Roboguru

Belanda memfungsikan tanah jajahan Hindia Belanda ...

Belanda memfungsikan tanah jajahan Hindia Belanda sebagai penghasil bahan mentah untuk industri di negaranya atau dijadikan komoditas ekspor di pasaran Eropa. Karena alasan kekurangan modal, maka pemerintah Hindia Belanda melakukan Politik Pintu Terbuka. Akibat di berlakukannya politik tersebut adalah ....

Jawaban:

Politik pintu terbuka merupakan salah satu sistem yang diterapkan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Kebijakan tersebut mulai diterapkan tahun 1870 ditandai dengan keluarnya Agrarische Wet. Akibat atas pelaksanaan politik pintu terbuka antara lain : meningkatnya jumlah pengusaha asing yang menanamkan modalnya di Hindia-Belanda, banyak munculnya perkebunan perkebunan swasta asing di Hindia-Belanda, berkembangnya kegiatan pertambangan di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Pulau Bangka, serta terjadinya eksploitasi besar besaran tenaga kerja manusia untuk bekerja di perkebunan dan pertambangan.

Dengan demikian, akibat atas pelaksanaan politik pintu terbuka menguntungkan pemerintah Belanda dengan meningkatnya modal asing namun semakin menyengsarakan rakyat.

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved