Pertanyaan

Bagaimana cara menstabilkan koloid?

Bagaimana cara menstabilkan koloid?space 

L. Avicenna

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

cara untuk menstabilkan koloid diantaranya menghilangkan muatan koloid (dialisis), menambahkan emulgator, dan menambahkan koloid pelindung.

cara untuk menstabilkan koloid diantaranya menghilangkan muatan koloid (dialisis), menambahkan emulgator, dan menambahkan koloid pelindung.space 

Pembahasan

Koloid adalah sistem dispersi yang relatif kurang stabil dibandingkan larutan. Untuk menjaga kestabilan koloid dapat dilakukan cara-cara sebagai berikut: Menghilangkan muatan koloid Proses penghilangan muatan koloid dilakukan dengan proses dialisis.Pada dasarnya, proses dialisis adalah proses menghilangkan muatan koloid dengan cara memasukkan koloid ke dalam membran semipermeabel. Penambahan stabilisator koloid Dengan menambahkan suatu zat ke dalam suatu sistem koloid dapat menstabilkan koloid, misalnya penambahan emulgator dan koloid pelindung.Emulgator adalah zat yang di tambahkan ke dalam suatu emulsi ( koloid cair dalam cair atau cair dalam padat) dengan tujuan menjaga koloid agar tidak mudah terpisah.Koloid pelindung merupakan koloid yang ditambahkan ke dalam system koloid agar menjadi stabil. Jadi cara untuk menstabilkan koloid diantaranya menghilangkan muatan koloid (dialisis), menambahkan emulgator, dan menambahkan koloid pelindung.

Koloid adalah sistem dispersi yang relatif kurang stabil dibandingkan larutan. Untuk menjaga kestabilan koloid dapat dilakukan cara-cara sebagai berikut:

  • Menghilangkan muatan koloid
    Proses penghilangan muatan koloid dilakukan dengan proses dialisis. Pada dasarnya, proses dialisis adalah proses menghilangkan muatan koloid dengan cara memasukkan koloid ke dalam membran semipermeabel.
  • Penambahan stabilisator koloid
    Dengan menambahkan suatu zat ke dalam suatu sistem koloid dapat menstabilkan koloid, misalnya penambahan emulgator dan koloid pelindung. Emulgator adalah zat yang di tambahkan ke dalam suatu emulsi ( koloid cair dalam cair atau cair dalam padat) dengan tujuan menjaga koloid agar tidak mudah terpisah. Koloid pelindung merupakan koloid yang ditambahkan ke dalam system koloid agar menjadi stabil. 

Jadi cara untuk menstabilkan koloid diantaranya menghilangkan muatan koloid (dialisis), menambahkan emulgator, dan menambahkan koloid pelindung.space 

825

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut peristiwa yang berhubungan dengan sifat koloid (1) pembentukan delta di muara sungai; (2) penyembuhan sakit perut dengan norit; (3) pemutihan gula; (4) penjernihan air dengan tawas; dan (...

373

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia