban yang tepat adalah BAJA

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

Tonton video penjelasan konsepnya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved