Bagaimana pembukaan dan penutupan yang terdapat pada teks pidato tersebut?

Pertanyaan

Perhatikan teks pidato berikut!


Assalamualaikum Wr. Wb
Yth. Bapak/Ibu Guru yang kami hormati
Serta teman-temanku semua yang saya cintai
    Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
    Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
    Sebelum saya memulai pidato ini, saya akan mengingatkan tentang slogan-slogan yang menempel di hampir setiap koridor sekolah kita, di antaranya “bersih pangkal sehat”, “kebersihan adalah sebagian dari iman”, “jagalah kebersihan”. Tapi apakah slogan-slogan tersebut telah menggugah kita untuk mengamalkannya? Sering kali kita melihat murid-murid yang membuang sampah sembarangan, baik itu berupa kertas-kertas bekas maupun bungkus-bungkus bekas jajanan mereka. Tentu kita sebagai warga sekolah tidak mau melihat sampah tersebut berserakan di mana-mana. Sampah tadi juga dapat mencemari lingkungan sekolah kita, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, selain itu kotornya lingkungan sekolah juga dapat menjadikan suasana belajar kita menjadi tidak nyaman.
    Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
    Demi tercapainya lingkungan yang bersih dan nyaman di tempat kita belajar, perlu sekali dilakukan tindakan yang bersifat mengajak kesadaran kepada setiap siswa untuk menjaga kebersihan yang bersifat mengatasi masalah di atas. Agar tindakan tersebut menjadi contoh kepada siswa-siswa yang masih belum sadar tentang betapa pentingnya kebersihan di lingkungan sekolah. Dengan tindakan-tindakan tersebut diharapkan para pendidik mampu menyadarkan siswa untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolahnya.
    Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan tersebut, diharapkan mampu menyadarkan siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolahnya. Kebersihan berpengaruh besar terhadap lingkungan, maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita jaga.
    Sebagai penutup saya ingin mengajak semua teman-teman untuk saling bahu membahu menjaga lingkungan sekolah yang kita cintai ini agar menjadi sebuah sarana belajar yang kondusif dan nyaman dengan mengawalinya dari kebersihan.
    Demikian pidato dari saya ini, kurang lebihnya saya mohon maaf.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.undefined 

Bagaimana pembukaan dan penutupan yang terdapat pada teks pidato tersebut?undefined 

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pembukaan dalam teks pidato terdapat pada paragraf pertama dan kedua, sedangkan penutupan terdapat pada paragraf kelima dan keenam. Kedua aspek struktur tersebut sudah cukup lengkap. 

Pembahasan

Teks pidato adalah teks yang berisi gagasan, pendapat, dan pengetahuan terhadap suatu hal yang akan disampaikan di depan umum. Berikut adalah struktur teks pidato.

  1. Pembukaan, berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan syukur, dan pengantar ke topik utama.
  2. Isi, berisi hal-hal penting yang akan disampaikan pembicara kepada para hadirin.
  3. Penutup, berisi kesimpulan dari hal yang disampaikan, permintaan maaf jika terjadi kesalahan saat menyampaikan suatu hal, dan salam penutup.

Pembukaan dalam teks pidato terdapat pada paragraf pertama dan kedua, sedangkan penutupan terdapat pada paragraf kelima dan keenam. Aspek struktur pembukaan pidato sudah cukup lengkap begitu juga dengan struktur penutup pidato.

Dengan demikian, pembukaan dalam teks pidato terdapat pada paragraf pertama dan kedua, sedangkan penutupan terdapat pada paragraf kelima dan keenam. Kedua aspek struktur tersebut sudah cukup lengkap. 

141

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

(1). Hadirin yang berbahagia, (2) Mungkin kita sebagai warga kota ini telah lupa. (3) Oleh karena itu, perlu sering diingatkan bahwa kawasan pantai kita adalah bagian dari ruang terbuka. (4) ltu artin...

11rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia