Iklan

Iklan

Pertanyaan

Beberapa contoh penggunaan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sebagai berikut: (1) pemakaian infus dalam bidang kesehatan; (2) pemakaian etilen glikol pada radiator mobil; (3) permurnian air dari air laut; (4) pemakaian garam untuk membunuh lintah; dan (5) pemakaina garam pada pembuatan es putar. Contoh yang merupakan penerapan dari tekanan osmotik larutan terdapat pada nomor ...

Beberapa contoh penggunaan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sebagai berikut:

(1) pemakaian infus dalam bidang kesehatan;

(2) pemakaian etilen glikol pada radiator mobil;

(3) permurnian air dari air laut;

(4) pemakaian garam untuk membunuh lintah; dan

(5) pemakaina garam pada pembuatan es putar.

Contoh yang merupakan penerapan dari tekanan osmotik larutan terdapat pada nomor ...

  1. (1) dan (2)

  2. (1) dan (4)

  3. (2) dan (3)

  4. (2) dan (5)

  5. (3) dan (4)

Iklan

S. Susanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jayabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tekanan osmotikmerupakan tekanan zat cair terhadap selaput semi permeable yang muncul karena adanya perbedaan konsentrasi. Pemanfaatan tekanan osmotikadalah (1) pemakaian infus dalam bidang kesehatan. Ketika infus dimasukan dalam tubuh, tekanan cairan tubuh isotonis (memiliki tekanan osmotikyang sama) dengan cairan infus, sehingga infus bisa masuk ke dalam tubuh. Pemanfaatan tekanan osmotikberikutnya adalah (4) membunuh lintah dengan garam. Kulit lintah mengandung banyak lender sehingga ketika ditaburi garam, maka cairan tersebut akan terserap oleh garam, bahkan cairan dalam tubuh lintah akan ikut terserap, sehingga akan terjadi dehidrasi pada tubuh lintah yang menyebabkan kematian pada lintah.

Tekanan osmotik merupakan tekanan zat cair terhadap selaput semi permeable yang muncul karena adanya perbedaan konsentrasi.

Pemanfaatan tekanan osmotik adalah (1) pemakaian infus dalam bidang kesehatan. Ketika infus dimasukan dalam tubuh, tekanan cairan tubuh isotonis (memiliki tekanan osmotik yang sama) dengan cairan infus, sehingga infus bisa masuk ke dalam tubuh.

Pemanfaatan tekanan osmotik berikutnya adalah (4) membunuh lintah dengan garam. Kulit lintah mengandung banyak lender sehingga ketika ditaburi garam, maka cairan tersebut akan terserap oleh garam, bahkan cairan dalam tubuh lintah akan ikut terserap, sehingga akan terjadi dehidrasi pada tubuh lintah yang menyebabkan kematian pada lintah.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Desalinasi air laut adalah proses menghilangkan kadar garam berlebih dalam air laut untuk mendapatkan air yang dapat dikonsumsi (air tawar). Proses desalinasi air laut memanfaatkan prinsip osmosis bal...

11

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia