Roboguru

Bentrokan antara generasi muda dan generasi tua karena latar belakang pendidikan dan pengalaman yang berbeda merupakan bentuk kontravensi ….

Pertanyaan

Bentrokan antara generasi muda dan generasi tua karena latar belakang pendidikan dan pengalaman yang berbeda merupakan bentuk kontravensi ….space 

  1. generasi masyarakatspace 

  2. seksspace 

  3. parlementerspace 

  4. rasspace 

  5. kelas sosialspace 

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan bentuk interaksi disosiaif.

Dalam kehidupan masyarakat hubungan pasti akan selalu tercipta sebuah interaksi-interaksi sebagai hubungan timbal balik antar masyarakat. Salah satu bentuk dari interaksi ini adalah adanya kontravensi yang mana merupakan perselisihan di antara individu dengan individu, atau individu dengan kelompok, atau bisa pula di antara kelompok dengan kelompok. Kontravensi pula merupakan salah satu  hubungan sosial yang bersifat disosiatif yang terjadi dalam masyarakat yang dapat mengakibatkan konflik dan perpecahan. Dalam kontravensi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat memiliki banyak sekali bentuk-bentuknya salah satunya adalah kontravensi umum yang biasanya terkait dengan pihak lain, bentrokan dan penolakan, memprotes dan lain-lain. 

Pada bentrokan yang terjadi pada soal antara generasi muda dan generasi tua karena latar belakang pendidikan dan pengalaman yang berbeda merupakan bentuk kontravensi umum. Bentrokan tersebut pelakukanya oleh para generasi di masyarakat secara terbuka sehingga bentrokan ini merupakan bentuk kontravensi umum terkait dengan  generasi masyarakat. pada bentrokan ini biasanya terkait dengan pola hubungan orang tua dan anak yang sering terjadi sebuah perdebatan perbedaan pendapat karena terdapat perbedaan latar belakang pendidikan pengalaman dll. 

Jadi, jawabannya adalah A generasi masyarakat. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pilihlah pernyataan berikut ini yang menjadi bentuk dari kontravensi secara umum ...

Pembahasan Soal:

Kontravensi yaitu sebuah bentuk interaksi sosial yang berada diantara persaingan dan pertentangan. Kontravensi ditandai dengan adanya ketidakpuasan seseorang, perasaan tidak suka yang disembunyikan, kebencian, dan keraguan terhadap kepribadian seseorang. Terdapat beberapa bentuk kontravensi, salah satunya adalah kontravensi umum. Kontravensi umum adalah sebuah tindakan penolakan, keenggenan, perlawanan, protes, perbuatan menghalang-halangi, penggunaan kekerasan, atau pengacaun kepada pihak lain.

Berdasarkan pemaparan di atas, maka pernyataan yang sesuai adalah pilihan B. Hal ini disebabkan karena pada pernyataan yang ada di pilihan B terlihat adanya tindak kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok warga kepada pencuri. Tindak kekerasan yang dilakukan tersebut termasuk dalam tindakan kontravensi secara umum. 

Pada pilihan A, C, dan D bukan termasuk dalam tindakan kontravensi. Sedangkan, pilihan E adalah bentuk dari kontravensi sederhana, disebabkan karena adanya tindakan cibiran kepada seseorang yang dilakukan di muka umum.

Maka, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Roboguru

Kontravensi  tentunya memiliki dampak. Dampak yang ditimbulkan adanya kontravensi secara umum adalah....

Pembahasan Soal:

Ada keengganan atau perasaan tidak suka dari pihak yang kehilangan dan juga dari pihak yang diduga mencuri pulpen meskipun belum ada bukti. Kemudian dampak yang ditimbulkan dari kontravensi yang terjadi itu adalah rasa ketidakpercayaan terhadap satu sama lainnya sehingga rentan terjadi perpecahan.

Roboguru

Seorang karyawan selalu menghindari pertemuan tatap muka dengan atasannya yang dinilai sering membuat kebijakan yang merugikan karyawan. Diam-diam karyawan tersebut mengumpulkan kekuatan bersama karya...

Pembahasan Soal:

Kontravensi merupakan bentuk proses sosial disosiatif yang ditandai oleh gejala adanya perasaan tidak suka yang disembunyikan sehingga menimbulkan kebencian serta keraguan terhadap kepribadian seseorang. Kontravensi dapat dibagi menjadi 5 (lima) bentuk sebagai berikut.

  • Kontravensi umum, misalnya penolakan, perlawanan, dan memprotes (aksi protes).
  • Kontravensi sederhana, misalnya penyangkalan terhadap pernyataan orang lain di muka umum, memaki melalui selebaran, dan memfitnah.
  • Kontravensi intensif, misalnya menyebarkan desas-desus dan mengecewakan pihak lain.
  • Kontravensi rahasia, misalnya menyebarkan rahasia pihak lain atau berkhianat.
  • Kontravensi taktis misalnya kampanye politik menjelang Pemilu dengan menjelek-jelekkan pihak lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, seorang karyawan yang diam-diam mengumpulkan kekuatan bersama karyawan lain untuk melakukan aksi protes merupakan contoh dari kontravensi umum.

Roboguru

Dari contoh di atas yang termasuk kontravensi adalah:

Pembahasan Soal:

Kontravensi adalah bentuk interaksi sosial yang bersifat disosiatif  yang berada antara persaingan dan konflik, dimana bentuk kontravensi ini bersifat rahasia atau tersembunyi dalam bentuk rasa benci dan dendam terhadap pihak lawan.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Bspace space

Roboguru

Para karyawan melakukan protes pada pihak perusahaan berkaitan kebijakan perusahaan dalam pembayaran gaji. Hal tersebut merupakan contoh dari kontravensi dalam bentuk ....

Pembahasan Soal:

Poin kuncinya adalah "melakukan protes". Soal yang ditanyakan yaitu bentuk kontravensi. Sebelumnya, perlu dipahami terlebih dahulu berbagai bentuk dari kontravensi berikut ini:

1. Kontravensi umum, contohnya kekerasan, melakukan perlawanan, enggan bertindak, menghalang-halangi.

2. Kontravensi sederhana, contohnya mencela, memaki.

3. Kontravensi intensif, contohnya menghasut, menyebar berita kebohongan untuk menjatuhkan seseorang.

4. Kontravensi rahasia, contohnya membocorkan rahasia.

5. Kontravensi taktis, contohnya melancarkan tuduhan secara tiba-tiba, menipu pihak lain.

Dari kata kunci yang disebutkan dalam pertanyaan, perilaku "melakukan protes" memiliki kesamaan maksud dengan perilaku "melakukan perlawanan". Oleh sebab itu, bentuk kontravensi yang tepat sesuai contoh adalah (B). umum

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved