Bagimana cara memasukkan sifat dari hampir suatu organisme ke organisme lain?

Pertanyaan

Cermatilah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 1-3. 


Rekayasa genetik digambarkan sebagai ilmu di mana karakteristik suatu organisme sengaja dimodifikasi dengan manipulasi genetik. Hal tersebut biasanya menggunakan DNA dan transformasi gen tertentu untuk menciptakan variasi yang baru. Febrina ST Siregar dalam jurnal Rekayasa Genetik: Manfaat dan Dampak Negatifnya terhadap Kehidupan Manusia (2018) mengatakan dengan memanipulasi DNA dan memindahkan dari suatu organisme ke organisme lain, memungkinkan untuk memasukan sifat dari hampir semua organisme. Organisme transgenik saat ini diproduksi secara massal, seperti enzim, antibodi, monoklonal, nutrien, hormon, dan produk farmasi, yaitu obat dan vaksin.

Penerapan rekayasa genetik sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia, di antaranya menyediakan kebutuhan pangan masa depan dengan kualitas yang lebih baik. Dijadikan alternatif sumber energi yang dapat diperbarui, misalnya biomass dan biofuel yang dapat menggantikan sumber energi konvensional.

(Sumber: Kompas.com)space 

Bagimana cara memasukkan sifat dari hampir suatu organisme ke organisme lain?space 

  1. Dengan membentuk DNA dan memindahkannya dari suatu organisme ke organisme lain.space 

  2. Dengan membuat DNA baru dan memindahkannya dari suatu organisme ke organisme lain.space 

  3. Dengan memanipulasi DNA dan memindahkannya dari suatu organisme ke organisme lain.space 

  4. Dengan diproduksi massal, seperti enzim, antibodi monoklonal, nutrien, hormon, dan produk farmasi, yaitu obat dan vaksin.space 

  5. Dengan diproduksi masif, seperti enzim, antibodi monoklonal, nutrien, hormon, dan produk farmasi, yaitu obat dan vaksin.space 

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Pembahasan

Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis dengan jelas dalam teks bacaan. Informasi dalam teks dapat ditemukan dengan membaca teliti keseluruhan isi teks.

Cara memasukkan sifat dari hampir suatu organisme ke organisme lain yaitu dengan memanipulasi DNA dan memindahkannya dari suatu organisme ke organisme lain.spaceHal itu sesuai dengan informasi yang tersurat dalam teks yaitu kalimat berikut.

Febrina ST Siregar dalam jurnal Rekayasa Genetik: Manfaat dan Dampak Negatifnya terhadap Kehidupan Manusia (2018) mengatakan dengan memanipulasi DNA dan memindahkan dari suatu organisme ke organisme lain, memungkinkan untuk memasukan sifat dari hampir semua organisme.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

29

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks artikel opini berikut!   Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) telah hadir di tengah masyarakat Indonesia untuk memberikan perlindungan dan bantuan kepada saksi dan kor...

48

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia