Iklan

Iklan

Pertanyaan

Serat Alami pada Pakaian

    Selama ini, kita menggunakan pakaian tanpa mengenali jenis-jenis bahan yang ada. Beberapa ahli dari industri tekstil mengenalkan beberapa bahan dari serat alami yang kni telah banyak beredar di pasaran. Bahan yang terbuat dari serat alami, di antaranya bahan katun, sutra, linen, wol, dan kulit hewan. Bahan katun terbuat dari benang kapas. Bahannya halus dan nyaman untuk dipakai.

    Bahan sutra terbuat dari benang halus dan lembut yang berasal dari kepompong ulat sutra. Jika terkena cahaya, kain ini akan tampak berkilauan. Pakaian yang berbahan kasar kulit hewan memiliki nilai jual yang tinggi. Selain pakaian, kulit hewan juga dapat digunakan untuk membuat sepatu dan tas. Hewan yang sering dimanfaatkan kulitnya untuk pakaian adalah domba.space 

Bagaimana bahan itu diolah hingga menjadi pakaian?

Bagaimana bahan itu diolah hingga menjadi pakaian?space space 

Iklan

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Proses bahan tersebut diolah menjadi pakaian Bahan dasar pakaian diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semua itu dilakukan dengan mesin yang canggih. Cara mengolah kain menjadi pakaian juga semakin maju. Mulanya kain dijahit dengan tangan. Kemudian, kain dijahit dengan mesin jahit yang digerakkan kaki. Saat ini kain dijahit dengan mesin jahit modern. Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat. Bahan dasar yang digunakan semakin banyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasar juga bertambah canggih. Pakaian yang dihasilkan semakin beragam. Dengan demikian, bahan diolah hingga menjadi pakaian dengan cara bahan dasar diolah menjadi serat, serat dipintal menjadi benang, lalu benang ditenun menjadi kain, kemudian kain dijahit menjadi pakaian.

Proses bahan tersebut diolah menjadi pakaian 

  1. Bahan dasar pakaian diolah dengan cara modern. Bahan dasar diolah menjadi serat. Serat dipintal menjadi benang. Lalu, benang ditenun menjadi kain. Semua itu dilakukan dengan mesin yang canggih.
  2. Cara mengolah kain menjadi pakaian juga semakin maju. Mulanya kain dijahit dengan tangan. Kemudian, kain dijahit dengan mesin jahit yang digerakkan kaki. Saat ini kain dijahit dengan mesin jahit modern.
  3. Pembuatan pakaian berkembang dengan cepat. Bahan dasar yang digunakan semakin banyak. Mesin-mesin yang mengolah bahan dasar juga bertambah canggih. Pakaian yang dihasilkan semakin beragam.

Dengan demikian, bahan diolah hingga menjadi pakaian dengan cara bahan dasar diolah menjadi serat, serat dipintal menjadi benang, lalu benang ditenun menjadi kain, kemudian kain dijahit menjadi pakaian. space 

 

Latihan Bab

Tema 2 Subtema 1: Rukun dalam Perbedaan

Tema 2 Subtema 2: Bekerja Sama Mencapai Tujuan

Tema 2 Subtema 3: Bersatu Kita Teguh

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

346

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa Sultan Demak II (Pati Unus) menyerang Portugis diMalaka?

292

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia