Roboguru

Bagaimana respon bangsa Indonesia dalam bidang politik terhadap imperialisme dan kolonialisme...

Pertanyaan

Bagaimana respon bangsa Indonesia dalam bidang politik terhadap imperialisme dan kolonialisme...

Pembahasan Soal:

Imperialism adalah suatu sistem politik yang tujuannya untuk menjajah bangsa atau negara lain demi memperoleh kekuasaan dan keuntungan secara sepihak yang jauh lebih besar. Sedangkan kolonialisme adalah tindakan penguasaan atas suatu wilayah dan penduduk suatu bangsa dengan tujuan menguasai negeri jajahan yang bersifat militer dan ekonomi. Bangsa Indonesia menolak secara tegas segala bentuk penindasan termasuk imperialisme dan kolonialisme yang dapat merugikan rakyat. 
Sebagai bentuk penolakan mulai muncul akar-akar demokrasi diberbagai daerah dan munculah kesadaran di kalangan elitecendikiawan bahwa rakyat bumiputra harus bersatu untuk melawan penjajahan dan memperoleh kemajuan melalui kemerdekaan. Mereka mendirikan organisasi-organisasi pergerakan yang memiliki tujuan utama untuk memajukan kehidupan bangsa. Organisasi tersebut diantaranya Sarekat Islam, bidang ekonomi (1905); Budi Utomo, bidang pendidikan (1907); Indische Partij, bidang politik (1912); dll.

Dengan demikian, respon bangsa Indonesia dalam bidang politik terhadap imperialisme dan kolonialisme adalah menolak dengan tegas yang dibuktikan dengan bersatunya para pemuda berpendidikan dari berbagai latar belakang organisasi mulai dari ekonomi, pendidikan, politik, dll.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 06 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved