Iklan

Iklan

Pertanyaan

Air gemercik bernyanyi riang
Melalui alur jalan yang berliku
Saat pagi mulai merebak
Dan arang-arang mulai menggeliatkan
Rutinitasnya.space

 

Baris pertama puisi di atas menggunak majas....

Baris pertama puisi di atas menggunak majas....space

 

  1. Hiperbolaspace

     

  2. Litotesspace

     

  3. Personifikasispace

     

  4. Alegorispace

     

Iklan

N. Faizah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Gaya bahasa atau majas kerap kali digunakan untuk mengungkapkan sesuatu secara lebi emosional. Dengan penggunaan kata atau susunan kalimat yang memiliki makna lebih rumit, majas kerap kali digunakan pada puisi.Terdapat 3 jenis majas yang paling banyak digunakan pada puisi, yaitu majas personifikasi, majas metafora dan majas hiperbola. Majas personifikasi merupakan salah satu subjenis dari majas perbandingan, dimana gaya bahasa ini memberikan kesan seolah-olah benda mati menjadi hidup. Berikut ini adalah contoh majas personifikasi dalam puisi. Ku lihat Penamu menari-nari saat kau hendak membalas surat dari ku, Gerimis mulai menyerbu dan aku hanya bisa melihat kepergianmu. Majas metafora ialah gaya bahasa yang selalu membandingkan suatu objek dengan objek lain dimana kedua objek tersebut mempunyai sifat hampir sama. Majas hiperbola termasuk dalam subjenis majas pertentangan. Dimana gaya bahasa ini dinyatakan secara berlebihan dibandingkan dengan kenyataan sebenarnya. Biasanya majas hiperbola digunakan untuk menciptakan kesan seperti pujian yang begitu mendalam, atau untuk meminta perhatian lebih. Dilihat dari penjelasan jenis majas, maka dapat kita simpulkan bahwa larik pada puisi yang ada di dalam soal menggunakan maja personifikiasi, yang sesuai dengan pengertiannya bahwa majas ini menggambarkan benda mati seolah-olah hidup. Seperti halnya penulis menggambarkan suara gemericik air seperti sedang bernyanyi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

    Gaya bahasa atau majas kerap kali digunakan untuk mengungkapkan sesuatu secara lebi emosional. Dengan penggunaan kata atau susunan kalimat yang memiliki makna lebih rumit, majas kerap kali digunakan pada puisi. Terdapat 3 jenis majas yang paling banyak digunakan pada puisi, yaitu majas personifikasi, majas metafora dan majas hiperbola.

  • Majas personifikasi merupakan salah satu subjenis dari majas perbandingan, dimana gaya bahasa ini memberikan kesan seolah-olah benda mati menjadi hidup. Berikut ini adalah contoh majas personifikasi dalam puisi.

Ku lihat Penamu menari-nari saat kau hendak membalas surat dari ku, Gerimis mulai menyerbu dan aku hanya bisa melihat kepergianmu.

  • Majas metafora ialah gaya bahasa yang selalu membandingkan suatu objek dengan objek lain dimana kedua objek tersebut mempunyai sifat hampir sama.
  • Majas hiperbola termasuk dalam subjenis majas pertentangan. Dimana gaya bahasa ini dinyatakan secara berlebihan dibandingkan dengan kenyataan sebenarnya.

    Biasanya majas hiperbola digunakan untuk menciptakan kesan seperti pujian yang begitu mendalam, atau untuk meminta perhatian lebih.

    Dilihat dari penjelasan jenis majas, maka dapat kita simpulkan bahwa larik pada puisi yang ada di dalam soal menggunakan maja personifikiasi, yang sesuai dengan pengertiannya bahwa majas ini menggambarkan benda mati seolah-olah hidup. Seperti halnya penulis menggambarkan suara gemericik air seperti sedang bernyanyi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space space

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

370

Mashudi Prabowo

Pembahasan terpotong

SavageTank SGR

Pembahasan terpotong

Sandy Saragih

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan puisi berikut! kata Sapardi, tiada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni tapi kata Ibu, tiada yang tabahnya mengalahkan perjuangan Ayah Dilan bilang rindu itu berat, makany...

7

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia