Roboguru

Bagaimana pengaruh kerusakan hutan terhadap kelestarian flora fauna?

Pertanyaan

Bagaimana pengaruh kerusakan hutan terhadap kelestarian flora fauna?

Pembahasan Soal:

Perusakan hutan oleh manusia kerap terjadi untuk memenuhi tuntutan kehidupan. Selain diakibatkan oleh manusia, kebakaran hutan merupakan salah satu bencana alam yang dapat merusak hutan beserta vegetasinya dengan cepat. Faktor-faktor tersebut memengaruhi keseimbangan alam dan tentu saja mengancam kelestarian lingkungan. Perusakan lingkungan itu akan mengganggu kestabilan ekosistem yang sudah ada. Akibatnya banyak flora dan fauna yang kehilangan habitatnya dan terancam punah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Kartikasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa di beberapa wilayah terjadi kelangkaan atau bahkan kepunahan jenis flora dan fauna tertentu?

Pembahasan Soal:

Terjadinya kelangkaan dan kepunahan jenis flora dan fauna dikarenakan oleh beberapa faktor sebagai berikut.

  • Pemanasan global dapat menyebabkan perubahan iklim di Bumi. Satu belahan Bumi akan mudah banjir sedangkan belahan Bumi lainnya mengalami kekeringan. Perubahan iklim akibat pemanasan global juga meningkatkan aktivitas badai tropis. Badai tropis dapat membunuh fitoplankton dan hewan.
  • Hilangnya habitat akan membuat hewan terusir dari rumahnya dan terpaksa melakukan migrasi. Sebagian besar hewan tidak akan selamat dan mengalami kepunahan karena tidak bisa menemukan tempat tinggal baru. Misalnya mencairnya es di kutub yang membuat beruang kutub dan penguin kehilangan habitatnya. Akibatnya, keduanya kini tergolong dalam hewan terancam punah.
  • Kekurangan makanan atau kelaparan massal adalah cara tercepat terjadinya kepunahan yang bersifat efek domino. Jika rumput pada suatu daerah punah, maka hewan pemamah biak tidak mendapatkan makanan dan ikut punah. Hal ini menyebabkan manusia juga tidak bisa mendapatkan makanan dan harus bermigrasi ke tempat yang memiliki makanan.
  • Polusi dapat menyebabkan kematian massal yang berakibat kepunahan bagi makhluk hidup. Contohnya adalah Kupu-kupu Maideran besar putih yang punah karena polusi pupuk pertanian. Polusi air, polusi tanah, dan polusi udara, semuanya bersifat buruk bagi lingkungan hidup dan dapat menyebabkan kepunahan.
  • Manusia dengan akal yang maju adalah predator paling berbahaya yang hidup di Bumi. Predasi manusia adalah hal yang wajar karena manusia mendapat makanan dengan cara mengonsumsi hewan dan tumbuhan. Namun predasi (eksploitasi) yang berlebih dapat menyebabkan kepunahan pada makhluk hidup seperti halnya pemburuan liar. 

1

Roboguru

Eksplorasi dan eksploitasi flora fauna sebesar-besarnya merupakan salah satu cara dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Mengingat manusia dalam memenuhi hidupnya masih bergantung terhadap alam. Seb...

Pembahasan Soal:

Eksplorasi merupakan suatu bentuk kegiatan penggalian informasi atau kumpulan data-data yang dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan beberapa data maupun informasi-informasi yang nantinya akan diteliti atau di informasikan kepada pihak-pihak lain yang membutuhkanya. Ekploitasi adalah upaya atau bentuk kegiatan yang sifatnya cenderung pada penggalian potensi-potesi yang terdapat pada suatu obyek sebagai tingkat lanjut dari kegatan eksplorasi. Dalam memenuhi kebutuhan manusia kegiatan eksplorasi dan eksploitasi flora dan fauna diperlukan untuk menunjang hidup tetapi tidak dilakukan dengan besar-besaran karena kegiatan tersebut akan ada batasnya dan juga akan merugikan lingkungan dan generasi yang akan datang. Jika kegiatan tersebut tetap dilakukan walaupun tidak merusak lingkungan, tetap saja flora dan fauan yang di eksplorasi dan eksploitasi ada jumlahnya dan waktu untuk pembentukan yang sangat lama sehingga akan cepat punah. Jadi pertanyaan dan alasan dalam soal semuanya salah. 

 Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

 

0

Roboguru

Degradasi sumber daya kehutanan disebabkan oleh umat manusia, yaitu ….

Pembahasan Soal:

Perusakan sumber daya kehutanan oleh manusia kerap terjadi untuk memenuhi tuntutan hidup. Kebutuhan manusia akan bahan kayu semakin lama akan semakin meningkat. Meningkatnya permintaan tersebut akan memicu terjadinya penebangan liar (illegal logging)  tanpa mengindahkan prinsip pembangunan berkelanjutan. Dampaknya  akan menjadikan ekosistem semakin rusak, seperti terjadinya banjir dan hilangnya habitat flora dan fauna bahkan kepunahan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Menurut Anda, mengapa pembalakan dan perambahan liar hutan menyebabkan terancamnya populasi flora dan fauna endemis di Nusakambangan?

Pembahasan Soal:

Kegiatan pembalakan dan perambahan liar hutan merupakan salah satu perusakan alam yang dilakukan oleh manusia. Pembalakan dan perambahan hutan secara liar dapat mengkibatkan habitat hidup bagi flora dan fauna rusak bahkan hilang. Apabila habitat makhluk hidup rusak, maka flora pun tidak dapat hidup lagi di wilayah Nusakambangan. Kemudian, jika wilayah Nusakambangan tidak lagi ditumbuhi flora yang berperan sebagai produsen utama, maka rantai makanan di Nusakambangan menjadi kacau, dan fauna sebagai konsumen pun akan turut punah karena tidak memperoleh makanannya. Selain itu, flora dan fauna endemis cenderung hanya dapat hidup di kondisi alam tertentu, sehingga sangat rentan terhadap perubahan.

Dengan demikian, pembalakan dan perambahan liar hutan menyebabkan populasi flora dan fauna endemis di Nusakambangan menjadi terancam karena merusak habitat hidup bagi flora dan fauna endemis tersebut. 

0

Roboguru

Habitat flora dan fauna tersebut ialah hutan dan hutan juga memiliki fungsi untuk mengatur tata air, mencegah banjir dan erosi, menyediakan hasil hutan, penyediaan bahan baku industri sehingga dapat m...

Pembahasan Soal:

Habitat flora dan fauna adalah tempat suatu flora dan faunan tinggal dan berkembang biak. Hutan adalah salah satu tempat hidup flora dan fauna yang memiliki fungsi mengatur iklim, sebagai paru-paru dunia, menahan pemanasan global, tempat cadang air tanah, mengatur tata air, menjaga kesuburan tanah, menahan banjir dan mencegah tanah longsor, mencegah banjir dan erosi, menyediakan hasil hutan, penyediaan bahan baku industri dan pelestarian keanekaragam hayati. Fungsi hutan tersebut dapat menunjang pembangunan nasional. Dari penyataan tersebut menyatakan betul.

Fungsi hutan yang berhubungan dengan flora dan fauna yaitu tempat tinggal dan berkembang biak, serta pelesatarian flora dan fauna.  Jika hutan rusak maka akan terjadi kepunakan karena fungsi hutan tersebut. Jadi dari alasan sesuai dengan soal maka menyatakan betul.

Jadi pernyataan betul, alasan betul, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved