Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bangsa Barat yang membuka Cina untuk memaksa hubungan perdagangan dengan cara menyelundupkan candu adalah ...

Bangsa Barat yang membuka Cina untuk memaksa hubungan perdagangan dengan cara menyelundupkan candu adalah ...

  1. Amerika Serikat

  2. Spanyol

  3. Prancis

  4. Portugis

  5. Inggris

Iklan

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Komoditi perdagangan bangsa Cina, seperti porselen, teh, dan sutra sangat diminati oleh bangsa Eropa sejak dahulu. Perdagangan antara Cina dan Eropa itu telah terjalin lebih dari seabad lamanya. Oleh karena permintaan yang tinggi, pemerintah Cina di bawah Dinasti Manchu atau Qing membatasi perdagangan hanya dilakukan di satu pelabuhan, yaitu di wilayah Kanton (Guangzhou). Hal ini kemudian menyebabkan defisit perdagangan bagi bangsa-bangsa Eropa. Inggris, yang memiliki kongsi dagang East India Company di India, kemudian menanam opium besar-besaran untuk dijadikan komoditi ekspor dalam bentuk candu. Demi mengatasi defisit perdagangan di Eropa, Inggris melakukan penyelundupan candu ke Cina.Candu sendiri ditetapkan sebagai barang ilegal dan dilarang oleh pemerintah Cina. Peredaran dan penggunaan candu yang semakin meningkat membuat pemerintah Cina gusar dan mengupayakan pengetatan perdagangan asing di Kanton. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Komoditi perdagangan bangsa Cina, seperti porselen, teh, dan sutra sangat diminati oleh bangsa Eropa sejak dahulu. Perdagangan antara Cina dan Eropa itu telah terjalin lebih dari seabad lamanya. Oleh karena permintaan yang tinggi, pemerintah Cina di bawah Dinasti Manchu atau Qing membatasi perdagangan hanya dilakukan di satu pelabuhan, yaitu di wilayah Kanton (Guangzhou). Hal ini kemudian menyebabkan defisit perdagangan bagi bangsa-bangsa Eropa.

Inggris, yang memiliki kongsi dagang East India Company di India, kemudian menanam opium besar-besaran untuk dijadikan komoditi ekspor dalam bentuk candu. Demi mengatasi defisit perdagangan di Eropa, Inggris melakukan penyelundupan candu ke Cina. Candu sendiri ditetapkan sebagai barang ilegal dan dilarang oleh pemerintah Cina. Peredaran dan penggunaan candu yang semakin meningkat membuat pemerintah Cina gusar dan mengupayakan pengetatan perdagangan asing di Kanton.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Latihan Bab

Revolusi Amerika

Revolusi Prancis

Revolusi Tiongkok

Revolusi Rusia

840

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kaum intelektual Cina telah mengenal paham-paham dari Barat, seperti liberalisme, nasionalisme, dan demokrasi. Dari kaum intelektual inilah kemudian muncul cita-cita untuk ...

534

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia