Roboguru

Pertanyaan

Bacalah kutipan laporan hasil membaca buku drama berikut ini!

 

    Barangkali persoalan nama tokoh dapat dikatakan sebagai persoalan yang sepele. Artinya, nama tokoh boleh tinggal ambil. Namun, jika suatu karya diorientasikan untuk merefleksikan fakta sosial tertentu, khususnya yang berwarna lokal (local colour), pilihan nama yang pas dan mengacu pada konvensi realitas sosial menjadi penting untuk dipertimbangkan. Dalam konteks semacam itu, tampak beberapa nama dalam naskah "Gandrung" kurang representatif dan kurang kontekstual dengan konvensi masyarakat Banyuwangi. Nama-nama seperti Sanemo, Samod, dan Panjikawuk, tampaknya kurang mendukung konvensi lokalitas Using.

    Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, kehadiran Gandrung (Kumpulan Naskah Drama) perlu diapresiasi secara proporsional. Buku ini relatif mudah dipahami dan sekaligus mudah diimplementasikan dalam bentuk pementasan drama panggung, termasuk dapat diakomodasi untuk memperkaya materi pementasan teater remaja, teater sekolah, atau festival teater. Buku ini diterbitkan dengan tujuan mampu mengisi kekosongan buku naskah drama yang selama ini sangat terbatas, bahkan sering kali sulit ditemukan di toko-toko buku sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk membangun atmosfer perteateran Indonesia.

Sumber: "Gandrung dalam Kemasan Kritik Sosial Bernuansa Parodi", Heru S. P. Saputra, dengan pengubahanundefined 

Bagian tersebut termasuk bagian struktur laporan...undefined 

  1. identitas bukuundefined 

  2. pendahuluanundefined 

  3. paragraf intiundefined 

  4. simpulanundefined 

  5. biografiundefined 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan D.undefined 

Pembahasan

Bagian tersebut termasuk bagian struktur laporan yaitu, simpulan.

Simpulan berisi penilaian buku secara keseluruhan.

Paragraf tersebut pun berisi penilaian penulis terhadap nama tokoh dalam Grandung serta penilaian penulis terhadap kehadiran Grandung. Penilaian tersebut berupa kekurangan maupun kelebihan kumpulan naskah drama Gandrung, berdasarkan kutipan berikut:

Kekurangan:

Dalam konteks semacam itu, tampak beberapa nama dalam naskah "Gandrung" kurang representatif dan kurang kontekstual dengan konvensi masyarakat Banyuwangi. Nama-nama seperti Sanemo, Samod, dan Panjikawuk, tampaknya kurang mendukung konvensi lokalitas Using.

Kelebihan:

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, kehadiran Gandrung (Kumpulan Naskah Drama) perlu diapresiasi secara proporsional. Buku ini relatif mudah dipahami dan sekaligus mudah diimplementasikan dalam bentuk pementasan drama panggung, termasuk dapat diakomodasi untuk memperkaya materi pementasan teater remaja, teater sekolah, atau festival teater.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.undefined 

1

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Cermatilah kata-kata berikut!   Gemuruh Kopiah Bedug Tampak Perduli Kata tidak baku pada kutipan drama tersebut ditandai nomor ....

8

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia