Roboguru

Bangsa Indonesia memasuki Era Reformasi yang ditandai dengan Presiden Suharto mengundurkan diri dari jabatan sebagai Presiden pada tanggal...

Pertanyaan

Bangsa Indonesia memasuki Era Reformasi yang ditandai dengan Presiden Suharto mengundurkan diri dari jabatan sebagai Presiden pada tanggal...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Soeharto diberi mandat oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) sebagai Presiden pada 26 Maret 1968 menggantikan Soekarno, dan resmi menjadi presiden pada tahun 1968. Ia dipilih kembali oleh MPR pada tahun 1973, 1978, 1983, 1988, 1993, dan 1998. Pada tahun 1998, masa jabatannya berakhir setelah mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei tahun tersebut, menyusul terjadinya kerusuhan Mei 1998 dan pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa. Ia merupakan orang terlama yang menjabat sebagai presiden Indonesia. Soeharto digantikan oleh B.J. Habibie.undefined

Dengan demikian, Presiden Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ketua MPR pada awal reformasi dijabat oleh ….

Pembahasan Soal:

Sebagai salah satu tokoh utama yang memimpin berjalannya proses Reformasi, pasca tumbangnya Orde Baru, Amien Rais menduduki posisi Ketua MPR. Amien sendiri merupakan tokoh kelompok Islam yang seringkali mengkritisi Orde Baru dan memimpin demonstrasi yang menuntut pengunduran diri Soeharto. Pada masa Reformasi, Amien melaju menjadi salah satu tokoh sentral dalam perpolitikan Indonesia. Dalam kapasitasnya sebagai ketua MPR, Amien Rais merupakan orang yang memberhentikan Presiden Abdurrahman Wahid sesuai dengan keputusan Sidang Istimewa MPR.


Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah C

Roboguru

Masyarakat Indonesia mendambakan pelaksanaan reformasi secara total dengan tujuan ...

Pembahasan Soal:

Masa reformasi terhitung sejak pengunduran diri Soeharto pada tanggal 21 Mei 1998 dan masih berlangsung hingga sekarang. Reformasi berarti sebuah perubahan pada suatu sistem yang telah ada dalam masa tertentu dengan tujuan untuk memperbaiki segala bidang. Reformasi mengubah banyak hal dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Pada masa ini, masyarakat Indonesia mendambakan pelaksanaan reformasi secara total dengan tujuan agar kemakmuran rakyat di segala bidang dapat terpenuhi. Hal ini disebabkan karena pada masa Orde Baru terjadi kemakmuran yang tidak seimbang sehingga muncul berbagai ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Tiga bidang yang menjadi poin penting dari pidato B.J. Habibie guna menjawab tuntutan reformasi adalah....

Pembahasan Soal:

Dalam pidato pertamanya pada tanggal 21 Mei 1998, malam harinya setelah dilantik sebagai Presiden, pukul.19.30 WIB di Istana Merdeka yang disiarkan langsung melalui RRI dan TVRI, B.J. Habibie menyatakan tekadnya untuk melaksanakan reformasi. Pidato tersebut bisa dikatakan merupakan visi kepemimpinan B.J. Habibie guna menjawab tuntutan Reformasi secara cepat dan tepat. Beberapa point penting dari pidatonya tersebut adalah kabinetnya akan menyiapkan proses reformasi di ketiga bidang yaitu. 

  1. Di bidang politik antara lain dengan memperbarui berbagai perundangundangan dalam rangka lebih meningkatkan kualitas kehidupan berpolitik yang bernuansa pada PEMILU sebagaimana yang diamanatkan oleh Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). 
  2. Di bidang hukum antara lain meninjau kembali Undang-Undang Subversi. 
  3. Di bidang ekonomi dengan mempercepat penyelesaian undangundang yang menghilangkan praktik-praktik monopoli dan persaingan tidak sehat.

Dengan demikian bidang yang menjadi poin penting guna menjawab tuntutan reformasi adalah bidang politik, bidang hukum dan bidang ekonomi. 

Roboguru

Lengser Keprabon adalah langkah Presiden Soeharto dalam menanggapi kondisi yang semakin tidak memungkinkan bertahan untuk berkuasa. Soeharto menggunakan istilah tersebut, untuk ...

Pembahasan Soal:

Pada Kamis, 21 Mei 1998 sekitar pukul 09.00, Soeharto melakukan pidato pengunduran diri, pidato hanya berlangsung selama 10 menit. Tak ada sesi tanya jawab yang dilakukan. Soeharto menandatangni naskah usai BJ Habibie diangkat sumpah oleh Mahkamah Agung. Dia lalu menyalami Habibie. Tanpa ada satu kata pun disampaikan kepada Habibie, Soeharto langsung meninggalkan ruang Credentials. Ditemani putrinya, Tutut Soeharto, kemudian menemui piminan DPR-MPR yang menunggu di Ruang Jepara tanpa tahu apa yang terjadi selama 10 menit lalu itu. Ketika sampai di ruangan itu, Soeharto menyampaikan dia sudah menyatakan pengunduran dirinya sekaligus serah-terima jabatan presiden kepada BJ Habibie. Sesudah menyampaikan itu, Soeharto keluar dari istana menuruni anak tangga di Istana Merdeka. Dia menaiki mobil yang sudah menunggunya dan meluncur ke kediamannya di Jalan Cendana No. 8-10. Inilah akhir perjalanan panjang Soeharto yang resmi lengser keprabon (turun tahta).

Dengan demikan istilah "lengser keprabon" adalah turun tahta.

Roboguru

Sebelum mengundurkan diri, Presiden Soeharto bertemu dengan beberapa tokoh masyarakat dengan tujuan...

Pembahasan Soal:

Pada masa menjelang akhir pemerintahannya, sebagai akibat dari kondisi negara yang makin tidak menentu yang diwarnai dengan krisis ekonomi, perselisihan antar perwira tinggi TNI, serta keadaan masyarakat yang makin kacau, Presiden Soeharto mengundang para tokoh nasional ke Istana Negara. Pertemuan Presiden Soeharto dengan para tokoh tersebut termasuk diantaranya Nurcholis Madjid dan Abdurrahman Wahid adalah bertujuan untuk mendengar pendapat para tokoh mengenai bagaimana seharusnya Presiden Soeharto menjawab tuntutan rakyat untuk reformasi.


Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah E

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved