Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan dan cermati dengan teliti agar pertanyaan berikutnya dapat kamu jawab!


Teka-Teki Kematian Michael Jackson


    Oki Novendra, pelajar kelas I SMA Negeri 1 Bogor, berhasil menyabet emas di Internasional Conference Young Scientists ke-17, ajang kompetisi ilmuwan muda tingkat dunia. Dia dapat memecahkan misteri kematian Michael Jackson. 

    Kematian Michael Jackson menggugah pelajar kelas 1 SMA Negeri 1 Bogor melakukan “investigasi”. Oki Novendra, sang pelajar, bahkan membuat teori. “Kalau menggunakan Demerol, kita bisa tahu berapa yang mengendap dalam darah dan menjadi penyebab serangan jantung,” katanya. Berdasarkan hitung-hitungan matematika, Oki menyimpulkan kematian raja musik pop tahun lalu itu akibat overdosis obat-obatan. Teori Oki meyakinkan tim juri International Conference Young Scientists ke-17 di Sanur, Bali. Pelajar kelahiran 1993 ini menggondol medali emas dengan penelitian berjudul “Mathematical Explanation on the Death of Michael Jackson”. Selain Oki, ada enam medali emas lainnya yang digondol kontingen Indonesia.

    Pengagum Jacko itu mengaku mendapat literatur pemodelan matematika yang dapat menghitung pengendapan obat dalam darah. Awalnya, penelitian Oki hanya bisa menjelaskan efek samping Demerol yang dikonsumsi Jacko. Akan tetapi, kemudian dia mendapat rumus aman untuk menghitung dosis obat yang wajar dikonsumsi dalam darah.

    Kematian Jacko menarik perhatiaannya sehingga ia melakukan uji karya ilmiah tentang kematian tragis penyanyi legendaris ini dalam perhitungan matematika. Uji karya itu dibeberkannya dalam ajang International Conference Young Scientists ke-17 di Grand Bali Beach, Sanur, Bali, Selasa 13 April 2010. Berdasarkan hasil karyanya Oki dapat menyimpulkan bahwa penyebab kematian Michael Jakson tahun lalu lebih kuat disebabkan karena overdosis. “Saya dapat literatur pemodelan matematika yang dapat menghitung pengendapan obat dalam darah sehingga saya terpikir mencoba untuk mengambil sampel kasus Michael Jackson,” ujar Oki.

    Siswa kelahiran 6 Oktober 1993 yang hobi bermain musik dan baseball ini mencoba mempresentasikan karyanya di depan juri. Ia merebut medali emas dan mendapatkan jaminan pendidikan yang dijanjikan pemerintah sebagai bentuk apresiasi atas prestasinya dalam olimpiade tingkat internasional ini. “Manfaat yang saya peroleh dari penelitian ini awalnya hanya menjelaskan side effect obat Demerol yang dikonsumsi Michael Jackson. Akan tetapi, kemudian saya mendapat rumus aman untuk menghitung dosis obat yang wajar dikonsumsi dalam darah,” jelasnya. Oki berharap dirinya dapat menjadi ilmuwan muda yang mewakili Indonesia dalam Internasional Conference Young Scientists ke-17 serta dapat mengharumkan nama bangsa.

(Diolah dari sumberhttp://www.blog.binder724studio.com/?p=726)undefined 

Menurutmu, termasuk jenis teks apakah teks “Teka-Teki Kematian MichaelJackson” tersebut?

Menurutmu, termasuk jenis teks apakah teks “Teka-Teki Kematian Michael Jackson” tersebut? 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jenis teks "Teka-Teki Kematian Michael Jackson" adalah jenis teks berita.

jenis teks "Teka-Teki Kematian Michael Jackson" adalah jenis teks berita.undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Teks di atas memiliki ciri sebagai berikut: Bersifat objektif , salah satunyadiketahui dari kalimat " Oki Novendra, pelajar kelas I SMA Negeri 1 Bogor, berhasil menyabet emasdi Internasional Conference Young Scientists ke-17, ajang kompetisi ilmuwan mudatingkat dunia. " Berdasarkan faktadan bukan pendapat atau opini penulis, diketahui dari hampir keseluruhan kalimatnya merupakan fakta. Informasi atas suatu peristiwa disampaikan secara urutatau kronologis, diketahui dari alur maju penulisan dimulai dari pelajar kelas 1 SMA yang tergugah oleh kematian Michael Jackson hingga ia mempresentasikan hasil penemuannya di depan juri di Internasional Conference Young Scientists ke-17. Penyampaian mengenai waktu, tempat, dan sumber berita valid dan dapat dipertanggungjawabkan, diketahui dari salah satu kalimat yaitu " Ujikarya itu dibeberkannya dalam ajang International Conference Young Scientists ke-17di Grand Bali Beach, Sanur, Bali, Selasa 13 April 2010." Memuatunsur5W+1H(what, where, when, who, why, danhow). Ciri-ciri tersebut dimiliki oleh sebuah teks berita, yaituteks yang berisi tentang segala peristiwa yang terjadi di dunia. Dengan demikian, jenis teks "Teka-Teki Kematian Michael Jackson" adalah jenis teks berita.

Teks di atas memiliki ciri sebagai berikut:

  • Bersifat objektif, salah satunya diketahui dari kalimat "Oki Novendra, pelajar kelas I SMA Negeri 1 Bogor, berhasil menyabet emas di Internasional Conference Young Scientists ke-17, ajang kompetisi ilmuwan muda tingkat dunia."
  • Berdasarkan fakta dan bukan pendapat atau opini penulis, diketahui dari hampir keseluruhan kalimatnya merupakan fakta.
  • Informasi atas suatu peristiwa disampaikan secara urut atau kronologis, diketahui dari alur maju penulisan dimulai dari pelajar kelas 1 SMA yang tergugah oleh kematian Michael Jackson hingga ia mempresentasikan hasil penemuannya di depan juri di Internasional Conference Young Scientists ke-17.
  • Penyampaian mengenai waktu, tempat, dan sumber berita valid dan dapat dipertanggungjawabkan, diketahui dari salah satu kalimat yaitu "Uji karya itu dibeberkannya dalam ajang International Conference Young Scientists ke-17 di Grand Bali Beach, Sanur, Bali, Selasa 13 April 2010."
  • Memuat unsur 5W+1H (what, where, when, who, why, dan how).

Ciri-ciri tersebut dimiliki oleh sebuah teks berita, yaitu teks yang berisi tentang segala peristiwa yang terjadi di dunia.

Dengan demikian, jenis teks "Teka-Teki Kematian Michael Jackson" adalah jenis teks berita.undefined 

Latihan Bab

Mengenal Teks Berita

Kebahasaan Teks Berita

Analisis Teks Berita

Membuat Teks Berita

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

35

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dimas, seorang warga menginformasikan bahwa pada pukul 24.00, saat pergantian tahun terjadi kecelakaan karena kembang api. Korban kecelakaan tersebut bernama Adam berusia 40 tahun. Teks berita yang...

95

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia