Roboguru

Bedakan antara pengendalian sosial yang preventif represif koersif, berikan contohnya!

Pertanyaan

Bedakan antara pengendalian sosial yang preventif represif koersif, berikan contohnya!undefined 

Pembahasan Soal:

Pengendalian sosial adalah proses kolektif yang direncanakan atau tidak direncanakan untuk mengajak, membujuk, membimbing atau memaksa individu supaya mematuhi nilai-nilai dan kaidah-kaidah dalam kehidupan kelompok. Berikut adalah jenis-jenis pengendalian sosial, yaitu:

  1. Pengendalian sosial Preventif yaitu pencegahan sebelum terjadi penyimpangan terhadap norma-norma dan nilai-nilai masyarakat. Contoh, orang tua yang melarang anaknya bergaul dengan teman-teman yang suka berjudi. Hal ini bertujuan supaya anaknya tidak menjadi tukang judi nantinya.
  2. Pengendalian sosial Represif yaitu upaya pemulihan keadaan sesudah terjadi penyimpangan nilai dan norma masyarakat. Contoh, seseorang yang ingkar janji diadukan ke pengadilan, sehingga hakim menjatuhkan hukuman dengan membayar hutang dan denda.
  3. Pengendalian sosial Persuasif yaitu cara mencegah penyimpangan dengan mengajak, membimbing melalui anjuran, contoh, ajakan kepada kaki lima, untuk menempati kios-kios yang disediakan pemerintah.
  4. Pengendalian sosial Koersif yaitu pencegahan penyimpangan melalui ancaman/kekerasan fisik. Contoh, pedagang kaki lima yang tidak mengindahkan anjuran, dinaikan ke mobil bersama barangnya, dibebaskan setelah berjanji tidak akan berjualan di kaki lima lagi.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 09 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved