Roboguru

Bagaimana ciri-ciri teks berita?

Bagaimana ciri-ciri teks berita?undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Jawaban:

Ciri-ciri teks berita:


a. Faktual
Faktual adalah suatu kejadian yang bersifat nyata. Berita yang disajikan bukan sebuah karya fiksi yang berlangsung sesuai imajinasi penulis. Penulis berita tidak boleh mereka-reka sebuah kejadian atau peristiwa. Penulis juga tidak boleh melebih-lebihkan informasi sebenarnya.

b. Aktual
Aktual adalah suatu kejadian atau peristiwa yang bersifat nyata, benar-benar terjadi, dan sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan banyak orang. Informasi yang disampaikan bersifat kekinian atau baru.

c. Unik atau Menarik
Teks berita harus unik atau berbeda penyampaiannya dengan yang lain. Teks berita harus dikemas dengan kata-kata yang menarik. Tujuannya agar menarik perhatian pendengar atau pembacanya.

d. Sistematis dan Lengkap
Teks berita disajikan secara sistematis atau berurutan. Penyajiannya disesuaikan dengan struktur dan urutan kronologis peristiwa yang akan disajikan. Semua unsur berita harus terdapat dalam teks berita.

e. Seimbang
Teks berita harus memuat satu peristiwa atau kejadian yang tidak menyudutkan seseorang atau salah satu pihak. lsi teks berita tidak memihak salah satu pihak.

f. Komunikatif
Bahasa yang digunakan dalam teks berita pada umumnya menggunakan bahasa yang komunikatif. Bahasa komunikatif berarti pilihan kata yang digunakan mudah dipahami atau dimengerti pembaca.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved