Roboguru

Bagaimana teori terbentuknya planet Bumi?

Pertanyaan

Bagaimana teori terbentuknya planet Bumi?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Terdapat lima teori populer mengenai proses pembentukan bumi, yaitu:

  1. Teori nebula, Menyebutkan bahwa di alam semesta terdapat kabut gas yang berputar. Kabut gas berputar cepat dan mempunyai suhu yang tinggi. Proses perputaran ini mengakibatkan materi kabut terlempar dan berpisah ke sekelilingnya , kemudian memadat karena pendinginan. Bagian padat dan dingin inilah yang kemudian menjadi planet, termasuk didalamnya bumi.
  2. Teori planetesimal, kondisi ini diawali dengan matahari yang telah ada sebagai salah satu bintang. Pada suatu ketika, ada sebuah bintang melintasi ruang angkasa dengan cepat dan berada  dekat sekali dengan matahari. Daya tarik bintang ini sangat besar sehingga menyebabkan massa gas terlempar dari Matahari dan mulai mengorbit. Materi dari matahari yang terlempar dan mengorbit tersebut yang kemudian menjadi bumi.
  3. Teori pasang surut gas, berpendapat ada sebuah bintang besar mendekati Matahari dalam jarak pendek sehingga menyebabkan terjadinya pasang surut pada tubuh matahari. Gaya tarik yang terjadi mengakibatkan suatu tarikan dan membentuk suatu arah sinar panjang yang membawa beberapa partikel matahari ke luar. Partikel ini membentuk gumpalan-­gumpalan yang akhirnya membeku dan menjadi jajaran planet, termasuk bumi didalamnya.
  4. Teori bintang kembar, teori ini berpendapat bahwa pada awalnya terdapat dua bintang yang saling mengelilingi. Salah satunya mengalami ledakan dan menghasilkan partikel-partikel yang tertangkap oleh bintang  yang tidak meledak. Partikel-partikel ledakan mengalami pendinginan hingga menjadi planet dan satelit yang mengitari matahari.
  5. Teori protoplanet, menjelaskan bahwa pada awalnya, planet merupakan gumpulan gas dan awan debu di sekitar matahari yang membentuk gumpalan. Debu tertarik ke pusat kabut gas dengan gerakan berputar hingga membentuk sebuah bola dan  berubah menjadi cakram. Putaran cakram yang sangat cepat mengakibatkan adanya bagian cakram yang terlempar berupa gumpalan. Semakin lama, gumpalan kabut gas tersebut  akan mengalami pemadatan menjadi planet, termasuk bumi.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan terbentuknya planet Bumi berdasarkan teori Nebula!

Pembahasan Soal:

Teori Nebula menyatakan bahwa tata surya berasal dari gumpalan kabut raksasa yang berputar secara perlahan. Kabut tersebut terdiri dari gas, debu, dan es yang disebut sebagai nebula. Bagian tengah kabut tersebut memepat dan memiliki massa yang besar, sehingga membentuk Matahari. Sementara itu, gas di bagian tepi kabut mengalami pendinginan dan membentuk planet-planet di tata surya, termasuk planet Bumi. 

0

Roboguru

Ciri khas teori Nebula dalam pembentukan Tatasurya adalah ....

Pembahasan Soal:

Teori pembentukan tata surya yang terkenal ada lima sebagai berikut :

  • Teori nebula menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya kabut panas, yang kemudian berputar dan berpilin menjadi dingin setelah itu membeku dan membentuk planet-planet seperti saat ini.
  • Teori awan debu menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya gas dan debu, lalu berubah bentuk menjadi planet-planet, pada teori ini juga pembentukan yang terjadi disebut cakram ditengahnya memiliki inti yang kuat yang akan menjadi pusatnya.
  • Teori planetesimal menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya tarik menarik antara massa planet, kemudian dari tarik menarik itu menghasilkan zat-zat yang terseret keluar sebagian ada yang masuk kedalam massa yang kuat, sedangkan yang lain tetap mengambang diangkasa dan menjadi planet-planet yang ada sekarang.
  • Teori pasang surut menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya Tarik menarik antara massa planet, perbedaannya yang ditarik pada teori ini adalah gelombang pasang yang berupa gas panas matahari.
  • Teori bintang kembar menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya dua bintang kembar yang sama besar, kemudian tiba-tiba ada bintang yang lebih besar melewati dua bintang kembar tersebut, hingga akhirnya salah satu bintang kembar terpecah, bagian dari pecahan tersebut yang akhirnya membentuk planet-planet.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah teori Nebula terjadi penurunan suhu, kabut yang dingin kemudian berputar dan berpilin sampai saatnya tiba membeku menjadi planet.

0

Roboguru

Urutan proses pembentukan bumi yang benar adalah ....

Pembahasan Soal:

Fase-fase pembentukan bumi terdiri dari delapan fase, yaitu sebagai berikut.

  1. Fase awal mula jadi alam semesta, yaitu big bang.
  2. Fase pembentukkan bintang-bintang, pada fase ini matahari dan tata surya belum tercipta.
  3. Fase supernova, yaitu ledakan dari suatu bintang di galaksi dan memancarkan energi yang sangat besar.
  4. Fase pendinginan nebula, pada fase ini gravitasi antarnebula mulai aktif.
  5. Fase pembentukan matahari dan cincin planet, sebagian debu dan gas di bagian dalam nebula mulai berkumpul dan bergabung secara perlahan-lahan.
  6. Fase akresi, merupakan masa penambahan bahan-bahan dari luar bumi, yaitu dari meteor yang jatuh menghujani bumi.
  7. Fase pembentukan bumi atau tahap kompresi, pada fase ini terjadi pembentukan inti bumi dan lapisan-lapisan bumi.
  8. Fase pembentukan atmosfer, samudra, dan makhluk hidup.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Terbentuknya tatasurya menurut teori Kabut Nebula oleh Immanuel Kant adalah ...

Pembahasan Soal:

Terbentuknya tata surya menurut teori nebula yang dikemukakan oleh Immanuel Kant terdiri dari tahapan-tahapan yakni:

  • Adanya bola kabut yang berputar secara cepat
  • Berpilin kearah dalam dan memadat dibagian tengah
  • Bersuhu panas
  • Membentuk cakram yang bagian intinya kemudian membentu matahari dan bagian luar cakram membentuk planet-planet.

Dalam soal pilihan jawaban yang tersedia pilihan E. adanya kabut bola bersuhu tinggi sesuai dengan ciri dan tahapan dalam teori kabut nebula. Pilihan A, B dan C merupakan teori bintang kembar dan planetesimal, sedangkan pilihan D. adanya kabut bola bersuhu rendah merupakan teori awan debu (proto planet).

0

Roboguru

Terbentuknya Tatasurya menurut teori Kabut Nebula oleh Immanuel Kant adalah ...

Pembahasan Soal:

Teori Nebula Immanuel Kant (1724-1804) menyebutkan bahwa ada mulanya terdapat massa kabut gas panas yang luas dan tipis. Kabut gas tersebut berputar lambat secara sentripetal (berputar ke arah dalam). Lama-kelamaan massa jenis kabut gas tersebut menjadi semakin tinggi sehingga terbentuk inti masaa di beberapa tempat. Inti massa yang di tengah memiliki suhu yang tinggi dan berpijar membentuk matahari. Sedangkan inti massa di tepinya mengalami pendinginan dan menjadi planet. Jawaban yang tepat untuk pembentukan tata surya menurut Teori Nebula Immanuel Kant adalah adanya kabut bola bersuhu tinggi.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved