Roboguru

Banyak permasalahan ekonomi di Indonesia yang masih belum bisa diselesaikan dengan baik. Menurut pendapat kalian, apakah karena sistem ekonomi yang dipakai di Indonesia belum sesuai atau lebih banyak disebabkan oleh orang-orang yang terlibatnya?

Pertanyaan

Banyak permasalahan ekonomi di Indonesia yang masih belum bisa diselesaikan dengan baik. Menurut pendapat kalian, apakah karena sistem ekonomi yang dipakai di Indonesia belum sesuai atau lebih banyak disebabkan oleh orang-orang yang terlibatnya? space 

Pembahasan Soal:

Sistem ekonomi yang digunakan di Indonesia merupakan sistem ekonomi Pancasila yang menanut kepada Undang-undang. Beberapa macam permasalahan ekonomi di Indonesia seperti kemiskinan, pengangguran dan ketimpangan sosial. Hal ini disebabkan karena kurang maksimalnya penerapan sistem ekonomi pancasila. Pada asas ekonomi pancasila dikatakan bahwa "Kemakmuran masyarakat menjadi prioritas utama dalam pengelolaan sumber daya ekonomi yang terdapat di tanah air Indonesia, bukan kemakmuran seseorang atau kelompok orang". Dan pada faktanya masih banyak yang belum maksimal. Contohnya Indonesia masih banyak mengimpor hasil pangan. Alhasil Peraturan atau kebijakan pemerintah saat ini dinilai cenderung lebih memperkaya investor-investor asing yang akhirnya lebih banyak mengeksploitasi kekayaan alam, karena orientasi pemerintah hanya kepada ekspor tanpa memandang kecukupan dalam negeri.

Hal-hal seperti itu yang membuat masalah perekonomian tidak kunjung usai.  space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved