Roboguru
SD

Bagian teks yang merupakan pernyataan umum terletak pada ....

Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 5-7!


    Keselamatan Penerbangan pada Musim Hujan Umumnya penyebab utama keterlambatan pemberangkatan dan kedatangan pesawat dalam operasi penerbangan adalah sistem pengelolaan yang buruk. Penyebab utama lain adalah lalu lintas udara yang padat di bandara yang sibuk sehingga pesawat yang akan mendarat atau tinggal landas harus antre menunggu giliran satu per satu. Dibandingkan dengan kedua penyebab utama itu, hujan dan kondisi cuaca yang buruk merupakan penyebab keterlambatan yang paling jarang.

    Perlu diketahui bahwa berdasarkan penelitian, hujan biasanya bukan merupakan penyebab dari kecelakaan penerbangan, melainkan merupakan kaitan penyebab. Hujan "hanya" menimbulkan ketidaknyamanan selama dan sebelum penerbangan, seperti kondisi cuaca bergolak yang mengakibatkan guncangan atau keterlambatan keberangkatan dan kedatangan yang menjengkelkan.

    Sekalipun demikian, hujan memang mempunyai dampak terhadap operasi penerbangan, terutama dalam kaitannya dengan keselamatan penerbangan. Beberapa hal yang diperhitungkan dalam keselamatan penerbangan di kala hujan adalah jarak pandang penerbangan (visibility), perubahan mendadak arah dan kecepatan angin (windshear), petir, awan yang butir-butir airnya telah menjadi es. Hujan, badai, dan medan halilintar pada rute penerbangan sering mengakibatkan penerbang terpaksa membelokkan pesawat untuk menghindarinya.

    Hal-hal tersebut di atas tentu saja membuat penumpang tidak nyaman. Akan tetapi, apa boleh buat? Kondisi cuaca adalah salah satu cara Tuhan menunjukkan kehadiran-Nya.space 

(Disarikan dari Tempo, 2-8 Februari 2004)

Bagian teks yang merupakan pernyataan umum terletak pada ....space 

  1. kalimat pertama paragraf pertamaspace 

  2. kalimat pertama paragraf keduaspace 

  3. kalimat pertama paragraf ketigaspace 

  4. kalimat terakhir paragraf terakhirspace 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah sebuah tulisan yang berisi penjelasan lengkap tentang suatu topik yang berhubungan dengan fenomena-fenomana alam maupun sosial yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Teks eksplanasi bertujuan menyampaikan informasi dengan jelas agar pembaca mengerti tentang suatu fenomena baik alam maupun sosial yang terjadi. Informasi yang disampaikan dalam teks eksplanasi merupakan fakta. Fenomena yang dibahas pun bersifat keilmuan atau ilmiah.

Teks eksplanasi disusun dengan struktur yang terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan penutup. 

  1. Identifikasi fenomena. bagian ini berisi pernyataan umum (informasi singkat atau gambaran umum tentang suatu topik yang dibicarakan).
  2. Rangkaian kejadian. Perincian atas kejadian yang relevan dengan identifikasi fenomena.
  3. Ulasan. Berisi komentar atau penilaian tentang konsekuensi atau kejadian yang dipaparkan sebelumnya.

Berdasarkan penjelasan di atas, bagian teks yang merupakan pernyataan umum adalah kalimat pertama paragraf pertamaKeselamatan penerbangan pada musim hujan umumnya penyebab utama keterlambatan pemberangkatan dan kedatangan pesawat dalam operasi penerbangan adalah sistem pengelolaan yang buruk. Kalimat ini merupakan informasi singkat dan gambaran umum tentang peristiwa yang akan dibahas, yaitu keterlambatan pemberangkatan dan kedatangan pesawat. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

214

4.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Bagaimana proses terjadinya fatamorgana?

414

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia