Roboguru

Hubungan dalam lembaga legislatif, keagamaan, dan pendidikan merupakan bentuk kontravensi ….

Pertanyaan

Hubungan dalam lembaga legislatif, keagamaan, dan pendidikan merupakan bentuk kontravensi ….space 

  1. generasi masyarakatspace 

  2. seksspace 

  3. parlementerspace 

  4. rasspace 

  5. kelas sosialspace 

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan bentuk interaksi disosiatif. 

Interaksi merupakan sebagai kemampuan individu untuk melakukan hubungan sosial dengan individu lain atau kelompok yang ditandai dengan kontak sosial dan komunikasi. Yang artinya interaksi ini akan mencipytakan sebuah hubungan timbal balik antar individu maupun masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan dalam kehidupannya. Interaksi yang terjadi dalam kehidupan masyarakat tidak sebuah akan dapat berjalan baik, seperti salah satu bentuk interaksi yaitu interaksi disosiatif yang mana interaksi ini memiliki sifat negatif dan mengarah pada perpecahan dan konflik. Salah satu bentuknya adalah adanya kontravensi di lingkungan masyarakat yang merupakan pertikaian dan perselisihan yang terjadi individu dengan individu maupun kelompok dengan kelompok masyarakat. Kontravensi yang ada di lingkungan masyarakat dapat berbentuk seperti bentrokan, perdebatan dan lain-lain. Hal ini termasuk dalam kontravensi umum.

Jika di kaitkan dengan soal kontravensi yang terjadi pada soal adalah terkait dengan kontravensi parlementer, karena hubungan dalam lembaga legislatif, keagamaan, dan pendidikan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan parlemen yang terkait dengan sistem pemerintahan yang salah satunya adalah badan legislatif. Pada lembaga ini akan mudah terjadi sebuah kontravensi karena terkait dengan banyaknya kepentingan-kepentingan setiap anggotanya. Kontravensi parlementer berkaitan dengan hubungan antara golongan mayoritas dan golongan minoritas dalam masyarakat. Biasanya kontravensi yang ada pada parlementer ini terkait dengan adanya perselisihan pendapat terkait kebijakan-kebijakan yang dibuat setiap anggotanya. 

Dari penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah bentuk kontravensi C parlementer.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang karyawan selalu menghindari pertemuan tatap muka dengan atasannya yang dinilai sering membuat kebijakan yang merugikan karyawan. Diam-diam karyawan tersebut mengumpulkan kekuatan bersama karya...

Pembahasan Soal:

Kontravensi merupakan bentuk proses sosial disosiatif yang ditandai oleh gejala adanya perasaan tidak suka yang disembunyikan sehingga menimbulkan kebencian serta keraguan terhadap kepribadian seseorang. Kontravensi dapat dibagi menjadi 5 (lima) bentuk sebagai berikut.

  • Kontravensi umum, misalnya penolakan, perlawanan, dan memprotes (aksi protes).
  • Kontravensi sederhana, misalnya penyangkalan terhadap pernyataan orang lain di muka umum, memaki melalui selebaran, dan memfitnah.
  • Kontravensi intensif, misalnya menyebarkan desas-desus dan mengecewakan pihak lain.
  • Kontravensi rahasia, misalnya menyebarkan rahasia pihak lain atau berkhianat.
  • Kontravensi taktis misalnya kampanye politik menjelang Pemilu dengan menjelek-jelekkan pihak lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, seorang karyawan yang diam-diam mengumpulkan kekuatan bersama karyawan lain untuk melakukan aksi protes merupakan contoh dari kontravensi umum.

Roboguru

Adanya ketidakpastian mengenai diri seseorang, perasaan tidak suka yang disembunyikan, dan kebencian atau keraguan merupakan gejala...

Pembahasan Soal:

Kontravensi merupakan suatu bentuk proses sosial yang berada antara persaingan dan pertentangan (pertikaian). Adanya ketidakpastian mengenai diri seseorang, perasaan tidak suka yang disembunyikan, dan kebencian atau keraguan merupakan gejala kontravensi. 

Jadi, jawabannya adalah E kontravensiundefined 

Roboguru

Adanya ketidakpastian mengenai diri seseorang, perasaan tidak suka yang disembunyikan, dan kebencian atau keraguan merupakan gejala ….

Pembahasan Soal:

Contravention atau kontravensi adalah suatu bentuk proses sosial yang berada antara persaingan dengan konflik. Kontravensi ditandai dengan gejala-gejala adanya ketidakpastian mengenai diri seseorang atau suatu rencana, perasaan tidak suka yang disembunyikan, kebencian, atau keragu-raguan terhadap kepribadian seseorang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A kontravensispace 

Roboguru

Para karyawan melakukan protes pada pihak perusahaan berkaitan kebijakan perusahaan dalam pembayaran gaji. Hal tersebut merupakan contoh dari kontravensi dalam bentuk ...

Pembahasan Soal:

Menurut Leopold von Wiese dan Howard Becker, kontravensi memiliki lima bentuk sebagai berikut.

  1. Umum, misalnya penolakan, keengganan, perlawanan, protes, perbuatan menghalang halangi, penggunaan kekerasan, atau pengacauan rencana pihak lain.
  2. Sederhana, misalnya penyangkalan pernyataan orang di muka umum, maki-makian melalui surat atau selebaran, dan cercaan.
  3. lntensif, misalnya penghasutan atau penyebaran desas-desus.
  4. Rahasia, misalnya pembocoran rahasia lawan atau pengkhianatan.
  5. Taktis, misalnya kejutan terhadap lawan, pembingungan pihak lawan, provokasi, atau intimidasi.

Berdasarkan pernyataan tersebut, bentuk protes yang dilakukan para karyawan terhadap pihak perusahaan merupakan contoh dari kontravensi umum (pilihan jawaban B).

Roboguru

Menjelang dilaksanakannya pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia serta pemilihan anggota legislatif. Berbagai cara dilakukan oleh tim sukses atau tim pemenangan para calon. Bahkan un...

Pembahasan Soal:

Kontravensi adalah bentuk interaksi sosial antara persaingan dan konflik Kontravensi ditandai dengan ketidakpuasan seseorang , perasaan tidak suka yang disembunyikan, kebencian dan keragu-raguan. Kontravensi bersifat rahasia. Provokasi adalah salah satu contoh kontravensi karena dapat membuat pihak lawan menjadi tidak tenang karena ada serangan secara psikologis.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Bspace space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved