Roboguru

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks pidato persuasif berikut dengan cermat untuk menjawab soal!


    (1) Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 
    Salam sejahtera u ntuk kita semua, 
    (2) Bapak-bapak dan lbu-ibu sekalian yang saya hormati , 
   (3) Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat bersilaturahmi dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. 
  (4) Pada kesempatan ini, saya memohon izin untuk menyampaikan gagasan dan pesan terkait dengan pentingnya menyelamatkan anak-anak remaja dari pergaulan bebas. Seperti diberitakan di berbagai media, saat ini, anak-anak dan para remaja sedang mengalami masalah sosial yang cukup pelik akibat menjamurnya berbagai informasi yang bisa diakses dengan cara yang amat mudah. Melalui media sosial, misalnya, kaum remaja bisa mendapatkan banyak informasi menyesatkan yang sangat merisaukan orang tua. Hal ini tentu menjadi masalah sosial yang perlu segera ditangani. 
   (5) Masalah sosial merupakan ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada, hal tersebut dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial, seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat. Masalah sosial muncul karena terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realitas yang ada. 
   (6) Beberapa contoh permasalahan sosial yang saat ini melanda kalangan remaja, di antaranya: pergaulan bebas, minuman keras, dan narkoba. Tiga masalah sosial ini benar-benar telah mengancurkan masa depan generasi muda saat ini. Entah sudah berapa jumlah remaja dan anak-anak yang harus menjadi korban akibat terjerumus ke dalam permasalahan sosial yang cukup pelik ini. 
   (7) Dalam kondisi demikian, diharapkan semua unsur masyarakat ikut terlibat aktif untuk melakukan pencegahan dini agar permasalahan sosial itu tidak berkembang terlalu jauh. Seperti halnya dalam lingkungan keluarga, peran orang tua menjadi sangat penting, bahkan menjadi penentu masa depan anak-anak. Jangan biarkan anak-anak kita menjadi korban. Lebih baik melakukan pencegahan daripada harus menunggu hal-hal yang buruk menimpa anak-anak kita. Mari, kita bahu-membahu dan bekerja sama untuk menjauhkan generasi bangsa dari permasalahan sosial ini. 
Bapak-bapak dan lbu-ibu sekalian ya ng saya hormati , 
   (8) Demikian beberapa pendapat dan pesan yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih atas perhatian Bapak-bapak dan lbu-ibu, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekhilafan. 
    (9) Wassalamu'alaikum wara hmatu llahi wabarakatuh 

(Sumber: Dokumen Penulis)space 

Bagian pembuka dalam teks pidato persuasi tersebut ditandai dengan nomor ....space 

  1. (1), (2), (3)space 

  2. (2), (3), (4)space 

  3. (3), (4), (5)space 

  4. (4), (5), (6)space 

S. Ainina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.space 

Pembahasan

Pidato persuasif adalah pidato yang digunakan untuk menyampaikan saran, ajakan, atau bujukan kepada masyarakat untuk menyetujui atau mengubah pandangannya sesuai gagasan yang disampaikan dan melakukan tindakan secara sukarela.

Struktur teks pidato persuasif terdiri dari tiga bagian, yaitu pembukaan, isi pidato, dan yang terakhir penutup.

  1. Pembukaan. Pembukaan teks pidato terdiri dari tiga bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur. Bagian ini berisi pengenalan topik atau permasalahan yang akan dibahas. Hal ini berfungsi sebagai pengantar sebelum pada tahap penjelasan/isi pidato. Selain itu juga berisi deskripsi singkat tentang topik permasalahan.
  2. Isi Pidato. Isi pidato adalah bagian yang penting karena dalam isi ini terkandung inti dari sesuatu yang akan disampaikan dan dibicarakan. Pada bagian isi ini, sang orator akan menjelaskan secara detail dan jelas mengenai apa yang disampaikannya kepada para pendengar.
  3. Penutup Pidato. Penutup pidato adalah akhir dari sebuah pidato. Pada bagian ini berisi berbagai saran, ajakan, maupun pertimbangan sekaligus penguatan untuk memengaruhi pendengar/pembaca agar yakin dengan pendapat yang telah dikemukakan oleh penulis.

Berikut merupakan bagian-bagian struktur dalam teks tersebut.

  • Teks nomor (1), (2), dan (3) termasuk dalam bagian pembuka karena berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur.
  • Teks nomor (4), (5), dan (6) termasuk bagian isi. Bagian ini menjelaskan tentang pokok pembahasan yaitu pentingnya menyelamatkan anak-anak remaja dari pergaulan bebas.
  • Teks nomor (7), (8), dan (9) termasuk bagian penutup. Teks nomor tujuh berisi ajakan yang ditandai dengan kalimat Mari, kita bahu-membahu dan bekerja sama untuk menjauhkan generasi bangsa dari permasalahan sosial ini. Sedangkan kalimat (8) dan (9) berisi penutup dan salam penutup

Berdasarkan kutipan:
    (1) Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 
    Salam sejahtera u ntuk kita semua, 
    (2) Bapak-bapak dan lbu-ibu sekalian yang saya hormati , 
  (3) Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat bersilaturahmi dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.

Teks tersebut berisi bagian pembukaan yang berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur. Sedangkan bagian yang lain termasuk isi pidato dan penutup pidato.

Berdasarkan penjelasan di atas, bagian pembuka dalam teks pidato persuasi tersebut ditandai dengan nomor (1), (2), (3).

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space 

580

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bagian penutup untuk teks pidato tersebut adalah ...

494

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia