Bacalah teks nonfiksi berikut ini! Dewi Sartika Dewi Sartika terlahir dari keluarga priyayi Nyi Raden Ayu Rajapermas dan Raden Somanagara pada 4 Desember 1884. Nyi Raden Ayu Rajapermas juga dikenal sebagai pahlawan dari Pasundan yang diabadikan sebagai nama jalan. Lantaran pernah belajar di sekolah Belanda, Dewi Sartika memiliki wawasan tentang budaya Barat dari nyonya Asisten Residen Belanda. Sejak usia 10 tahun, Dewi Sartika sudah mulai mengajar. Bermodalkan papan bilik kandang, arang, dan pecahan genting sebagai alat bantu belajar, dia mengajarkan anak-anak pembantu untuk bisa baca-tulis, dan belajar bahasa Belanda di lingkungan kepatihan Cicalengka. Dewi Sartika bisa memiliki wawasan tentang budaya Barat karena ....

Pertanyaan

Bacalah teks nonfiksi berikut ini!

Dewi Sartika

Dewi Sartika terlahir dari keluarga priyayi Nyi Raden Ayu Rajapermas dan Raden Somanagara pada 4 Desember 1884. Nyi Raden Ayu Rajapermas juga dikenal sebagai pahlawan dari Pasundan yang diabadikan sebagai nama jalan.

Lantaran pernah belajar di sekolah Belanda, Dewi Sartika memiliki wawasan tentang budaya Barat dari nyonya Asisten Residen Belanda. Sejak usia 10 tahun, Dewi Sartika sudah mulai mengajar. Bermodalkan papan bilik kandang, arang, dan pecahan genting sebagai alat bantu belajar, dia mengajarkan anak-anak pembantu untuk bisa baca-tulis, dan belajar bahasa Belanda di lingkungan kepatihan Cicalengka.

Dewi Sartika bisa memiliki wawasan tentang budaya Barat karena ....

  1. Karena Dewi Sartika senang mengajar anak-anak dalam bahasa asing

  2. Sebab Dewi Sartika memiliki orang tua yang berdarah Belanda

  3. Karena Dewi Sartika sering membaca buku kebudayaan

  4. Sebab Dewi Sartika pernah belajar di sekolah Belanda

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Pembahasan

Berdasarkan informasi yang terdapat di dalam teks, alasan Dewi Sartika bisa memiliki wawasan tentang budaya Barat adalah karena ia pernah belajar di sekolah Belanda. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

12

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Bacalah teks nonfiksi berikut ini! Jenderal Sudirman, Pemimpin Teladan Bangsa Sudirman adalah seorang tokoh bangsa di masa revolusi yang patut dijadikan teladan. Walau dalam usia perjuangan yang sin...

10

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia