Iklan

Iklan

Pertanyaan

Siswa A berpendapat bahwa pembentukan lingkaran tahun merupakan contoh pertumbuhan karena hal tersebut dapat menyebabkan pertambahan diameter batang. Sedangkan siswa B berpendapat bahwa pembentukan lingkaran tahun merupakan contoh perkembangan karenabersifat reversible . Berdasarkan kasus tersebut, maka pendapat yang tepat adalah ….

Siswa A berpendapat bahwa pembentukan lingkaran tahun merupakan contoh pertumbuhan karena hal tersebut dapat menyebabkan pertambahan diameter batang. Sedangkan siswa B berpendapat bahwa pembentukan lingkaran tahun merupakan contoh perkembangan karena bersifat reversible. Berdasarkan kasus tersebut, maka pendapat yang tepat adalah ….

  1. siswa A, karena pertumbuhan dapat menyebabkan perubahan yang dapat diukur

  2. siswa B, karena perubahan diameter batang bersifat kualitatif

  3. siswa A, karena pertambahan diameter batang bersifat kualitatif

  4. siswa B, karena pertambahan diameter batang bersifat reversible

  5. siswa A dan B benar karena pertambahan diameter batang termasuk dalam pertumbuhan dan perkembangan

Iklan

A. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembentukan lingkaran tahun merupakan contoh pertumbuhan. Pertumbuhan dapat didefinisikan sebagai proses penambahan ukuran, yang dapat berupa tinggi, berat, lebar, panjang, luas, volume, dan juga jumlah sel. Pertumbuhan bersifat kuantitatif atau dapat dinyatakan dengan angka. Selain itu pertumbuhan juga bersifat irreversible artinya tidak akan membuat tanaman kembali ke ukuran yang lebih kecil atau menyusut. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Pembentukan lingkaran tahun merupakan contoh pertumbuhan. Pertumbuhan dapat didefinisikan sebagai proses penambahan ukuran, yang dapat berupa tinggi, berat, lebar, panjang, luas, volume, dan juga jumlah sel. Pertumbuhan bersifat kuantitatif atau dapat dinyatakan dengan angka. Selain itu pertumbuhan juga bersifat irreversible artinya tidak akan membuat tanaman kembali ke ukuran yang lebih kecil atau menyusut. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A. 
 

237

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tanaman yang sama umumnya dapat menghasilkan bunga selama beberapa kali sepanjang hidupnya. Hal ini merupakan bukti bahwa … bersifat ….

134

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia