Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan Iebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya. Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang orang pertama yang tepat adalah ...

Bagi Dasuki, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dirasakan Iebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika Dasuki menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.


Pengubahan kutipan cerita tersebut menjadi sudut pandang orang pertama yang tepat adalah ...

  1. Bagi kami, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan Iebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilannya.

  2. Bagi dia, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah dia rasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, dia bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangnya. Dulu ketika dia menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang dia sangat bersyukur dengan penghasilannya.

  3. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kurasakan lebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, aku bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anakku semata wayang. Dulu, ketika aku menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang aku sangat bersyukur dengan penghasilanku.

  4. Bagiku, menjadi penjual kue apem dengan penghasilan 40 ribu sehari sudah kami rasakan Iebih dari cukup. Dengan penghasilan itu, kami bisa makan dan menabung buat biaya sekolah Putri, anak semata wayangku. Dulu, ketika kami menjadi penarik becak, untuk mengumpulkan 30 ribu sehari saja sangat sulit karena sekarang banyak ojek online di kota ini. Sekarang kami sangat bersyukur dengan penghasilan kami.

Iklan

I. Yassa

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teks tersebut menceritakan tentang seseorang bernama Dasuki. Jika menggunakan sudut pandang orang pertama, kata ganti yang digunakan adalah aku atau saya . Jawaban A kurang tepat karena menggunakan kami dan menyebut Putri anak semata wayangnya , seharusnya anakku semata wayang. Jawaban B kurang tepat karena menggunakan kata ganti orang ketiga. Jawaban D kurang tepat karena menggunakan kata ganti kami pada kalimat pertama.

Teks tersebut menceritakan tentang seseorang bernama Dasuki. Jika menggunakan sudut pandang orang pertama, kata ganti yang digunakan adalah aku atau saya.

Jawaban A kurang tepat karena menggunakan kami dan menyebut Putri anak semata wayangnya, seharusnya anakku semata wayang.

Jawaban B kurang tepat karena menggunakan kata ganti orang ketiga.

Jawaban D kurang tepat karena menggunakan kata ganti kami pada kalimat pertama.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

20

Iis Naini Pahing

Bantu banget

Kamila NZ

Pembahasan lengkap banget

Ngurah Maylin

Pembahasan lengkap banget

Ananda Mei

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan cerita inspirasi berjudul “Viktoria Modesta, Pop Star Berkaki Satu” berikut! Tumbuh dengan kekurangan bukan berarti selalu jadi penghalang. Dengan latihan keras dan keyakinan kua...

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia