Roboguru
SD

Bagaimana teori Darwin dan Lamarck menjelaskan fenomena jerapah leher panjang?

Pertanyaan

Bagaimana teori Darwin dan Lamarck menjelaskan fenomena jerapah leher panjang?

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Menurut Darwin, evolusi berlangsung karena adanya seleksi alam. Hanya individu-indivu yang memiliki sifat-sifat yang cocok dengan lingkungannya yang mampu bertahan hidup dan berkembang biak. Individu-individu yang tidak mampu beradaptasi akan mati sebelum berkembangbiak. Kemampuan untuk bertahan hidup dan berkembang biak dapat diwariskan dari induk kepada keturunannya.

Contoh : Darwin berpendapat panjangnya leher jerapah merupakan salah satu contoh seleksi alam. Pada mulanya, jerapah memiliki panjang leher yang bervariasi. Jerapah berleher panjang mampu menjangkau daun-daun yang ada di pucuk pohon untuk makanannya, akibatnya jerapah berleher panjang mampu bertahan hidup dan bisa melakukan perkawinan. Sementara jerapah berleher pendek akan kekurangan pangan karena tidak mampu menjangkau daun-daun yang tinggi akibatnya atau terseleksi oleh alam.

Sementara itu, menurut Lamarck, evolusi terjadi saat suatu organisme menggunakan suatu organ tubuh secara terus menerus sehingga organ tubuh tersebut mengalami perubahan (hukum "use and disuse" atau "yang digunakan dan yang tidak digunakan"). Bagian tubuh yang digunakan secara intensif untuk menghadapi suatu lingkungan tertentu akan menjadi lebih besar dan kuat. Sementara bagian tubuh yang jarang digunakan akan mengalami kemunduran. Perubahan sifat atau ciri-ciri yang diperoleh dari lingkungan tersebut dapat diwariskan kepada keturunannya.

Contoh : Lamarck menduga bahwa leher jerapah yang panjang merupakan akibat peregangan selama bertahun-tahun. Jerapah menarik lehernya untuk mencapai daun-daun pada pucuk pohon sehingga leher itu tumbuh memanjang. Perubahan bentuk tubuh itu selanjutnya diwariskan kepada keturunannya.

6rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Bagaimana proses evolusi jerapah menurut Lamarck? Bagaimana teori Darwin jika dimodelkan dengan jerapah seperti Lamarck?

8rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia