Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bencana banjir yang melanda di berbagai wilayah di Indonesia, membuat beberapa kelompok masyarakat dari latar belakang yang berbeda maumembantu meringankan beban korban di pengungsian. Tindakan ini merupakan pola interaksi asosiatif yang terbentuk ....

Bencana banjir yang melanda di berbagai wilayah di Indonesia, membuat beberapa kelompok masyarakat dari latar belakang yang berbeda mau membantu meringankan beban korban di pengungsian. Tindakan ini merupakan pola interaksi asosiatif yang terbentuk ....

  1. kooperatif

  2. asimilasi 

  3. akulturasi 

  4. mediasi

  5. bargaining 

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Beberapa kelompok dari latar belakang budaya yang berbeda bahu membahu membantu korban banjir. Tindakan ini merupakan contoh interaksi asosiatif yang berbentuk kooperatif . Kooperatif adalah interaksi asosiatif dalam bentuk kerja sama antarindividu atau antarkelompok untuk mencapai suatu tujuan bersama. Pada konteks ini tujuan yang hendak dicapai adalah untuk membantu korban banjir. Bentuk interaksi asosiatif lainnya pada pilihan jawaban yang ada, sepertiasimilasi, akulturasi, mediasi, dan bargaining . Adapun penjelasan dari istilah-istilah tersebut, yaitu: Asimilasi adalah proses peleburan budaya hingga melahirkan suatu kebudayaan baru. Akulturasi adalah proses percampuran dua kebudayaan yang menjadi satu dengan menghasilkan kebudayan baru tanpa menghilangkan unsur kebudayaan lama. Mediasi adalah bentuk akomodasi pemecahan konflik dengan menggunakan pihak ketiga. Bargaining adalah proses tawar menawar untuk mencapai kesepakatan bersama.

Beberapa kelompok dari latar belakang budaya yang berbeda bahu membahu membantu korban banjir. Tindakan ini merupakan contoh interaksi asosiatif yang berbentuk kooperatif. Kooperatif adalah interaksi asosiatif dalam bentuk kerja sama antarindividu atau antarkelompok untuk mencapai suatu tujuan bersama. Pada konteks ini tujuan yang hendak dicapai adalah untuk membantu korban banjir.

Bentuk interaksi asosiatif lainnya pada pilihan jawaban yang ada, seperti asimilasi, akulturasi, mediasi, dan bargaining. Adapun penjelasan dari istilah-istilah tersebut, yaitu:

  • Asimilasi adalah proses peleburan budaya hingga melahirkan suatu kebudayaan baru.
  • Akulturasi adalah proses percampuran dua kebudayaan yang menjadi satu dengan menghasilkan kebudayan baru tanpa menghilangkan unsur kebudayaan lama.
  • Mediasi adalah bentuk akomodasi pemecahan konflik dengan menggunakan pihak ketiga.
  • Bargaining adalah proses tawar menawar untuk mencapai kesepakatan bersama.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Melaksanakan kegiatan seperti pada gambar mencerminkan sikap...

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia