Roboguru

Bagaimana kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Reformasi?

Pertanyaan

Bagaimana kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Reformasi? space

Pembahasan Soal:

Reformasi 1998 telah mengubah tatanan bernegara di Indonesia. Gerakan reformasi ini ditujukan untuk mengadakan perbaikan dalam berbagai bidang, seperti politik, sosial, ekonomi, dan hukum. Setelah Reformasi 1998, kehidupan masyarakat Indonesia berlangsung lebih terbuka dan bebas karena adanya kebebasan berpendapat dan berekspresi. Masyarakat tidak perlu khawatir dengan berbagai ancaman mengenai pembredelan yang disebabkan mengkritik pemerintah. Hal ini memungkinkan munculnya berbagai unjuk rasa terhadap kinerja dan kebijakan-kebijakan pemerintah.

Jadi, kehidupan masyarakat Indonesia pada masa Reformasi ditandai dengan adanya kebebasan berekspresi yang memungkinkan munculnya berbagai unjuk rasa terhadap kinerja serta kebijakan pemerintah. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bangsa Indonesia memasuki Era Reformasi yang ditandai dengan Presiden Suharto mengundurkan diri dari jabatan sebagai Presiden pada tanggal...

Pembahasan Soal:

Soeharto diberi mandat oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS) sebagai Presiden pada 26 Maret 1968 menggantikan Soekarno, dan resmi menjadi presiden pada tahun 1968. Ia dipilih kembali oleh MPR pada tahun 1973, 1978, 1983, 1988, 1993, dan 1998. Pada tahun 1998, masa jabatannya berakhir setelah mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei tahun tersebut, menyusul terjadinya kerusuhan Mei 1998 dan pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa. Ia merupakan orang terlama yang menjabat sebagai presiden Indonesia. Soeharto digantikan oleh B.J. Habibie.undefined

Dengan demikian, Presiden Soeharto mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei 1998.

0

Roboguru

Menurut anda, sistem pemerintahan orde baru atau reformasi kah yang cocok diterapkan di negara Indonesia? Jelaskan alasannya!

Pembahasan Soal:

Setiap pemerintahan di Indonesia, baik zaman orde baru dan reformasi memiliki kelebihan dan kelemahan dalam pelaksanaan pemerintahan melalui kebijakan.

Kelebihan Orde Baru

Kelebihan Reformasi

Keberhasilan melaksanakan program KB.

Pemilihan dilaksanakan secara luber-jurdil dan telah bersifat demokratis.

Jumlah masyarakat yang bisa membaca dan menulis meningkat melalui program wajib belajar 9 tahun.

Berhasil menata kehidupan ketatanegaraan dengan amandemen UUD 1945.

Kebutuhan akan sandang, pangan dan papan terpenuhi.

Kebebasan untuk memberikan pendapat di khalayak umum.

Rencana Pembangunan Lima Tahun (REPELITA).

 

Kelemahan Orde Baru

Kelemahan Reformasi

KKN yang merejalela masa orde baru.

Lepasnya Timor-timor 2002 dan kepulauan Sipadan serta Ligitan dari Indonesia 2002.

 

Pembangunan hanya terpusat di Ibukota sehingga terjadi kesenjangan sosial.

Lemahnya stabilitas keamanan sehingga timbul konflik vertikal/horizontal, GAM, OPM, RMS, Kasus Ambon, Sampit, Sambas dan maraknya terorisme.

 

Banyak terjadi pelanggaran HAM seperti tragedi Trisakti.

 

Terjadi pengekangan kebebasan pers dan berpendapat.

 

Dengan demikianmenurut saya tidak ada perbandingan untuk menentukan pemerintahan mana lebih cocok diterapkan di Indonesia, apakah orde baru atau reformasi karena setiap pemerintahan di kedua era ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

0

Roboguru

Jelaskan dampak ekonomi yang terjadi di Indonesia pasca reformasi!

Pembahasan Soal:

Reformasi 1998 dilatarbelakangi oleh krisis multidimensi yang terjadi di Indonesia. Krisis multidimensi tersebut meliputi krisis politik, krisis, sosial, krisis penegakan hukum, hingga krisis perekonomia. Krisis ekonomi di Indonesia terjadi akibat krisis ekonomi yang melanda Thailand dan Asia pada tahun 1997. Krisis tersebut ditandai dengan turunnya nilai tukar rupiah, utang luar negeri membengkan, PHK terjadi di secara besar-besaran, serta ekspor menurun. Pasca jatuhnya Soeharto sebagai presiden, krisis ekonomi juga masih melanda Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan inflasi yang tinggi, negara mengalami mengalami defisit yang begitu banyak, serta para investor banyak yang menarik modalnya dari Indonesia karena situasi dan keamanan belum terjamin.

Dengan demikian, kondisi perekonomian pasca reformasi adalah inflasi yang tinggi, negara mengalami mengalami defisit yang begitu banyak, serta para investor banyak yang menarik modalnya dari Indonesia karena situasi dan keamanan belum terjamin.

0

Roboguru

Pada masa awal Reformasi, Indonesia dilanda krisis multidimensi, salah satunya krisis kepercayaan terhadap pemimpin. Bukti yang menunjukkan terjadinya krisis kepercayaan terhadap pemimpin pada awal re...

Pembahasan Soal:

Di awal masa Reformasi, masyarakat Indonesia mengalami krisis kepercayaan terhadap pemimpin. Hal ini disebabkan masyarakat yang belum mempercayai sepenuhnya pemerintahan yang menggantikan rezim Orde Baru. Contohnya adalah pada masa pemerintahan Presiden Habibie, terjadi krisis kepercayaan terhadap pemerintahan sebab masyarakat menilai bahwa pemerintahan masih disusupi oleh orang-orang Orde Baru. Selain itu, masih mendominasinya Golongan Karya dalam parlemen juga semakin memperkuat hal ini. Bukti dari krisis kepercayaan tersebut ditunjukkan dengan singkatnya masa jabatan Presiden Habibie.

Jadi, bukti yang menunjukkan terjadinya krisis kepercayaan terhadap pemimpin pada awal reformasi ditunjukkan dengan singkatnya masa jabatan Presiden Habibie. space

0

Roboguru

Presiden Suharto mengundurkan diri dari jabatannya pada 21 Mei 1998. Bagaimana kondisi politik dan pemerintahan setelah Presiden Suharto mengundurkan diri?

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan istilah untuk memisahkan antara kekuasaan masa Soekarno (Orde Lama) dan masa Soeharto. Latar belakang Orde Baru yaitu kekacauan politik dan keamanan negara, kondisi perekonomian yang memburuk, tuntutan Tritura dari Front Pancasila, kegagalan reshuffle Kabinet Dwikora, dan keluarnya Supersemar. Penyebab berakhirnya Orde Baru adalah karena adanya krisis politik, ekonomi, sosial, dan hukum. Sesuai pasal 8 UUD 1945, Wakil Presiden B.J. Habibie akan melanjutkan sisa masa jabatan presiden. Wakil Presiden B.J. Habibie pun segera dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia pada tanggal 21 Mei 1998.

Dengan demikian kondisi politik dan pemerintahan setelah Presiden Soeharto mengundurkan diri adalah terjadinya masa transisi dibawah kepemimpinan Presiden B.J. Habibie yang sekaligus memulai era reformasi.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved