Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimanakah sifat pertumbuhan dan perkembangan yangterjadi pada gambar a dan b? Jelaskan!

Bagaimanakah sifat pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada gambar a dan b? Jelaskan!

Iklan

I. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

JIka dilihat berdasarkan gambar pada soal, maka : Gambar a merupakan gambar mengenai proses pertumbuhan pada tanaman. Pertumbuhanadalah sebuah proses pertambahan volume tanaman. Proses pertumbuhan diawali dengan perkecambahan yang merupakan masa akhir dari dormansi biji.Terdapat dua tipe pertumbuhan pada tanaman yaitu pertumbuhan primer dan sekunder. Pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan memanjang pada akar dan batang yang disebabkan oleh pembelahan sel-sel meristem apikal pada area ujung akar dan batang tanaman. Sedangkan pertumbuhan sekunder merupakan pelebaran diameterakar dan batang akibat adanya aktivitas kambium. Beberapa sifat yang dapat dilihat pada pertumbuhan tanaman adalah irreversible (tidak dapat balik), kuantitatif (dapat diukur misalnya pengukuran pertambahan tinggi batang tanaman). Gambar b merupakan gambar mengenai proses perkembangan pada tanaman. Perkembangan adalah terspesialisasinya sel-sel menjadi struktur dan fungsi tertentu. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran seperti yang dapat dilakukan pada saat mengukur pertumbuhan tanaman, namundapat dinyatakan dengan perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan. Beberapa sifat yang dapat dilihat pada perkembangan tanaman adalah reversible (dapat balik, misalnya proses pembungaan yang terjadi berulang kali), kualititatif ( tidak dapat diukur).

JIka dilihat berdasarkan gambar pada soal, maka :

  1. Gambar a merupakan gambar mengenai proses pertumbuhan pada tanaman. Pertumbuhan adalah sebuah proses pertambahan volume tanaman. Proses pertumbuhan diawali dengan perkecambahan yang merupakan masa akhir dari dormansi biji. Terdapat dua tipe pertumbuhan pada tanaman yaitu pertumbuhan primer dan sekunder. Pertumbuhan primer merupakan pertumbuhan memanjang pada akar dan batang yang disebabkan oleh pembelahan sel-sel meristem apikal pada area ujung akar dan batang tanaman. Sedangkan pertumbuhan sekunder merupakan pelebaran diameter akar dan batang akibat adanya aktivitas kambium. Beberapa sifat yang dapat dilihat pada pertumbuhan tanaman adalah irreversible (tidak dapat balik), kuantitatif (dapat diukur misalnya pengukuran pertambahan tinggi batang tanaman).
  2. Gambar b merupakan gambar mengenai proses perkembangan pada tanaman. Perkembangan adalah terspesialisasinya sel-sel menjadi struktur dan fungsi tertentu. Perkembangan tidak dapat dinyatakan dengan ukuran seperti yang dapat dilakukan pada saat mengukur pertumbuhan tanaman, namun dapat dinyatakan dengan perubahan bentuk dan tingkat kedewasaan. Beberapa sifat yang dapat dilihat pada perkembangan tanaman adalah reversible (dapat balik, misalnya proses pembungaan yang terjadi berulang kali), kualititatif ( tidak dapat diukur).

6rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut merupakan ciri pertumbuhan,kecuali....

5rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia