Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tsunami

  1. Kata tsunami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti ombak besar. Akan tetapi, definisi yang disepakati banyak orang, tsunami merupakan bencana alam yang disebabkan oleh naiknya gelombang laut ke daratan dengan kecepatan yang tinggi akibat adanya gempa yang berpusat di bawah lautan. Gempa tersebut bisa saja diakibatkan oleh tanah yang longsor, lempeng yang bergeser, gunung berapi yang mengalami erupsi, serta meteor yang jatuh di lautan. Tsunami ini biasanya terjadi apabila besarnya gempa melebihi 7 skala richter. Tsunami ini cukup berbahaya, utamanya bagi mereka yang bermukim di sekitar pantai. Dengan kekuatan besar, ia akan menyapu apa saja yang dilewatinya.
  2. Jika berbicara mengenai proses terjadinya tsunami, kita tentu harus memulai dari penyebabnya, yakni gempa di wilayah lautan. Tsunami selalu diawali suatu pergerakan dahsyat yang lazim kita sebut gempa. Meskipun diketahui bahwa gempa ini ada beragam jenis, 90% tsunami disebabkan oleh pergerakan lempeng di dalam perut bumi yang letaknya kebetulan ada di dalam wilayah lautan. Akan tetapi, sejarah pernah merekam tsunami yang dahsyat akibat meletusnya Gunung Krakatau.
  3. Gempa yang terjadi di dalam perut bumi akan mengakibatkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat. Peristiwa tersebut akan memicu ketidakseimbangan pada air lautan yang kemudian terdorong menjadi gelombang besar yang bergerak mencapai wilayah daratan.
  4. Dengan tenaga yang besar yang ada pada gelombang air tersebut, wajar saja jika bangunan di daratan bisa tersapu dengan mudahnya. Gelombang tsunami ini merambat dengan kecepatan yang tidak terbayangkan. Gelombang ini bisa mencapai 500 sampai 1.000 kilometer per jam di lautan. Saat mencapai bibir pantai, kecepatannya berkurang menjadi 50 sampai 30 kilometer per jam. Meski berkurang pesat, kecepatan tersebut sudah bisa menyebabkan kerusakan yang parah bagi manusia.
  5. Jika kita mencermati proses terjadinya tsunami, tentu kita paham bahwa tidak ada campur tangan manusia di dalamnya. Dengan demikian, kita tidak memiliki kendali untuk mencegah penyebab tersebut. Namun, dengan persiapan dan kewaspadaan yang maksimal, kita bisa meminimalisasi dampak bencana tsunami ini sendiri. Contoh yang baik sudah diperlihatkan Jepang. Meski rawan tsunami, kesadaran rakyat Jepang mampu menekan jumlah korban akibat bencana tersebut.

Disadur dari: http://belajarilmugeografi.blogspot.co.id/pengertiann-proses-terjadinya-tsunami.html, diunduh 21 November 2016space 

Bagian penjelas proses tsunami ditunjukkan oleh paragraf ... .

Bagian penjelas proses tsunami ditunjukkan oleh paragraf ... .space 

  1. 1), 2), 3)space 

  2. 1), 3), 4)space 

  3. 2), 3), 4)space 

  4. 2), 3), 5)space 

  5. 2), 4), 5)space 

Iklan

M. Vitalianty

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan mengenai proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya dapat terjadi. Struktur teks eksplanasi Pernyataan umum, yaitu bagian yang berisi gambaran umum peristiwa yang akan dibahas. Urutan sebab akibat, yaitu bagian yang menjelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Interpretasi, yaitu kesimpulan yang dapat berisi tanggapan mengenai peristiwa. Analisis soal: Paragraf 1 pada teks tersebut merupakan bagian pernyataan umum karena berisi mengenai gambaran umum tentang bencana tsunami. Hal tersebut berdasarkan pada kutipan " Kata tsunami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti ombak besar. " Paragraf 2-4 teks tersebut merupakan bagian proses/deretan penjelas mengenai tsunami. Hal tersebut dibuktikan dengan kutipan " Tsunami selalu diawali suatu pergerakan dahsyat yang lazim kita sebut gempa. ";" Gempa yang terjadi di dalam perut bumi akan mengakibatkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat. "; dan " Gelombang ini bisa mencapai 500 sampai 1.000 kilometer per jam di lautan. " Simpulan terdapat pada paragraf 5. Hal tersebut berdasarkan kutipan " Contoh yang baik sudah diperlihatkan Jepang. Meski rawan tsunami, kesadaran rakyat Jepang mampu menekan jumlah korban akibat bencana tersebut. " Berdasarkan analisis di atas, bagian penjelas proses tsunami ditunjukkan oleh paragraf2), 3), 4). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan mengenai proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya dapat terjadi.

Struktur teks eksplanasi 

  • Pernyataan umum, yaitu bagian yang berisi gambaran umum peristiwa yang akan dibahas.
  • Urutan sebab akibat, yaitu bagian yang menjelaskan tentang penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut.
  • Interpretasi, yaitu kesimpulan yang dapat berisi tanggapan mengenai peristiwa.

Analisis soal:

Paragraf 1 pada teks tersebut merupakan bagian pernyataan umum karena berisi mengenai gambaran umum tentang bencana tsunami. Hal tersebut berdasarkan pada kutipan "Kata tsunami sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti ombak besar." Paragraf 2-4 teks tersebut merupakan bagian proses/deretan penjelas mengenai tsunami. Hal tersebut dibuktikan dengan kutipan "Tsunami selalu diawali suatu pergerakan dahsyat yang lazim kita sebut gempa.";"Gempa yang terjadi di dalam perut bumi akan mengakibatkan munculnya tekanan ke arah vertikal sehingga dasar lautan akan naik dan turun dalam rentang waktu yang singkat."; dan "Gelombang ini bisa mencapai 500 sampai 1.000 kilometer per jam di lautan." Simpulan terdapat pada paragraf 5. Hal tersebut berdasarkan kutipan "Contoh yang baik sudah diperlihatkan Jepang. Meski rawan tsunami, kesadaran rakyat Jepang mampu menekan jumlah korban akibat bencana tersebut."

Berdasarkan analisis di atas, bagian penjelas proses tsunami ditunjukkan oleh paragraf 2), 3), 4).


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika dilihat dari struktur teks eksplanasi, teks tersebut adalah bagian dari …

18

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia