Roboguru

Berdasarkan data tersebut, waktu kontak absorben ampas tebu yang paling efektif untuk tiap-tiap jenis logam tersebut adalah ....

Pertanyaan

Berdasarkan data tersebut, waktu kontak absorben ampas tebu yang paling efektif untuk tiap-tiap jenis logam tersebut adalah ....undefined

  1.  

  2.  

  3.  

  4.  

  5.  

Pembahasan Soal:

Berdasarkan grafik tersebut menunjukkan bahwa waktu kontak dan aktivasi ampas tebu berpengaruh terhadap kapasitas adsorpsi logam Cr dan Mn. Ampas tebu dapat digunakan sebagai adsorben untuk menurunkan kadar limbah logam Cr dan Mn.

  • Kemampuan adsorpsi ampas tebu meningkat pada ampas tebu yang diberi perlakuan aktivasi. Aktivasi bertujuan untuk mendekomposisikan garam-garam mineral yang terdapat pada sampel seperti logam Cr dan Mn yang berikatan dengan adsorben. Berkurangnya garam-garam mineral tersebut mengindikasikan terbentuknya gugus fungsi COOH dan OH pada adsorben sehingga lebih banyak ion logam Cr dan Mn yang akan di adsorpsi oleh adsorben melalui pertukaran ion maupun pembentukan kompleks. 
  • Waktu kontak adalah waktu yang diperlukan suatu adsorbat untuk dapat berikatan pada suatu adsorben. Semakin lama suatu adsorbat dapat berikatan dengan adsorben maka waktu tersebut disebut dengan waktu optimumnya. Waktu optimum adalah waktu di mana jumlah adsorbat mengalami keadaan setimbang berikatan dengan adsorben. Terjadinya adsorpsi logam pada ampas tebu karena logam berat berinteraksi dengan ampas tebu sehingga membentuk ikatan kimia. Ikatan kimia antara logam dengan ampas tebu terjadi karena dalam ampas tebu mengandung selulosa. Gugus OH pada selulosa menyebabkan terjadinya sifat polar pada adsorben tersebut, sehingga selulosa lebih kuat menyerap zat yang bersifat polar seperti logam.

Mengenai waktu kontak dalam soal pada logam Cr adalah pada jam ketiga dengan aktivasi, karena terlihat selisih dari banyaknya logam Cr yang terikat cukup jauh dengan waktu kontak pada jam kedua. Sedangkan pada logam Mn waktu kontaknya adalah pada jam kedua saja sudah cukup, tetapi dengan aktivasi juga. Dikarenakan tidak terlihat selisih yang signifikan dengan jumlah logam Mn yang terserap pada jam ketiga.

Kesimpulannya adalah, waktu kontak logam Cr pada jam ketiga dengan aktivasi, sedangkan pada logam Mn adalah pada jam kedua dengan aktivasi. 

Jadi, tidak ada jawaban yang benar.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved