Roboguru

Bagaimana peran pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan d indonesia.....

Pertanyaan

Bagaimana peran pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan d indonesia.....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kaum pelajar/mahasiswa sering disebut sebagai kaum intelektual, pemuda penerus bangsa yang mana masa depan negara ada di tangan mereka. Peran pemuda Indonesia tidak bisa dipungkiri, misalnya terkait Kesadaran Nasional yang diusung oleh Budi Utomo, Sumpah pemuda pada 1928, Kemerdekaan Republik Indonesia, penurunan Soekarno dan Soeharto dari jabatan kepresidenan merupakan usaha yang dilakukan oleh para pemuda Indoensia.

Dengan demikian, peran pemuda dalam perubahan politik dan ketatanegaraan d Indonesia sangat besar seperti pelengseran presiden Soeharto.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kantor Sekretariat Tetap ASEAN bertempat di Jakarta, Indonesia. Alasan pemilihan Kota Jakarta sebagai kantor Sekretariat Tetap ASEAN karena....

Pembahasan Soal:

Sekretariat ASEAN yang berdiri sejak tanggal 7 Juni 1976, berfungsi untuk membantu negara-negara anggota ASEAN dalam mengelola dan mengkoordinasikan berbagai kegiatan ASEAN serta melakukan kajian-kajian yang dibutuhkan. Sekretariat ASEAN terdiri atas Sekretariat Tetap ASEAN dan Sekretariat Nasional ASEAN. Sekretariat Tetap ASEAN berkedudukan di Jakarta, sedangkan Sekretariat Nasional ASEAN berkedudukan di negara masing-masing anggota ASEAN. Alasan Jakarta dipilih sebagai kota bertempatnya Kantor Sekretariat Tetap ASEAN karena berbagai faktor antara lain: 

  • Indonesia terletak di antara dua benua (Asia dan Australia) serta berada di antara dua samudra (Samudra Hindia dan Samudra Pasifik) berposisi strategis dari segi politik maupun ekonomi internasional. Jakarta juga strategis untuk lalu lintas barang-jasa dunia, karena hampir seluruh perputaran uang di negara ini terjadi di Jakarta, serta kantor pusat perbankan berlokasi di Jakarta.
  • Jakarta sebagai ibu kota Republik Indonesia memiliki banyak sarana, prasarana, dan infrastruktur yang diperlukan untuk memfasilitasi komunikasi dengan banyak negara. Jakarta merupakan kosmopolitan, yakni kota besar yang mempunyai sifat internasional dengan banyaknya lembaga yang mewakili lembaga negara lain dan banyak penduduk yang merasa mewakili kebudayaan dan pemikiran internasional.
  • Sekretariat Tetap ASEAN dipimpin oleh seorang Sekretaris Jenderal (Sekjen) bertugas menyelenggarakan keperluan administratif dan pada pelaksanaan tugasnya dibantu oleh Sekretariat Nasional ASEAN. Sekjen dipilih secara bergantian oleh masing-masing anggota ASEAN.

0

Roboguru

OKI (Organisasi Konferensi Islam) dianggap belum mampu menjadi kekuatan yang diperhitungkan dalam politik internasional karena....

Pembahasan Soal:

OKI merupakan singkatan dari Organisasi Konferensi Islam berdiri pada tanggal 25 September 1969 di Rabat, Maroko, setelah para pemimpin sejumlah negara Islam seperti Raja Faisal dari Arab Saudi dan Raja Hasan II dari Maroko menginisiasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Islam. Organisasi Konferensi Islam ini kemudian berubah nama menjadi Organisasi Kerja Sama Islam pada 28 Juni 2011. OKI dalam perkembangannya seringkali dianggap hanya mewakili kepentingan negara-negara Arab yang kaya (yang notabene condong pro-Barat). Hal itu karena dari sisi finansial OKI memang sangat bergantung pada negara-negara Arab. Kondisi tersebut membuat OKI lebih sering terlihat bersikap pasif terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi negara-negara Islam, seperti kasus Bosnia, Kashmir, Palestina, dan Chechnya. Hal inilah yang menyebabkan OKI dianggap belum mampu menjadi salah satu kekuatan yang diperhitungkan dalam politik internasional.

0

Roboguru

Penyebab penarikan kembali Kontingen Garuda VII dari Vietnam ke Indonesia adalah....

Pembahasan Soal:

Pasukan (Kontingen) Garuda VII bertugas menjalankan misi pengawasan penarikan pasukan Amerika Serikat secara bertahap dari Vietnam, serta pengawasan perdamaian di sana. Latar belakang penugasan pasukan Garuda VII ke Vietnam adalah mundurnya India dari keanggotaan ICC (International Commision and Control). Untuk merealisasikan isi Persetujuan Paris guna membentuk ICCS (International Commission of Control and Supervision) yang beranggotakan 4 negara Indonesia lalu diminta bergabung melalui utusan istimewa Amerika Serikat. Indonesia diminta Vietnam Utara melalui duta besar Indonesia di Hanoi. Pasukan Garuda VII dikirim pada April 1974, namun seiring berjalannya waktu, kondisi di Vietnam semakin memburuk, dan pada akhirnya Pasukan Garuda VII ditarik kembali ke Indonesia pada Juni 1975. 
 

0

Roboguru

Zeenen Maritieme Kringen Ordonantie yang diterapkan tahun 1939 merupakan hukum laut Indonesia sebelum dicetuskannya Deklarasi Djuanda. Zeenen Maritieme Kringen Ordonantie yang kemudian digantikan deng...

Pembahasan Soal:

Zeenen Maritieme Kringen Ordonantie  (Ordonansi Laut dan Daerah Maritim) yang diterapkan tahun 1939 merupakan hukum laut Indonesia sebelum dicetuskannya Deklarasi Djuanda. Isi dari ordonansi tersebut antara lain; laut teritorial Indonesia lebarnya 3 mil diukur dari garis air rendah (laagwaterlijn) dari pada pulau-pulau dan bagian pulau yang merupakan bagian dari wilayah daratan (grondgebied) dari Indonesia. Zeenen Maritieme Kringen Ordonantie dianggap merugikan kepentingan wilayah negara Indonesia sebab peraturan tersebut memperbolehkan keberadaan kapal-kapal milik asing bebas berlayar di wilayah lautan Indonesia. Bebasnya kapal-kapal asing tersebut dikhawatirkan akan mengambil sumber daya alam di wilayah Indonesia atau bahkan melakukan serangan militer melalui jalur laut terhadap wilayah Indonesia.

0

Roboguru

Dasasila Bandung dapat menjadi latar belakang terbentuknya Gerakan Non Blok karena...

Pembahasan Soal:

Dasasila Bandung yang menjadi hasil akhir dari Konferensi Asia Afrika (KAA) intinya mengandung prinsip-prinsip dalam menjalankan hubungan internasional, antara lain:

  1. Menghormati hak-hak asasi manusia, tujuan-tujuan, dan prinsip-prinsip dalam piagam PBB.
  2. Menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah semua negara.
  3. Mengakui persamaan derajat semua ras, serta persamaan derajat semua negara besar dan kecil.
  4. Tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain.
  5. Menghormati hak setiap negara untuk mempertahankan dirinya sendiri atau secara kolektif sesuai dengan Piagam PBB.
  6. (a) tidak menggunakan pengaturan-pengaturan pertahanan kolektif untuk kepentingan khusus negara besar manapun; (b) tidak melakukan tekanan terhadap negara lain manapun.
  7. Tidak melakukan ancaman agresi atau kekuatan terhadap keutuhan wilayah atau kemerdekaan politik negara manapun.
  8. Menyelesaikan semua perselisihan internasional dengan cara-cara damai, seperti melalui perundingan, konsiliasi, arbitrase, atau mekanisme penyelesaian hukum lain, ataupun cara-cara damai lainnya yang menjadi pilihan pihak-pihak yang bersangkutan sesuai dengan Piagam PBB.
  9. Meningkatkan kepentingan dan kerja sama bersama.
  10. Menjunjung tinggi keadilan dan kewajiban-kewajiban internasional.

Sejarah membuktikan bahwa Dasasila Bandung efektif membangun kerja sama antara banyak negara Asia Afrika, sehingga berdampak terhadap terciptanya perdamaian dan keamanan internasional. Dasasila Bandung sukses membentuk semangat banyak negara untuk menolak bergabung dalam aliansi-aliansi pertahanan yang terbentuk pada era Perang Dingin dan mendorong negara-negara tersebut untuk bersikap netral tanpa condong ke Blok Barat maupun Blok Timur. Dasasila Bandung kemudian mendorong terbentuknya Gerakan Non Blok.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved