Roboguru

Bagaimana kondisi alam pada awal penemuan manusia ...

Bagaimana kondisi alam pada awal penemuan manusia purba, jelaskanlah menurut pendapatmu! space

Jawaban:

Kondisi alam pada awal penemuan manusia purba dapat ditilik dari pembagian zaman berdasarkan geologi. Manusia purba pertama kali muncul pada zaman Neozoikum, tepatnya pada zaman kuarter. Hal ini didasarkan pada ditemukannya beberapa fosil manusia yang diperkirakan berasal dari zaman tersebut. Pada masa kuarter yang terjadi sekitar tiga juta tahun yang lalu, bumi masih sering mengalami perubahan iklim yang sangat ekstrim. Salah satu perubahan iklim tersebut adalah glasial, yaitu ketika mencairnya es di kawasan kutub dan gletser gunung karena suhu yang menurun dalam periode waktu yang lama. Masa ini terjadi berkali-kali dan diselingi masa-masa yang lebih hangat atau interglasial. Pada masa interglasial, air laut membeku sehingga permukaan air laut turun. Di masa kuarter ini, bumi masih diselimuti oleh es yang menutupi sebagian Asia Utara, Amerika Utara, dan Eropa Utara.

Zaman kuarter juga dibagi menjadi beberapa zaman. Berikut adalah pembagian zaman pada masa kuarter dan manusia purba yang muncul pada zaman itu.

  • Holosen dengan manusianya adalah Homo sapiens.
  • Pleistosen bawah dengan manusia pendukungnya adalah Meganthropus paleojavanicus.
  • Pleistosen tengah dengan adanya Pithecanthropus erectus.
  • Pleistosen atas dengan ditemukannya beberapa manusia Homo, seperti Homo wajakensis, Homo soloensis, dan Homo floresiensis.

Jadi, kondisi awal pada awal penemuan manusia purba dapat dikaji dari zaman Neozoikum, tepatnya pada masa kuarter. Pada masa ini, bumi masih mengalami perubahan iklim yang ekstrim dengan suhu bumi yang menaik sehingga terjadi pergantian masa glasial dan interglasial. space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved