Roboguru

Bagaimana perjuangan rakyat Indonesia setelah diikrarkan Sumpah Pemuda?

Pertanyaan

Bagaimana perjuangan rakyat Indonesia setelah diikrarkan Sumpah Pemuda?

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda adalah ikrar atau sumpah yang diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 pada Kongres Pemuda II oleh para pemuda dan pemudi di seluruh Indonesia yang berfungsi sebagai penumbuh persatuan dan kesatuan Indonesia dari suku, agama dan ras berbeda menjadi satu kesatuan. Setelah ikrar sumpah pemuda lebih bersifat nasionalis dann tidak hanya menggunakan fisik tapi juga menggunakan cara diplomatis, berjuang memerdekakan indonesia lewat harta, jiwa dan raga, perjuangan yang sblmnya bersifat kedaerahan menjadi bersifat nasional, semakin kompak para pemuda bangsa untuk merdeka, tidak tergantung pada pemimpin (raja/sultan).

Dengan demikian, setelah ikrar sumpah pemuda perjuangan bangsa indonesia bukan lagi berdasarkan pada suku/golongan/kedaerahan dan semua berikrar pada satu tujuan indonesia merdeka.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan salah satu bunyi ikrar Sumpah Pemuda berikut! Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Tindakan yang akan dilakukan pemuda masa kini setelah mampu mem...

Pembahasan Soal:

Makna Sumpah Pemuda pada setiap alinea memiliki perbedaan. Pada alinea pertama terkandung kalimat "Bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia". Makna Sumpah Pemuda pada alinea pertama ini menggambarkan bahwa para pemuda dan pemudi Indonesia bersungguh-sungguh untuk memperjuangkan kemerdekaan hingga titik darah penghabisan. Di alinea atau butir kedua terdapat kalimat "Berbangsa yang satu, bangsa Indonesia". Nah makna Sumpah Pemuda alinea kedua ini menggambarkan walaupun kita berasal dari suku yang berbeda-beda, namun pemuda pemudi hanya mengakui satu bangsa yaitu Indonesia. Alinea ini menegaskan adanya rasa persatuan dan toleransi yang kokoh. Dalam alinea atau butir ketiga terkandung kalimat "Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia". Kalimat ini menegaskan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang menjadi identitas bangsa dan harus dijunjung tinggi.undefined

Dengan demikian, tindakan yang akan dilakukan pemuda masa kini setelah mampu memaknai ikrar Sumpah Pemuda alinea kedua adalah menjunjung tinggi dan mengakui bahwa kita satu bangsa dengan cara melestarikan kebudayaan.undefined

Roboguru

Tujuan Sumpah Pemuda tahun 1928 adalah...

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda merupakan tonggak utama perjuangan bangsa khususnya para pemuda dalam membangkitkan semangat di masa Pergerakan Nasional. Sumpah Pemuda berisi ikrar para pemuda-pemudi Indonesia yang menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yakni Indonesia. Sumpah Pemuda dicetuskan pada 28 Oktober 1928, yang bertujuan untuk.

  1. Membangkitkan jiwa nasionalisme, Sumpah Pemuda bertujuan untuk membangkitkan rasa nasionalisme bangsa Indonesia, khususnya para pemuda untuk menentang, melawan, dan mengusir penjajah.
  2. Membangun kesatuan dan persatuan, untuk meraih kemerdekaan, seluruh masyarakat Indonesia harus bersatu. Karena itulah, Sumpah Pemuda dibuat guna membangun dan mempertebal kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.
  3. Melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia, Sumpah Pemuda bertujuan mengumpulkan seluruh pemuda agar bersatu demi Indonesia. Selain itu, sumpah ini juga melecut semangat juang para pemuda untuk membela Tanah Air.
  4. Menghilangkan rasa kedaerahan yang menjadi penghalang persatuan bangsa Indonesia. Karenanya, Sumpah Pemuda dibuat untuk menghilangkan tembok tersebut dan membangun kesatuan yang lebih luas.

Dengan demikian, tujuan Sumpah Pemuda tahun 1928 adalah untuk membangkitkan jiwa nasionalisme, membangun kesatuan dan persatuan, melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia, dan menghilangkan rasa kedaerahan yang menjadi penghalang persatuan bangsa.

Roboguru

Makna Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 bagi bangsa Indonesia adalah ...

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928, tepatnya saat pelaksanaan Kongres Pemuda II. Secara garis besar terdapat tiga poin yang tercantum dalam Sumpah Pemuda, yakni bertumpah darah Indonesia, berbangsa Indonesia, serta menjunjung tinggi bahasa Indonesia. Makna yang terkandung adalah bahwa peristiwa bersejarah itu mengajarkan nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan, perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu”. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Tuliskan 4 contoh perilaku sebagai wujud pengalaman nilai nilai yang terkandung dalam sumpah pemuda....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 27 Oktober 1928, di Gedung Katholikee Jonglingen Bond (Gedung Pemuda Katolik) dilaksanakan Kongres Pemuda II. Hari berikutnya, tanggal 28 Oktober 1928, lokasi kongres pemuda pindah ke Gedung Oost Java, Medan Merdeka Utara, yang pada saat ini berada di wilayah Jakarta Pusat. Tujuan dari pelaksanaan Kongres Pemuda II adalah untuk melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda-pemuda Indonesia yang membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia, serta memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia. Dengan isi dari hasil kongres pemuda yang meliputi tiga poin yaitu, Bangsa, Wilayah dan Bahasa terdapat nilai-nilai yang bisa diambil dari sumpah pemuda, diantaranya yaitu patriotisme, gotong royong, musyawarah mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, dan tanggung jawab.

Dengan demikian, nilai yang terkadung dalam Sumpah Pemuda meliputi nasionalisme, rela berkorban, kebersamaan dan gotong royong.

Roboguru

Peristiwa sejarah yang berhasil menyatukan pemuda Indonesia dari suku dan budaya yang berbeda adalah ..

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda merupakan sebutan atas keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan dua hari, 27–28 Oktober 1928, di Jakarta. Pada saat itu, para pemuda dari berbagai latar belakang daerah, suku, dan agama menyatukan keyakinan mereka akan tumpah darah, bangsa, dan bahasa persatuan: Indonesia. Keyakinan tersebut kemudian disebarkan untuk dijadikan asas bagi semua perkumpulan kebangsaan Indonesia. 

Kongres ini digagas oleh Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) yang anggotanya pelajar dari seluruh Hindia Belanda. Selain PPPI, ada pula sejumlah organisasi pemuda seperti Jong Java, Jong Soematranen Bond, Jong, Bataks Bond, Jong Islamieten Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Celebes, Jong Ambon, hingga Pemoeda Kaoem Betawi.

Dengan demikian peristiwa sejarah yang menyatukan pemuda dari suku dan budaya yang berbeda adalah Kongres Pemuda II atau Sumpah Pemuda.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved