Roboguru

Baris pertama puisi di atas menggunak majas....

Pertanyaan

Baris pertama puisi di atas menggunak majas....space

 

  1. Hiperbolaspace

     

  2. Litotesspace

     

  3. Personifikasispace

     

  4. Alegorispace

     

Pembahasan Soal:

    Gaya bahasa atau majas kerap kali digunakan untuk mengungkapkan sesuatu secara lebi emosional. Dengan penggunaan kata atau susunan kalimat yang memiliki makna lebih rumit, majas kerap kali digunakan pada puisi. Terdapat 3 jenis majas yang paling banyak digunakan pada puisi, yaitu majas personifikasi, majas metafora dan majas hiperbola.

  • Majas personifikasi merupakan salah satu subjenis dari majas perbandingan, dimana gaya bahasa ini memberikan kesan seolah-olah benda mati menjadi hidup. Berikut ini adalah contoh majas personifikasi dalam puisi.

Ku lihat Penamu menari-nari saat kau hendak membalas surat dari ku, Gerimis mulai menyerbu dan aku hanya bisa melihat kepergianmu.

  • Majas metafora ialah gaya bahasa yang selalu membandingkan suatu objek dengan objek lain dimana kedua objek tersebut mempunyai sifat hampir sama.
  • Majas hiperbola termasuk dalam subjenis majas pertentangan. Dimana gaya bahasa ini dinyatakan secara berlebihan dibandingkan dengan kenyataan sebenarnya.

    Biasanya majas hiperbola digunakan untuk menciptakan kesan seperti pujian yang begitu mendalam, atau untuk meminta perhatian lebih.

    Dilihat dari penjelasan jenis majas, maka dapat kita simpulkan bahwa larik pada puisi yang ada di dalam soal menggunakan maja personifikiasi, yang sesuai dengan pengertiannya bahwa majas ini menggambarkan benda mati seolah-olah hidup. Seperti halnya penulis menggambarkan suara gemericik air seperti sedang bernyanyi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space space

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Mariam

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Larik yang bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor ....

Pembahasan Soal:

Larik yang bermajas pada puisi tersebut terdapat pada nomor 4, yaitu pada lirik "Mengelus daun cemara"undefined

Majas yang terdapat pada lirik tersebut adalah majas sinestesia, yaitu metafora berupa ungkapan yang berhubungan dengan suatu indra untuk dikenakan pada indra lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

Roboguru

Tentukan majas puisi Partitur Hujan karya Faisal Syahreza!

Pembahasan Soal:

Majas atau gaya bahasa adalah penggunaan bahasa yang dapat menghidupkan/meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu. Adapun macam-macam majas antara lain metafora, simile, personifikasi, litotes, ironi, sinekdoke, eufemisme, repetisi, anafora, pleonasme, antitesis, alusio, klimaks, antiklimaks, satire, pars prototo, totem proparte, hingga paradoks.

Pada puisi Partitur Hujan karya Faisal Syahreza terdapat majas personifikasi, yaitu majas yang menggambarkan benda mati seolah hidup, seperti pada larik ribuan titik jarum tak tertahankan menikam ke ulu jantung ingatan. Terdapat pula majas hiperbola, yaitu majas yang melebih-lebihkan, seperti pada larik Jalan-jalan atau bahkan gedung-gedung terasa menjauh. Selain itu, terdapat pula majas retorik, yaitu majas  berupa pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban, seperti pada larik Apakah ini yang kau sebut dengan rindu?

Dengan demikian, pada puisi Partitur Hujan karya Faisal Syahreza terdapat majas personifikasi, yaitu majas yang menggambarkan benda mati seolah hidup, seperti pada larik ribuan titik jarum tak tertahankan menikam ke ulu jantung ingatan. Terdapat pula majas hiperbola, yaitu majas yang melebih-lebihkan, seperti pada larik Jalan-jalan atau bahkan gedung-gedung terasa menjauh. Selain itu, terdapat pula majas retorik, yaitu majas  berupa pertanyaan yang tidak memerlukan jawaban, seperti pada larik Apakah ini yang kau sebut dengan rindu?space 

Roboguru

Larik bermajas yang terdapat dalam puisi di atas adalah….

Pembahasan Soal:

Puisi adalah teks atau karangan yang mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan mengutamakan keindahan kata-kata. Salah satu unsur puisi adalah majas. Majas atau bahasa figuratif adalah bahasa yang digunakan untuk mengatakan sesuatu dengan cara membandingkannya dengan benda atau kata lain. Majas dapat mengiaskan atau menyamakan sesuatu dengan hal yang lain.

Berdasarkan kutipan puisi, puisi tersebut berisi tentang kehidupan. Pada baris ke berbunyi Lantunan suaramu begitu tegas. Larik tersebut mengumpamakan lebah memiliki suara yang tegas. Biasanya suara tegas dimiliki oleh manusia. Hal tersebut merupakan larik yang berkaitan dengan salah satu majas, yaitu majas personifikasi yang menggunakan bahasa kias dengan menyamakan benda dengan manusia.
Dengan demikian, Larik bermajas yang terdapat dalam puisi di atas adalah Lantunan suaramu begitu tegas.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space

Roboguru

Gaya bahasa/majas pada bait puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Puisi merupakan ungkapan hati atau pemikiran penyair mengenai berbagai hal dalam kehidupan ke dalam susunan kata-kata yang padat dan penuh makna.

Puisi terdiri dari dua struktur, yaitu struktur fisik dan struktur batin. Salah satu bagian dari struktur fisik adalah majas. Majas adalah gaya bahasa yang digunakan penulis untuk menyampaikan sebuah pesan secara imajinatif dan kias. Hal ini bertujuan membuat pembaca mendapat efek tertentu dari gaya bahasa tersebut yang cenderung ke arah emosional. Biasanya, majas bersifat tidak sebenarnya alias kias ataupun konotasi.

Jenis-jenis majas:

  1. Personifikasi. Gaya bahasa ini seakan menggantikan fungsi benda mati yang dapat bersikap layaknya manusia.
  2. Metafora. Yaitu meletakkan sebuah objek yang bersifat sama dengan pesan yang ingin disampaikan dalam bentuk ungkapan.
  3. Hiperbola. Yaitu mengungkapkan sesuatu dengan kesan berlebihan, bahkan hampir tidak masuk akal.
  4. Asosiasi. Yaitu membandingkan dua objek yang berbeda, namun dianggap sama dengan pemberian kata sambung bagaikan, bak, ataupun seperti.
  5. Simile. Hampir sama dengan asosiasi yang menggunakan kata hubungan bak, bagaikan, ataupun seperti; hanya saja simile bukan membandingkan dua objek yang berbeda, melainkan menyandingkan sebuah kegiatan dengan ungkapan.

Berdasarkan penjelasan jenis-jenis majas tersebut, majas yang digunakan pada bait puisi tersebut adalah majas personifikasi. Hal ini terlihat pada hampir semua bait, seperti pada bait pertama Saat dedaunan mulai memanggilmu, bait ini membandingkan sifat daun dengan sifat manusia, yaitu "memanggil". Selain itu juga terlihat pada bait terakhir, Awan pun akan menangis merindukan hadirmu, awan juga diibaratkan manusia, bisa "menangis".

Dengan demikian, majas yang digunakan dalam bait puisi di atas adalah personifikasi.space  

Roboguru

Majas repetisi yang terdapat pada kutipan puisi di atas terdapat pada baris ke ....

Pembahasan Soal:

Majas repetisi adalah gaya bahasa berupa pengulangan kata yang berfungsi untuk memperkuat makna yang ingin disampaikan. Pada puisi di atas, pengulangan kata terletak pada baris keempat yang berbunyi, "Miskin ilmu, miskin harta". Pengulangan kata miskin pada baris tersebut termasuk ke dalam bentuk majas repetisi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved