Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimankah dampak pemberlakuan politik Etis bagi bangsa Indonesia ...

Bagaimankah dampak pemberlakuan politik Etis bagi bangsa Indonesia ...

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dampak pemberlakuan Politik Etis bagi bangsa Indonesia terdapat dampak negatif yang terlihat pada program irigasi dan emigrasi, sedangkan dampak positif yang ditimbulkan ialah salah satunya dalam program edukasi yaitu kemunculan para kaum terpelajar.

dampak pemberlakuan Politik Etis bagi bangsa Indonesia terdapat dampak negatif yang terlihat pada program irigasi dan emigrasi, sedangkan dampak positif yang ditimbulkan ialah salah satunya dalam program edukasi yaitu kemunculan para kaum terpelajar. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Politik etis atau dikenal politik balas budi merupakan suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial Belanda memegang hutang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan rakyat Indonesia. Kebijakan politik etis resmi diterapkan pada tahun 1901.Ada tiga program utama yang dibuat dalam kebijakan tersebut, yakni irigasi, pendidikan, dan emigrasi (transmigrasi). Disebut dengan Trias van Deventer sesuai dengan nama penggagas pemikiran ini yaitu van Deventer yang merupakan keturunan Belanda.Dampak yang dirasakan oleh bangsa Indonesia terdapat dampak negatif dan dampak positif, hal ini berkiatan dengan pelaksanaan kebijakan ini. Dimana dalam program irigasi, penyaluran air hanya diperuntukan untuk bangsa Belanda, sedangkan pribumi tetap sulit dan berdampak pada pertanian, kemudian dalam program emigrasi ternyata hanya untuk pemenuhan tenaga kerja di perkebunan di daerah-daerah. Namun hal yang nampak dan dirasakan oleh bangsa Indonesia ialah dalam program pendidikan, yaitu dengan adanya pendidikan memunculkan kaum terpelajar dari pibumi dan merekalah yang berperan dalam pergerakan nasional Indonesia, berjuang dengan organisasi modern guna kemerdekaan Indonesia. Meskipun dalam pelaksanaanya masih belum sempurna karena pengembangan pendidikanseperi sekolah-sekolah yang belum merata namun hal inilah yang paling nampak. Dengan demikian dampak pemberlakuan Politik Etis bagi bangsa Indonesia terdapat dampak negatif yang terlihat pada program irigasi dan emigrasi, sedangkan dampak positif yang ditimbulkan ialah salah satunya dalam program edukasi yaitu kemunculan para kaum terpelajar.

Politik etis atau dikenal politik balas budi merupakan suatu pemikiran yang menyatakan bahwa pemerintah kolonial Belanda memegang hutang tanggung jawab moral bagi kesejahteraan rakyat Indonesia. Kebijakan politik etis resmi diterapkan pada tahun 1901. Ada tiga program utama yang dibuat dalam kebijakan tersebut, yakni irigasi, pendidikan, dan emigrasi (transmigrasi). Disebut dengan Trias van Deventer sesuai dengan nama penggagas pemikiran ini yaitu van Deventer yang merupakan keturunan Belanda. Dampak yang dirasakan oleh bangsa Indonesia terdapat dampak negatif dan dampak positif, hal ini berkiatan dengan pelaksanaan kebijakan ini. Dimana dalam program irigasi, penyaluran air hanya diperuntukan untuk bangsa Belanda, sedangkan pribumi tetap sulit dan berdampak pada pertanian, kemudian dalam program emigrasi ternyata hanya untuk pemenuhan tenaga kerja di perkebunan di daerah-daerah. Namun hal yang nampak dan dirasakan oleh bangsa Indonesia ialah dalam program pendidikan, yaitu dengan adanya pendidikan memunculkan kaum terpelajar dari pibumi dan merekalah yang berperan dalam pergerakan nasional Indonesia, berjuang dengan organisasi modern guna kemerdekaan Indonesia. Meskipun dalam pelaksanaanya masih belum sempurna karena pengembangan pendidikan seperi sekolah-sekolah yang belum merata namun hal inilah yang paling nampak.  

Dengan demikian dampak pemberlakuan Politik Etis bagi bangsa Indonesia terdapat dampak negatif yang terlihat pada program irigasi dan emigrasi, sedangkan dampak positif yang ditimbulkan ialah salah satunya dalam program edukasi yaitu kemunculan para kaum terpelajar. 

Latihan Bab

Dampak Penjajahan Bangsa Eropa pada Bidang Politik, Sosial, dan Ekonomi

Dampak Penjajahan Bangsa Eropa pada Bidang Budaya dan Pendidikan

Konsep Kilat

707

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada abad XX pemerintah kolonial menerapkan kebijakan Politik Etis di Indonesia, salah satunya dalam bidang pendidikan. Deskripsikan dampak pelaksanaan politik etis dalam bidang pendidikan!

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia