Iklan

Iklan

Pertanyaan

Berbagai teknologi pengobatan penyakit yang disebabkan virus dan bakteri terus dikembangkan dan hasilnya sangat menggembirakan. Tetapi mengapa penyakit karena virus dan bakteri masih ada hingga kini. Mengapa demikian?

Berbagai teknologi pengobatan penyakit yang disebabkan virus dan bakteri terus dikembangkan dan hasilnya sangat menggembirakan. Tetapi mengapa penyakit karena virus dan bakteri masih ada hingga kini. Mengapa demikian?

Iklan

N. Imaniar

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Virus dan bakteri merupakan kajian ilmu biologi.Jenis virus dan bakteri sangat bervariasi dan tentunya memiliki sifat yang berbeda-beda dalam hal virulensi dan infeksinya pada manusia, hewan dan tumbuhan.Segala hal yang terkait dengan virus dan bakteri secara khusus dipelajari dalam ilmu virologi dan bakteriologi. Seiring dengan perkembangan jaman, manusia berupaya untuk mengembangkan pengobatan pada berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Namun kita masih saja sering menemukan pasien-pasien yang mengidappenyakit akibat terpapar virus dan bakteri yang merugikan karena beberapa faktor diantaranya adalah : Kurang menjaga kebersihan diri dan lingkungan sehingga mudah terpapar penyakit akibat terinfeksi bakteri dan virus Mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak diproses secara benar (tidak dibersihkan dengan benar, tidak melalui proses pemanasan dan lain sebagainya) Khusus untuk bakteri, pengidap penyakit tidak menyelesaikan obat antibiotik hingga tuntas sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter sehingga mengakibatkan resistensibakteri pada antibiotik tersebut dan selanjutnya penyakit akan lebih susah disembuhkan karena bakteri lebih kebal akan obat antibiotik yang pernah diberikan. Mutasi pada DNA virus dan bakteri menyebabkan timbulnya penyakit baru yang membutuhkan pengkajian dan pengembangan untuk pengobatan yang tepatbagi penyakit tersebut

Virus dan bakteri merupakan kajian ilmu biologi. Jenis virus dan bakteri sangat bervariasi dan tentunya memiliki sifat yang berbeda-beda dalam hal virulensi dan infeksinya pada manusia, hewan dan tumbuhan. Segala hal yang terkait dengan virus dan bakteri secara khusus dipelajari dalam ilmu virologi dan bakteriologi. Seiring dengan perkembangan jaman, manusia berupaya untuk mengembangkan pengobatan pada berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Namun kita masih saja sering menemukan pasien-pasien yang mengidap penyakit akibat terpapar virus dan bakteri yang merugikan karena beberapa faktor diantaranya adalah :

  1. Kurang menjaga kebersihan diri dan lingkungan sehingga mudah terpapar penyakit akibat terinfeksi bakteri dan virus
  2. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak diproses secara benar (tidak dibersihkan dengan benar, tidak melalui proses pemanasan dan lain sebagainya)
  3. Khusus untuk bakteri, pengidap penyakit tidak menyelesaikan obat antibiotik hingga tuntas sesuai dengan resep yang diberikan oleh dokter sehingga mengakibatkan resistensi bakteri pada antibiotik tersebut dan selanjutnya penyakit akan lebih susah disembuhkan karena bakteri lebih kebal akan obat antibiotik yang pernah diberikan.
  4. Mutasi pada DNA virus dan bakteri menyebabkan timbulnya penyakit baru yang membutuhkan pengkajian dan pengembangan untuk pengobatan yang tepat bagi penyakit tersebut

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikan pendapat Anda, apakah pengembangan senjata biologis merupakan manfaat atau bahaya mempelajari biologi?

6

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia