Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana cara Anda membedakan etanol dengan dimetil eter?

Bagaimana cara Anda membedakan etanol dengan dimetil eter?space 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

untuk membedakan etanol dan dimetil eter dapat dilakukan reaksi identifikasi dengan logam aktif atau dengan fosfor triklorida.

untuk membedakan etanol dan dimetil eter dapat dilakukan reaksi identifikasi dengan logam aktif atau dengan fosfor triklorida.

Iklan

Pembahasan

Etanol dan dimetil eter memiliki rumus kimia yang sama, yaitu C 2 ​ H 6 ​ O . Ada beberapa reaksi yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi alkohol dan eter. Contohnya adalah reaksi dengan logam aktif, seperti logam Na. Alkohol dapat bereaksi dengan logam Na sedangkan eter tidak. 2 C 2 ​ H 5 ​ − OH + 2 Na → 2 C 2 ​ H 5 ​ − O − Na + H 2 ​ etanol CH 3 ​ − O − CH 3 ​ + Na → ​ dimetil eter Contoh reaksi identifikasi lain adalah reaksi dengan fosfor triklorida ( PCl 3 ​ ) , dimana alkohol dapat bereaksi dengan fosfor triklorida menghasilkan alkil halida, sementara eter tidak. 3 C 2 ​ H 5 ​ − OH + PCl 3 ​ → 3 C 2 ​ H 5 ​ − Cl + H 3 ​ PO 3 ​ etanol CH 3 ​ − O − CH 3 ​ + PCl 3 ​ → ​ dimetil eter Jadi, untuk membedakan etanol dan dimetil eter dapat dilakukan reaksi identifikasi dengan logam aktif atau dengan fosfor triklorida.

Etanol dan dimetil eter memiliki rumus kimia yang sama, yaitu . Ada beberapa reaksi yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi alkohol dan eter. Contohnya adalah reaksi dengan logam aktif, seperti logam Na. Alkohol dapat bereaksi dengan logam Na sedangkan eter tidak.

 

Contoh reaksi identifikasi lain adalah reaksi dengan fosfor triklorida , dimana alkohol dapat bereaksi dengan fosfor triklorida menghasilkan alkil halida, sementara eter tidak.

 

Jadi, untuk membedakan etanol dan dimetil eter dapat dilakukan reaksi identifikasi dengan logam aktif atau dengan fosfor triklorida.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Nyssha Apriyanti

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Senyawa organik berikut yang akan membebaskan gas HCl jika direaksikan dengan PCl 5 ​ dan akan membebaskan gas hidrogen jika direaksikan dengan logam natrium adalah ....

6

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia